PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 11 Menit 41 Detik 

Intip Cara Menjadi Data Scientist Karir Cemerlang 2022

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c61ba23e08cefe9d2dd7ea717297cb76_x_Thumbnail800.jpg

Di era big data menjadi data scientist merupakan cita-cita banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya data dalam kehidupan, khususnya dalam bisnis. Faktanya, produksi data yang melimpah belum bisa dimanfaatkan oleh industri karena hingga saat ini kurang dari 5% data yang benar-benar dimanfaatkan. Berbagai perusahaan dari berbagai bidang industri mulai masif menggunakan big data untuk meningkatkan margin pendapatan serta meningkatkan kegiatan bisnis secara general karena dengan data perusahaan bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi pasar sehingga dapat mengidentifikasi peluang dengan lebih akurat. Fenomena ini juga berperan dalam meningkatnya rekrutmen data scientist beberapa tahun ini. Profesi data scientist diprediksi akan menjadi profesi yang cukup menjanjikan sehingga banyak orang yang mencoba berbagai cara untuk menjadi data scientist.

Ketertarikan mengenai data science tidak hanya datang dari penggiat data, tetapi juga berasal dari orang-orang yang kurang familiar dengan pengolahan data. Pertanyaannya, apakah seseorang yang tidak memiliki pengalaman di dunia data tidak bisa menjadi data scientist? Jawabannya tentu tidak! Di era modern yang didukung dengan perkembangan teknologi yang tidak terbatas, semua orang memiliki kesempatan untuk belajar apapun, termasuk belajar menjadi data scientist. Untuk menjadi data scientist, kita tidak perlu mengenyam pendidikan formal karena ada banyak cara untuk menjadi data scientist. Pada artikel kali ini DQLab akan membagikan cara untuk menjadi data scientist khususnya bagi kamu yang baru terjun di dunia data.

1. Kenali Potensi Diri

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menjadi data scientist adalah mengenali potensi diri. Langkah ini merupakan langkah paling penting untuk memulai mempelajari data science, khususnya bagi kamu yang belum berkecimpung di dunia data. Coba tanyakan pada dirimu mengapa kamu harus belajar data science? Mengapa saya ingin menjadi data scientist? Dan apa yang ingin saya capai dalam karir sebagai data scientist? Pertanyaan-pertanyaan ini akan menumbuhkan motivasi dalam diri kita sebelum memutuskan untuk belajar data science. Motivasi sangat penting karena dalam perjalanan untuk menjadi data scientist, kita akan menemui berbagai rintangan, baik yang berasal dari dalam seperti rasa malas dan lelah maupun dari luar seperti pengaruh lingkungan dan teman. Pertahankan motivasi tersebut hingga akhir agar proses belajar kita tidak berat.


Baca juga : Kenali Tugas Data Scientist untuk Bekal Berkarir di Tahun 2022


2. Pelajari Basic Skills Data Scientist

Ada banyak skills yang harus dikuasai untuk menjadi data scientist profesional. Namun, bagi pemula yang belum memiliki pengalaman di dunia olah data, ada beberapa keterampilan dasar yang perlu kita kuasai, yaitu pemahaman mengenai matematika dan statistika, pemrograman, dan komunikasi. Matematika dan statistika akan banyak digunakan dalam proses pengolahan data terutama operasi matematika dan algoritma statistika. Data scientist akan banyak bekerja menggunakan data berukuran besar sehingga membutuhkan tools bahasa pemrograman seperti R dan Python untuk mengolah data tersebut. Terakhir yang tidak kalah penting adalah skill komunikasi. Tugas data scientist tidak hanya mengolah data, tetapi juga harus mengkomunikasikan hasil temuanya kepada orang lain sehingga memerlukan keterampilan komunikasi yang mumpuni agar penjelasan kita dapat diterima secara ‘utuh’ oleh audience.


3. Banyak Berlatih

Cara ketiga ini masih berhubungan dengan cara kedua. Setelah kita mempelajari skills basic data science, kita juga perlu melatih skills tersebut karena sebagian skills yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist merupakan skills teknis yang memerlukan banyak latihan. Kamu bisa gunakan data dari sumber open source yang sedang banyak disorot, misalnya kasus Covid-19 varian baru. Dalam berlatih, usahakan selalu beri saran berdasarkan hasil analisis. Saran bisa ditujukan ke stakeholders terkait atau ke masyarakat umum. 


4. Publikasikan dan Komunikasikan Hasil Latihan

Seperti yang telah dijelaskan pada poin 2, keterampilan komunikasi merupakan salah satu skill basic yang harus dimiliki oleh data scientist. Komunikasi ini tidak hanya komunikasi lisan tetapi juga komunikasi verbal. Untuk melatih komunikasi verbal kita, kita bisa menulis hasil latihan kita dan mempublikasikannya ke beberapa platform seperti medium, blog, dan lain sebagainya. Untuk melatih komunikasi lisan kita bisa mulai membuat video yang menjelaskan hasil analisis kita dan menguploadnya di sosial media seperti instagram dan youtube. Publikasi ini juga bisa menjadi portofolio yang akan diperhitungkan saat kita melamar pekerjaan. 


Baca Juga : Jangan Salah! Ini dia Perbedaan Data Scientist, Data Analyst & Data Engineer


5. Mengikuti Kursus Data Science DQLab

Salah satu cara yang paling banyak digunakan banyak orang untuk menjadi data scientist adalah dengan mengikuti kursus data science. Cara ini banyak digunakan karena kursus data science memiliki modul yang sudah tersistematis sehingga materi yang akan kita pelajari lebih terarah. Yuk belajar data science bersama DQLab! Materi data science DQLab disusun oleh data scientist professional yang sudah memahami seluk beluk dunia data. Klik button di bawah ini untuk sign up dan nikmati modul gratis ‘Introduce to Data Science’ sebagai langkah awal untuk mengenal data science. Jadi tunggu apa lagi? Yuk buruan gabung dan nikmati pengalaman seru belajar data science dengan fasilitas lengkap!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!