PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 16 Jam 48 Menit 57 Detik 

Intip 4 Tips Jitu Menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 20-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/05e0808ca224019593fe23607d69f2a2_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah salah satu profesi terseksi di abad ini. Mengapa demikian? Salah satu alasannya dikarenakan profesi ini adalah profesi yang dibutuhkan di masa kini, dimana hampir semua aspek menggunakan kecanggihan teknologi yang membutuhkan seorang praktisi data yang mampu memberikan kesimpulan dari banyaknya data yang ada.


Dengan demikian, bukanlah hal yang mengherankan jika banyak pula orang yang mencari tahu cara bagaimana menjadi data scientist.


Seorang data scientist memiliki berbagai tugas yang berkaitan dengan data, seperti menyiapkan infrastruktur data, menganalisis data menggunakan machine learning, sampai memvisualisasikan data. Namun intinya adalah, peranan data scientist ini sangat diperlukan oleh perusahaan untuk mendapatkan insight baru demi kemajuan perusahaan. Lalu, bagaimanakah cara menjadi data scientist ? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Kuasai Basic Skill

Setiap profesi tentunya memiliki definisi serta tugas dan tanggung jawab masing-masing. Begitu pula dengan data scientist, memiliki tugas dan tanggung jawab yang diiringi dengan skill atau kemampuan dasar yang kuat baik soft skill maupun hard skill.


Salah satu hardskill yang harus dikuasai adalah kemampuan dasar matematika dan statistika. Ilmu tersebut merupakan pondasi penting bagi data scientist  dengan menguasai matematika dan statistika, akan memudahkan dalam menganalisis data dan membentuk pikiran logis yang lebih kuat.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Belajar Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer merupakan kumpulan kode atau sintaks yang berisikan perintah untuk dieksekusi. Bagi data scientist, bahasa pemrograman dapat dikatakan sebagai 'partner menganalisis data'.


Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan data scientist sangat memerlukan bantuan bahasa pemrograman untuk menganalisis big data yang sangat kecil kemungkinannya untuk dianalisis secara manual. Beberapa bahasa pemrograman yangs ering digunakan oleh data scientist antara lain seperti Python, R, SQL, Matlab, dll.

data scientist


3. Pahami Machine Learning

Machine learning yang merupakan bagian dari Artificial Intelligence (AI) adalah mesin pembelajar yang dirancang agar dapat belajar sendiri tanpa arahan dari manusia. Machine learning memiliki berbagai algoritma yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, baik itu algoritma supervised learning, unsupervised learning dan semi supervised learning.


Algoritma machine learning ini adalah salah satu komponen yang digunakan dalam proses analisis data. Beberapa algoritma machine learning yang dapat digunakan antara lain seperti Naive Bayes Classifier, Regresi Linier, Regresi Logistik, Decision Tree, dll.

data scientist


4. Sering Berlatih Dataset

Tahukah kalian bahwa selain menguasai ilmu dasar dan tekun dalam belajar kalian juga perlu konsisten berlatih. Bagi seorang data scientist, berlatih menggunakan dataset ini adalah salah satu kunci penting untuk terus meningkatkan kemampuan analisis.


Tujuan lainnya dari berlatih adalah data scientist akan semakin terbiasa dalam menghadapi permasalahan data dan bahkan bisa menjumpai permasalahan baru dan tujuan yang berbeda sehingga dapat digunakan sebagai pengalaman baru bagi data scientist.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data scientist adalah salah satu profesi yang paling diminati saat ini. Secara umum tugasnya adalah menganalisis data lalu memberikan insight kepada perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.


Selain tugasnya yang cukup menantang, gaji dan jenjang karir yang dijanjikan pun cukup menggiurkan. Bagaimana? Tertatik lebih jauh? Langsung saja belajar data science dari dasar di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data analyst baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :