DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 15 Jam : 55 Menit : 8 Detik

Intip Cara Membuat Visualisasi Data Menarik Bermodalkan Excel

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf6fabd920b539f5edb0e1af97022d8a_x_Thumbnail800.jpg

Banyak jalan menuju Roma, Banyak jalan untuk merepresentasikan data. Salah satunya dengan cara memvisualisasikan data dalam bentuk grafik. Dengan penyajian grafik yang menarik dapat mempermudah pembaca untuk memahami informasi yang disajikan. Dengan bermodalkan Excel kita bisa menyajikan data menjadi sebuah informasi yang lebih komunikatif dengan tampilan yang ciamik dan menarik.


Penasaran kan, bagaimana cara memvisualisasikan data agar lebih menarik dengan bermodalkan Excel ? Jangan khawatir artikel ini akan mengobati rasa penasaran anda. Yuk, simak terus artikel ini sampai selesai bersama DQLab.


1. Alasan Kenapa Kita Perlu Data Visualisasi ?

Dengan melakukan visualisasi data, maka pembaca atau audiance dapat lebih cepat dalam manangkap informasi dari data yang kita sajikan, selain itu informasi menjadi mudah diingat karena dalam visualisasi data terdapat warna dan juga pattern tertentu, maka kita jadi lebih baik dalam mengkomunikasikan tujuan dari data-data kita yang ingin kita sajikan kepada para pembaca, serta untuk bisa menemukan dan mengkomunikasikan actionable insight.


Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!


2. Jenis Grafik yang Dapat Disajikan oleh Miscrosoft Excel

Pada Microsoft Excel terdapat fitur Chart yang sangat berguna dalam proses visualisasi data kita.

  • Bar Chart : menyajikan data berupa diagram batang, biasanya digunakan untuk menampilkan perbandingan antar nilai deret

  • Line Chart : menyajikan data berupa grafik garis, biasanya digunakan untuk menampilkan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.

  • Pie Chart : menyajikan data berupa grafik lingkaran, biasanya digunakan untuk menampilkan 2 sampai 3 kelas dari suatu data dalam bentuk persentase (%). Tapi pie chart kurang cocok digunakan untuk visualisasi data lebih dari 3 kelas karena akan menimbulkan kesalahan persepsi ketika memutar diagram lingkaran maka akan mengubah persepsi ukuran sudut, seperti halnya mengubah warna.

  • Scatter Plot : menyajikan data berupa persebaran titik-titik, biasanya digunakan untuk menunjukkan hubungan antar point data dengan memplot titik grafik untuk analisis data ilmiah.

  • Radar Chart : menyajikan data berupa grafik berbentuk radar atau bintang, biasanya digunakan untuk data lebih dari 3 kelas diwakili dengan sumbu mulai dari titik yang sama.


3. Bagaimana Cara Membuat Grafik yang Menarik di Excel

Adapun langkah-langkah untuk membuat grafik pada excel :

  • Siapkan data terlebih dahulu. Kemudian sorot tabel dari sumber data tadi termasuk judul.

  • Pilih menu “Insert” lalu perhatikan pada group Chart pilih jenis grafik yang ingin kita gunakan.

  • Jika sudah maka secara otomatis grafik akan muncul di lembar kerja kita

  • Kita dapat mengubah design grafik kita sesuai selera dengan mengklik menu “Design” pada group chart style kita tinggal sesuaikan warna sesuai selera kita.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


4. Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang 

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!