[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 12 Menit 47 Detik 

Ini Dia Skill Data Scientist yang Perlu Pemula Miliki

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fdce4ba42593a1041f1f8b295540697c_x_Thumbnail800.jpg

Dalam industri data, menjadi seorang Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Mengapa? Karena pada saat ini, ketiga profesi tersebut banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan, baik perusahaan besar hingga start up. Banyak juga individu yang pada awalnya berprofesi lain, berubah haluan karena ingin mencoba prospek karir yang baru di industri data.


Menjadi salah satu dari ketiga profesi di atas tentunya tidak bisa hanya dengan keinginan saja, namun juga memerlukan keterampilan atau skill mumpuni dalam bidang teknologi, matematika, data, dan lainnya. Oleh karena itu, kali ini DQLab akan membantu teman-teman untuk mengetahui apa saja skill yang perlu dimiliki calon Data Scientist agar bisa mulai belajar dan berkarir di bidang data. Ayo, simak bersama!



1. Definisi Data Scientist

Data Scientist merupakan orang yang mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat menghasilkan suatu informasi yang dapat berguna ketika akan merancang atau menyusun suatu strategi bisnis. Menjadi seorang Data Scientist tidak perlu memiliki dasar keilmuan atau latar belajar dengan ilmu pengetahuan alam atau IPA, apabila kalian dari bidang lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan teknik pun tetap bisa belajar dan menjadi Data Scientist, lho!


Profesi ini juga turut ikut berkembang seiring dengan perkembangan big data, karena Data Scientist sangat bermanfaat dalam mengidentifikasi suatu tren yang sedang berkembang di masyarakat. Dimulai dari mengidentifikasi, kemudian dilanjutkan dengan mengembangkannya untuk divisualisasikan dan kemudian disajikan dalam presentasi.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pekerjaan Seorang Data Scientist di Bidang Data

Seorang Data Scientist dapat bekerja dalam berbagai bidang, contohnya adalah bisnis hingga kesehatan. Meskipun pekerjaannya berkaitan dengan data, masih ada beberapa tugas seorang Data Scientist yang tidak selalu berkaitan dengan data dan banyak orang belum tahu. Mari kita bahas bersama pekerjaan seorang Data Scientist.

  • Membangun dan mengoptimalkan penggunaan teknik machine learning.

  • Menggali informasi menggunakan metode state-of-the-art.

  • Dapat memberikan solusi berdasarkan hasil temuan yang telah diuji.

  • Melakukan riset, penelitian, dan sebagainya untuk mencapai tujuan perusahaan.

  • Memperluas data perusahaan dengan berbagai sumber yang dapat dipercaya.

  • Meningkatkan prosedur pengumpulan data untuk membangun sistem analitik.

  • Melakukan analisis ad-hoc dan menyajikan hasil yang jelas.

  • Membangun sistem deteksi anomali otomatis dan pelacakan konstan.

  • Dapat bekerja sama dengan divisi lain terkait dengan kebutuhan data yang akan ditindaklanjuti lebih jauh.


3. Pengetahuan yang Diperlukan Data Scientist

Dalam menjadi seorang Data Scientist tentunya memerlukan pengetahuan dasar berupa teknis yang berkaitan dengan profesi tersebut. Pengetahuan pertama adalah memiliki pengalaman belajar atau tersertifikasi pernah mengikuti kelas Data Scientist atau Data Analyst. Kemudian, berpengalaman dalam melakukan data mining atau penambangan informasi. Pengetahuan mengenai R, SQL, dan Python dan Excel merupakan salah satu aset yang perlu dimiliki Data Scientist.


Karena kebanyakan Data Scientist saat ini bekerja dalam bidang bisnis, maka perlu memiliki pengetahuan akan alat intelijen bisnis seperti Tableau dan kerangka data seperti Hadoop. Oleh karena itu Data Scientist juga perlu memiliki ketajaman bisnis, ketajaman analitis, dan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah. Pasti teman-teman juga tahu bahwa seorang pemula dalam Data Scientist tidak akan jauh dari software bernama Excel. Nah, dalam menggunakan Excel juga memerlukan kemampuan matematika yang kuat, seperti statistik dan aljabar.



4. Skill Seorang Data Scientist

Setelah membahas mengenai tugas dan pengetahuan seorang Data Scientist, sudah pasti skill atau kemampuan yang diperlukan juga tidak boleh sampai terlewati. Seorang Data Scientist perlu memiliki soft skill dan juga hard skill. Mari kita bahas satu persatu dimulai dari skill dasar yang perlu calon Data Scientist ketahui.

  • Pemahaman akan software engineering.

  • Dapat memahami bahasa pemrograman khusus, seperti Python, R, dan SQL dan Excel.

  • Mengerti akan ilmu statistika, algoritma, kalkulus, dan aljabar.

  • Dapat memahami dan mengembangkan machine learning.

  • Memiliki konsep pemahaman akan visualisasi dan pemetaan data salah satunya tools Power BI dan Tableau.

  • Kemampuan berkomunikasi yang baik, pola pikir terstruktur, dan dapat bekerja sama dengan tim.

  • Memiliki intuisi untuk memecahkan masalah.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Apa Kalian Sudah Memiliki Beberapa Skill Tersebut?

Tidak perlu takut dan khawatir apabila kalian masih belum paham sama sekali mengenai Data Science. Kalian dapat belajar perlahan dengan DQLab.id, disini kami bisa membantu kalian dalam meningkatkan skill dan pemahaman akan Data Science sehingga kalian bisa menjadi seorang Data Scientist Junior atau bahkan profesional dengan pemikiran yang kritis. Yuk, kalian bisa mulai dengan sign up di DQLab.id dan mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Perbanyak skill kalian bersama DQLab!




Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!