MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 15 Menit : 28 Detik

Integrasi Data adalah Sistem yang Penting dan Implementasinya

Belajar Data Science di Rumah 27-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5d64f2efad7351b9513902f75d8074ac_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital transformation seperti sekarang ini, tentunya setiap perusahaan atau start up tentu memiliki data baik dalam skala kecil maupun besar. Istilah data terintegrasi mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan data merupakan aset yang penting bagi perusahaan, dan banyak pelaku bisnis yang berbondong-bondong mengintegrasikan data mereka dengan tujuan mendapatkan analisa untuk pertimbangan berbagai macam keputusan.

Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era digital transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan contoh implementasi dari sistem integrasi data di era digital transformasi. Yuk simak penjelasannya!

 

1. Implementasi di Bidang Industri

Implementasi integrasi data yang pertama adalah di sebuah perusahaan yang bergerak di industri semen. Salah satunya dalam bentuk informasi dan alur pasok pada bagian manajemennya. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari sebuah sistem integrasi data demi kemajuan perusahaan tersebut. Salah satu manfaatnya jika industri memiliki jaringan distribusi dengan beberapa pabrik, distributor dan banyak ekspeditur. Sehingga dalam distribusinya dibutuhkan data yang terintegrasi sesuai dengan kebutuhannya.


Baca juga : Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid

 

2. Implementasi pada Smart City

Implementasi kedua yaitu pada konsep smart city. Konsep ini berperan penting dalam memudahkan masyarakat mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. Salah satu contoh integrasi data yang diterapkan pada smart city adalah teknologi untuk mengontrol lalu lintas. Caranya adalah dengan mengintegrasikan setiap kendaraan yang lewat sebagai satu kesatuan lalu lintas holistic. Dari sinilah pihak analisis data bisa langsung memanfaatkan teknik kontrol lalu lintas sebaik mungkin. Yaitu dengan melakukan perencanaan jaringan cerdas serta ramah lingkungan dalam penerapan integrasinya tersebut. Sehingga akan membuat lalu lintas kendaraan terjaga dan teratur.

 

3. Implementasi di Bidang Kesehatan

Contoh lainnya dari implementasi integrasi data adalah di bidang kesehatan, tepatnya di rumah sakit. Saat ini sudah banyak rumah sakit yang menerapkan pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi integrasi data. Penerapan integrasi data salah satunya ada pada data pasien. Sebelum melakukan penanganan medis, dilakukan registrasi pasien lalu setelah itu barulah dapat diputuskan kebijakan apa yang harus diambil. Dari data pasien tersebut segala keluhan tercatat dan terkirim langsung ke dalam rekam medis menyimpan segala informasi tentang kondisi pasien.

Oleh karena itu, data rekam medis haruslah disimpan dengan baik dan benar. Disinilah integrasi data berperan guna menyimpan data-data pasien sehingga pencariannya menjadi lebih mudah dan penyimpanan data menjadi lebih aman. Dengan begitu resiko kehilangan data akan terminimalisir.


Baca juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri



4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!




Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor: Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!