[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 18 Menit 37 Detik 

Ini Dia SPSS Aplikasi Statistik yang Perlu Kamu Ketahui Penggunaannya

Belajar Data Science di Rumah 13-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c83beddd4cc32e87cba50e301e88cf46_x_Thumbnail800.png

Aplikasi Statistik adalah software yang mampu mengintegrasikan, menganalisis, dan menafsirkan sejumlah besar data dalam kerangka kerja statistik. Aplikasi Statistik dapat menerapkan beberapa uji statistik dan mengkategorikan data untuk menemukan informasi yang berguna. Software statistik dapat membandingkan dua atau lebih tipe data untuk menemukan persamaan atau variasi statistik. Dan aplikasi ini sebagian besar digunakan dalam penelitian kuantitatif untuk analisis data.

Ada banyak sekali jenis aplikasi statistik yang dapat dijadikan pilihan untuk mengolah data statistik, mulai dari yang berbayar hingga yang bersifat open source, mulai dari yang menggunakan coding atau tinggal drag and down saja. Setiap software pasti memiliki kelebihan nya masing-masing, kita hanya perlu menentukan mana yang cocok dan nyaman untuk digunakan dalam pekerjaan kita. Kali ini, DQLab akan memberikan informasi terkait aplikasi statistik SPSS yang dapat digunakan untuk analisis data dalam penelitianmu. Selamat membaca!


1. Program Analisis Statistik dengan SPSS 

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Product Service and Solutions, yaitu salah satu software yang memiliki kemampuan untuk analisis statistik yang cukup tinggi. Selain itu, SPSS juga memiliki sistem manajemen data dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga lebih mudah untuk cara dioperasikan. SPSS awalnya adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan analisis statistika di ilmu sosial. Versi pertama dari SPSS ini dirilis pada tahun 1968. Namun lama kelamaan, SPSS menjadi salah satu software yang banyak digunakan baik oleh ilmu sosial maupun eksakta yang mempunyai keunggulan tersendiri dibanding program-program lainnya, seperti SAS, Minitab, Systat dan sebagainya. Keunggulan SPSS adalah karena disamping menyediakan alat-alat analisis yang lebih lengkap dibandingkan program komputer yang lain, juga memiliki kemampuan besar untuk menampung dan mengolah data yang besar. Sehingga SPSS menjadi salah satu pilihan software yang wajib dikuasai bagi para peneliti.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Cara Kerja SPSS

SPSS adalah software yang dapat membaca berbagai jenis data atau memasukkan data secara langsung ke dalam SPSS Data Editor. Bagaimanapun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibentuk dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables). Case berisi informasi untuk satu unit analisis, sedangkan variabel adalah informasi yang dikumpulkan dari masing-masing kasus. Fitur yang ditawarkan oleh SPSS seperti IBM SPSS Data Collection untuk pengumpulan data, IBM SPSS Statistics untuk menganalisis data, IBM SPSS Modeler untuk memprediksi tren, dan IBM Analytical Decision Management untuk pengambilan keputusannya. Kemudian nantinya hasil-hasil analisis muncul dalam SPSS Output Navigator.


3. Mengapa SPSS Menjadi Salah Satu Software Statistik yang Direkomendasikan?

SPSS merupakan pilihan yang lebih efektif untuk melakukan analisis data yang mendalam dibandingkan program aplikasi spreadsheet yang lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa SPSS menjadi program yang wajib kamu pelajari:

  • Variasi grafik yang lebih banyak.

SPSS membantu dalam memahami data, karena bisa dengan cepat memberikan deskriptif

dan frekuensi data. SPSS lebih unggul daripada program spreadsheet lainnya karena memiliki

lebih banyak variasi grafik.

  • Eksplorasi data lebih simple.

Dengan SPSS kita tidak akan khawatir bila merubah data sebab tidak perlu membentuk,

menjalankan dan memformat ulang tabel. Dengan menggunakan tabel pivot multidimensional, SPSS membuat eksplorasi data semakin mudah dilakukan.

  • Mengolah data lebih mudah.

SPSS membuat analisis data dari spreadsheet, database dan file yang strukturnya kompleks menjadi mudah. Hal ini menghindari kita dari resiko data yang terubah secara tak sengaja sewaktu melakukan analisis. 

  • Mampu bekerja dengan data yang bervolume besar.

Tak perlu khawatir jika program spreadsheetmu tidak mampu bekerja dengan database yang sangat besar, SPSS dapat menganalisis seluruh data dari yang berukuran kecil hingga besar tanpa risiko.


4. Kegunaan SPSS

Kegunaan utama aplikasi SPSS adalah untuk analisis data. SPSS biasanya dapat ditemukan di universitas, institusi, dan perusahaan. Selain itu SPSS juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya seperti berikut ini:

  • Pengolahan dan Mendokumentasikan Data.

  • Representasi Data Statistik.

  • Analisis Statistik.

  • Survei data atau kuisioner.

  • Pembuatan Data Turunan.

  • Analisis Data.

  • Data Mining.

  • Melakukan Riset Pemasaran (Market Research).

  • Memprediksi suatu kejadian time series.

  • Membantu untuk pengambilan keputusan suatu perusahaan.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Terapkan Aplikasi Statistik Pada Real Case Industry yang Ada di DQLab

Analisis statistik dapat digunakan di bidang apapun, salah satunya adalah Data Science. Data Science adalah ilmu yang saat ini banyak diaplikasikan hampir di semua industri. Hal ini terjadi karena produksi data di dunia yang meningkat tajam dari waktu ke waktu, bahkan dalam satu hari dunia dapat memproduksi jutaan data. Salah satu profesi yang berkaitan dengan pengolahan data menggunakan metode statistika adalah Data Scientist. Di abad 21, profesi ini dinobatkan sebagai profesi terseksi di dunia. Tidak heran, profesi ini memiliki peluang kerja yang tinggi dengan gaji fantastis. Oleh karena itu, kini sudah banyak orang yang mulai serius untuk mempelajari Data Science. 

Bagaimana? Tertarik menjadi Data Scientist? Kamu dapat memulai karir Data Scientist dengan kursus online di DQLab loh! Caranya sangat mudah, yaitu cukup SIGN UP di DQLab.id dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL! Yuk, mulai bangun portofolio datamu!


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!