PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 28 Menit 1 Detik 

Intip Cara Menjadi Data Scientist yang Mampu Bersaing Di Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e194dc3c2af43d06b6b19be20ceaf363_x_Thumbnail800.jpg

Cara menjadi data scientist tidaklah instan. Ada beberapa skill yang wajib dikuasai terlebih dahulu. Data scientist merupakan profesi di bidang data yang banyak dicari perusahaan saat ini. Data scientist bertugas mengolah data yang meliputi mengumpulkan, mengolah, hingga menganalisis data. Kemudian data disajikan dalam bentuk yang menarik dan disampaikan pada pihak terkait di perusahaan. Inilah mengapa data scientist banyak dibutuhkan perusahaan karena tugasnya yang berpengaruh dalam jalannya bisnis suatu perusahaan. Seperti yang kita tahu bahwa data di era revolusi industri 4.0 merupakan komponen penting dalam bisnis. 


Namun tingginya permintaan atas profesi data scientist belum sebanding dengan talent data yang ada. Hal tersebut ada negatif dan positifnya. Negatifnya perusahaan akan lebih lama untuk mendapatkan data scientist yang handal, sedangkan positifnya adalah peluang yang masih luas untuk profesi data scientist kedepannya. Sehingga banyak yang tertarik belajar data science bahkan sampai beralih profesi menjadi data scientist. Bagi yang memiliki background IT mungkin akan familiar dengan bahasa pemrograman yang harus dikuasai dan tahu bagaimana proses menjadi data scientist. Sedangkan bagi pemula kebanyakan akan bingung bagaimana cara menjadi data scientist. Nah, di artikel ini akan dibahas cara menjadi data scientist yang mampu bersaing di dunia data. Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!


1. Kuasai Ilmu Dasar 

Data scientist termasuk profesi yang berkaitan dengan data science sehingga wajib jika ingin menjadi data scientist menguasai ilmu data science. Data science merupakan bidang ilmu yang terdiri dari tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer (programming). Sebagai seorang data scientist, wajib menguasai ilmu matematika dan statistika karena data scientist menggunakan metode-metode statistika dalam mengolah data. Minimal kita paham perhitungan dasar matematika dan metode statistika yang sering digunakan. Data science mengkombinasikan kemajuan teknologi untuk mengolah data sehingga data scientist wajib memiliki dan menguasai skill pemrograman. Selain untuk proses mengolah data, kemampuan pemrograman ini diperlukan untuk membangun machine learning. Tak jarang karena data scientist juga bekerja bersama dengan tim lainnya, ilmu bisnis dan ilmu lainnya yang terkait dengan pekerjaan juga wajib dipelajari dan dipahami dengan baik. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Update Tools yang Digunakan Data Scientist

Teknologi yang semakin maju tiap waktunya membuat seorang data scientist harus update mengenai tools dan metode yang digunakan untuk mengolah data lebih efektif. Beberapa tools yang sering digunakan oleh data scientist yaitu antara lain SQL, SAS, Matlab, Python, R, Java, Tableau, dan Power BI. Setiap tools memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Misalnya seperti SAS disebut sebagai tools data scientist yang powerful namun harganya sangat mahal dibandingkan dengan tools open source lainnya dan biasanya digunakan oleh industri besar. Tableau dan Power BI digunakan untuk memvisualisasikan data lebih interaktif. Sebagai data scientist, minimal menguasai tiga tools tersebut agar dilirik oleh para recruiter dan menjadi kandidat yang diperhitungkan.


3. Tingkatkan Kemampuan Problem Solving dan Berpikir Kritis

Sebagai seorang data scientist dituntut memiliki kemampuan problem solving dan berpikir kritis. Kemampuan problem solving diperlukan untuk menentukan solusi apa yang tepat terhadap suatu masalah. Data scientist harus mampu menganalisa masalah yang ada dengan baik. Selain itu kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk memahami masalah dari berbagai sudut pandang agar lebih obyektif dalam menyelesaikan masalah. Data scientist harus sering bereksperimen dengan data dan metode-metode terbaru yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah.


4. Ikuti Webinar dan Komunitas Data Scientist

Cara menjadi data scientist lainnya yaitu mengikuti webinar dan komunitas data scientist. Dengan mengikuti webinar kita bisa mengetahui bagaimana para senior data scientist merintis karirnya dan apa saja tugas data scientist di berbagai industri. Kita bisa memilih mengikuti webinar yang gratis atau berbayar. Kita juga bisa bergabung dengan komunitas data scientist yang banyak didirikan seiring populernya data science. Disana kita bisa mengetahui informasi penting yang berhubungan dengan data science dan data scientist yang mungkin sulit didapatkan jika tidak bergabung dalam komunitas. Selain itu komunitas juga dapat menjadi wadah sharing agar pikiranmu semakin terbuka dan kritis sebagai bekal menjadi seorang data scientist. 

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


6. Yuk, Gapai Karir Data Scientist Bersama DQLab!

Step by step menjadi data scientist harus dilalui satu per satu dengan penuh kesabaran dan ketelitian. Kita harus rajin berlatih mengolah data menggunakan metode-metode yang ada, mempelajari bahasa pemrograman, mengasah soft skill seperti komunikasi agar dapat menyampaikan hasil analisis dengan baik. Bagi pemula yang tidak memiliki background IT, jangan takut menggapai karir impian menjadi data scientist. Gabung bersama DQLab dengan Sign Up di DQLab/SignUp dan mulai bangun portofolio datamu. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!