PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 30 Menit 55 Detik

Ini Manfaat Data Science dalam Bidang Fintech

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-05-2024-02-07-161249_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan data science telah membuka peluang dan inovasi teknologi baru khususnya dalam dunia Fintech (Financial Technology). Financial Technology kini tengah menjadi sorotan dalam dunia keuangan karena kehadirannya yang mendisrupsi tradisi dan mempercepat transformasi industri keuangan.


Perkembangan pesat dalam ranah Financial Technology (Fintech) membawa dampak positif yang signifikan. Seiring dengan hal tersebut, data science menjadi pondasi utama bagi bermunculnya inovasi-inovasi tersebut.


Salah satu aspek yang membuat Fintech begitu mencuri perhatian adalah kemampuannya untuk memberikan inklusi keuangan. Data science memainkan peran sentral dalam memahami perilaku keuangan masyarakat, terutama mereka yang sebelumnya sulit dijangkau oleh layanan keuangan tradisional. 


Analisis data yang cermat memungkinkan perusahaan Fintech untuk menciptakan solusi keuangan yang lebih terjangkau dan dapat diakses oleh lapisan masyarakat yang lebih luas. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas tentang seberapa besar sih manfaat data science dalam bidang fintech? Daripada kamu penasaran, langsung simak aja yuk penjelasannya sahabat DQLab!


1. Analisis Risiko yang Lebih Akurat

Salah satu aspek terpenting dalam industri keuangan adalah manajemen risiko. Data Science memungkinkan Fintech untuk menganalisis data historis, memprediksi perilaku pasar, dan mengidentifikasi tren risiko potensial. Dengan menggunakan model prediktif, perusahaan Fintech dapat mengambil keputusan yang lebih tepat dan meminimalkan risiko kredit yang mungkin terjadi. Hasilnya adalah pembiayaan yang lebih cerdas dan keputusan investasi yang lebih aman.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Data Science juga memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Melalui analisis perilaku pengguna, Fintech dapat menyesuaikan produk dan layanan mereka sesuai dengan preferensi pelanggan. Penggunaan data konsumen juga memungkinkan personalisasi yang lebih baik dalam penyediaan rekomendasi produk, penawaran spesial, dan pelayanan pelanggan yang lebih efisien.


3. Penyusunan Portofolio Investasi yang Optimal

Robo Advisor adalah teknologi yang dapat membantu merancang portofolio investasi yang optimal berdasarkan umur, profil risiko dan tujuan hidup nasabah. Bagi platform investasi atau robo-advisors, Data Science sangat bermanfaat dalam menyusun portofolio investasi yang optimal.


Dengan menganalisis data pasar, profil risiko investor, dan tujuan investasi, algoritma kecerdasan buatan dapat memberikan rekomendasi investasi yang sesuai. Ini membantu investor untuk membuat keputusan yang lebih optimal dan berpotensi meningkatkan hasil investasi mereka.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Deteksi Fraud yang Lebih Terarah

Keamanan transaksi adalah isu kritis dan tricky dalam industri keuangan. Data Science dapat digunakan untuk mengembangkan model kecerdasan buatan yang mampu mendeteksi pola-pola yang mencurigakan atau aktivitas keuangan yang tidak biasa. Dengan memantau transaksi secara real-time, Fintech dapat mengidentifikasi dan menghentikan potensi kecurangan sebelum menyebabkan kerugian yang signifikan pada bisnis atau organisasi.


Setelah kamu menyimak keempat manfaat data science dalam ranah fintech, kini kamu jadi lebih tahu kan betapa meluasnya bidang ilmu ini sehingga bisa mengawasi jalannya proses penilaian risiko investasi, analisis keuangan secara mendalam dan akurat, serta mempertimbangkan aspek lainnya dalam penilaian keuangan.


Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login