MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 9 Menit 36 Detik 

Ini Dia, Prospek Kerja Data Science yang Wajib Kamu Ketahui!

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71e2d2fd2451f67f5547c30857171d99_x_Thumbnail800.png

Bekerja dalam bidang atau profesi yang digemari merupakan mimpi setiap orang, sama halnya dengan memiliki pekerjaan yang menjanjikan. Contohnya pada masa kini yang dimana hampir setiap kegiatan jual beli dan lainnya dapat dilakukan secara digital, teknologi yang semakin canggih, dan tren yang terus berubah dengan cepat menciptakan beberapa profesi baru yang tepat untuk kalian tekuni.


Profesi-profesinya adalah Data Analyst, Data Science, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut sudah dipastikan sangat menjanjikan untuk dijalankan, namun ketiga profesi ini memiliki dasar yang perlu dipelajari untuk menyokong pekerjaan yang akan dijalankan. Dasar dari ketiga profesi tersebut adalah Data Science, mari kita simak bersama hal-hal seputar Data Science yang perlu kalian ketahui.


1. Mengapa Belajar Data Science?

Data Science merupakan suatu ilmu yang mendasari profesi-profesi menjanjikan pada masa kini, contohnya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Mengapa menjanjikan? Ketiga profesi ini berkaitan data dalam era informasi yang saat ini kita sedang jalani, semakin berkembangnya zaman, semakin mudah juga memperoleh informasi dan data. Hanya terdapat tiga alasan utama mengapa kalian perlu menekuni Data Science.


Yang pertama adalah Data Science memiliki turunan profesi terbaik untuk beberapa tahun belakangan ini, kebutuhan akan tenaga kerja dari ketiga profesi tersebut juga merupakan prioritas dalam banyak perusahaan atau lembaga. Dan yang terakhir adalah, dengan mempelajari Data Science, kalian dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tren yang akan muncul di masa depan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Jurusan Kuliah Terkait Data Science

Meskipun profesi turunan dari ilmu Data Science seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer sangat naik daun di Indonesia, belum ada jurusan khusus untuk ilmu ini sehingga terdapat beberapa jurusan yang berkaitan dengan Data Science yang mungkin dapat kalian masuki apabila ingin menekuni Data Science.


Jurusannya adalah statistika, sistem informasi atau manajemen informatika, sistem informasi bisnis, teknik informatika, dan statistika terapan dan komputasi. Kelima jurusan ini dapat kalian masuki untuk mempelajari setidaknya beberapa skill atau kemampuan dasar untuk menjadi salah satu dari ketiga profesi tersebut. Jurusan-jurusan tersebut juga terdapat dalam universitas, baik yang swasta maupun negeri.


3. Kegunaan Data Science dalam Berbagai Bidang

Secara umum, Data Science dapat digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah. Selain itu juga Data Science bisa berguna untuk melihat suatu pola yang sedang terjadi di masyarakat. Dilihat dari kegunaan secara umum, Data Science tentunya akan sangat berguna untuk bidang bisnis, manufaktur, dan bidang-bidang lainnya.


Data Science dapat berguna untuk divisi marketing, HR, dan lainnya. Data Science bisa digunakan untuk melihat perilaku dan kesukaan konsumen, dengan begitu perusahaan dapat menyajikan produk dengan harga dan pendekatan yang tepat agar konsumen menyukainya. Kemudian, Data Science juga dapat berguna untuk meningkatkan profit dan menghindari adanya masalah di kemudian hari yang dapat merugikan perusahaan.


4. Prospek Kerja Data Science

Untuk prospek kerja dalam ilmu Data Science, kalian dapat menjadi tiga profesi yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Terlebih untuk saat ini di Indonesia sendiri yang sangat dibutuhkan di berbagai industri adalah profesi Data Analyst dan Data Scientist. Kedua profesi ini dibutuhkan untuk mengolah dan menginterpretasikan kumpulan data untuk strategi perusahaan selanjutnya. 


Dilihat dari tugas profesi-profesi tersebut membutuhkan keahlian dan keterampilan dari segi hard skill dan soft skill. Oleh karena itu, meskipun Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam berbagai bidang, pembelajaran untuk menjadi profesi-profesi tersebut tidaklah mudah.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Belajar Data Science di DQLab!

Apabila kalian ingin mencoba meniti karir dalam industri data dengan menjadi salah satu dari ketiga profesi tersebut, tentunya kalian memerlukan pembelajaran yang tepat. DQLab bisa menyajikan ketepatan itu untuk kalian, disini kalian dapat belajar dari praktisi yang sudah berpengalaman dalam industri data. Banyak keuntungan yang disediakan oleh DQLab, salah satunya adalah jika kalian pertama kali mendaftar, kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’, lho! Cara untuk mendaftarnya mudah sekali, kalian cukup sign up di DQLab.id kemudian kalian bisa langsung menikmati keuntungannya. Yuk, gabung bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!