FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 8 Menit 13 Detik 

Intip 3 Tutorial Cara Membuat Tabel Excel Secara Cepat, Tepat dan Anti Ribet

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/06f481d40fa954bdd581508b75fc3624_x_Thumbnail800.png

Tabel adalah gabungan dari baris dan kolom yang berisi sejumlah data atau informasi yang saling berhubungan. Data tersebut dapat berupa teks dan angka yang tersusun secara teratur sehingga lebih mudah dibaca, di organisir, dan disimpan. Tabel excel sama dengan pengertian tabel secara umum, hanya saja penulisan dan penyimpanan datanya dilakukan menggunakan hardware pada lembar kerja yang dikenal dengan worksheet. Kabar baiknya, excel menyediakan berbagai fitur powerful sehingga kita bisa menerapkan berbagai desain atau gaya tabel yang berbeda-beda sesuai keinginan dengan mudah. Fitur pada excel juga mempermudah kita untuk memberikan nama pada tabel agar mudah diingat saat menggunakan tabel tersebut sebagai preferensi formula. 


Selain itu, excel menyediakan fitur format tabel sehingga kita bisa menambahkan baris-baris data dengan mudah tanpa harus mengubah referensi tabel dan formula akan menyesuaikan perubahan tabel tersebut secara otomatis. Kelebihan utama dari excel adalah cara membuat tabel yang hampir sama pada setiap versi. Bahkan, ada penambahan fitur pada versi terbaru sehingga proses pengolahan dan manajemen data lebih mudah. Ada banyak cara untuk membuat tabel di microsoft excel. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara-cara tersebut. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Cara Pertama

Hal pertama yang kita lakukan adalah membuka worksheet kosong pada excel. Setelah itu, kita tuliskan data atau informasi pada setiap cell seperti di bawah ini.

Kemudian select semua cell yang berisi data dan pilih menu "insert" pada menu bar. Kemudian pilih fitur "table" dan akan muncul pop-up range cell yang akan diubah menjadi tabel. Sebelum klik tombol OK, pastikan kita sudah checklist kolom "my table has header". Setelah klik tombol OK, maka tabel sudah jadi dan kita bisa desain sesuai keinginan.



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Kedua

Sama Seperti pada cara pertama, setelah kita buka worksheet, tuliskan dahulu data atau informasi pada setiap cell.

Kemudian select semua cell yang berisi data atau informasi, kemudian pada fitur "Home" di menu bar, pilih fitur "Border". Pada fitur ini, kita bisa memilih frame mana yang akan kita gunakan, bahkan kita bisa memilih ketebalan garisnya. Mudah, bukan?


3. Cara Ketiga

Sama seperti cara pertama dan kedua, pertama-tama kita tuliskan data pada cell terlebih dahulu. Kemudian select semua cell yang berisi data dan klik kanan. Selanjutnya akan muncul pop-up yang berisi berbagai menu untuk mengolah tabel. Namun, karena ingin membuat tabel, maka kita pilih menu "Format Cell".

Kemudian akan muncul jendela "Format Cell". Pada menu di bagian atas, pilih "Border" maka akan muncul berbagai opsi mulai dari bingkai tabel yang bisa kita ubah hingga bentuk garis bordernya. Kamu bisa mencoba semua fitur sampai menemukan format tabel yang sesuai.


4. Cara Menghapus Tabel dan Isinya

Lalu jika kita salah membuat tabel, bagaimana cara menghapusnya? Ada dua cara untuk menghapus tabel, pertama kita hapus tabel dan isinya dan yang kedua, kita hanya hapus isinya saja. Untuk menghapus tabel dan isinya kita perlu select semua tabel beserta headernya, kemudian tekan tombol "Delete" pada keyboard. Namun, jika kita hanya ingin menghapus isi tabelnya saja, kita cukup select isi tabel (tanpa header) dan tekan tombol "Delete" pada keyboard. 


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Menggunakan Excel dengan Mudah

Excel merupakan tools wajib untuk manajemen data di semua bidang industri. Tak heran jika tools ini menjadi salah satu persyaratan wajib bagi beberapa rekrutmen untuk profesi tertentu. Yuk belajar excel bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai program belajar yang menarik dilengkapi dengan modul interaktif dan contoh data yang mencerminkan data real di dunia industri. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera klik button di bawah ini untuk bergabung bersama DQLab dan nikmati modul gratis sebagai pengenalan sebelum belajar lebih dalam!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :