Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS
SIGNUP GRATIS

Intip Contoh Implementasi Machine Learning dalam Bidang Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1778c230283c176f1771e33970239aa5_x_Thumbnail800.jpg

Semakin hari perkembangan teknologi semakin berkembang dengan cepat. Machine Learning merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang berperan besar di dalamnya. Kini hampir semua orang menggunakan produk yang dihasilkan dengan penerapan Machine Learning. Data Science dan Machine Learning adalah dua ilmu yang saling berhubungan dan dapat diaplikasikan di berbagai jenis bidang.


Diantaranya bidang kesehatan, bisnis, perbankan maupun pemerintah menggunakan algoritma Machine Learning dan Data Science guna mengambil manfaat yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap bidang data memiliki data dan dapat memanfaatkan data tersebut. Machine Learning akan melatih algoritma dan menghasilkan model dari Machine Learning itu sendiri, dan model tersebut akan digunakan dalam pengambilan keputusan kedepannya.


Dalam dunia bisnis, hal yang perlu kamu ketahui adalah kita tidak bisa memungkiri bahwa akan selalu ada kompetitor yang memiliki produk yang sama persis dengan produk yang telah ada sebelumnya. Tiru, amati, dan modifikasi merupakan sesuatu hal yang sedang berkembang saat ini. Sehingga tidak heran ketika ada sesuatu hal yang sedang viral, maka akan diikuti oleh banyak orang. Nah, dengan belajar Machine Learning, kita dapat mengatasi bagaimana caranya agar pelanggan tidak lari ke kompetitor. 


Oleh karena itu, DQLab akan berbagi ilmu tentang penerapan algoritma Machine Learning yang mungkin secara tidak sadar sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak terus penjelasan dalam artikel ini!

 

1. Supply Chain Management

machine learning

Kini peran industri otomotif dalam produksi global sedang melaju pesat. Maka dari itu, dengan menggunakan jaringan global, akan timbul tantangan seperti jeda waktu antar negara atau masalah komunikasi antar tim. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakanlah model analitik supply chain untuk menggambarkan data real time mengenai stok inventori.


Dengan Algoritma Machine Learning dapat memprediksikan kebutuhan produk baru dan juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan demand tersebut. Algoritma Machine Learning secara tidak langsung dapat membantu mengurangi biaya inventori. Informasi-informasi tersebut dapat diakses oleh supplier dan juga tim pembelian, penjualan, dan operasional.

 

Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Market Basket Analysis

Ilmu Statistik dalam Market Basket Analysis

Di bisnis ritel, salah satu inovasi teknologi adalah analisa otomatis terhadap ribuan sampai jutaan data transaksi untuk mendapatkan kombinasi produk yang sering dibeli bersamaan. Dari berbagai studi kasus, informasi kombinasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan 18% sampai dengan 60%. Peningkatan ini bisa diperoleh dengan cara, membuat paket menarik untuk ditawarkan kepada konsumen, memberikan rekomendasi produk, menyusun halaman produk e-commerce dengan beberapa kombinasi, dan masih banyak lagi. 


Proses analisa ini dikenal sebagai Market Basket Analysis (MBA). Dalam dunia Data Science, algoritma Machine Learning yang populer untuk mendukung proses ini adalah Apriori dan Association Rules. Algoritma apriori merupakan salah satu algoritma klasik di dalam Machin Learning. Algoritma apriori digunakan agar komputer dapat mempelajari aturan asosiasi, mencari pola hubungan antar satu atau lebih item didalam suatu dataset.


Sedangkan yang dimaksud dengan Association Rules sendiri adalah pola-pola keterkaitan data dalam basis data. Secara sederhana beberapa istilah yang akan sering digunakan pada Association Rule ini adalah:

  • Support, adalah suatu ukuran yang menunjukkan seberapa besar tingkat dominasi suatu item atau item set dari keseluruhan transaksi.

  • Confidence, adalah suatu ukuran yang menunjukkan seberapa sering aturan itu terbukti benar. 

  • Lift Ratio, adalah rasio dari nilai pengamatan Support, diharapkan jika dua aturan itu independen.


3. Virtual Personal Assistant/Chatbot

machine learning

Apakah kamu pernah menggunakan Assistant pada smartphone dengan menggunakan suaramu? Maka kamu sudah menerapkan langsung salah satu penggunaan Machine Learning. Teknologi Machine Learning telah menciptakan virtual personal assistant seperti Siri, Cortana, dan Alexa.


Teknologi yang akan memproses suara kita dan dapat mengerti apa yang kita katakan, pertanyaan-pertanyaan kita hingga memberikan jawaban yang relevan, dan juga melakukan beberapa hal dengan cepat.  Selain itu, teknologi yang serupa disebut juga chatbot, digunakan dalam beberapa bisnis dengan tujuan mendapatkan wawasan konsumen yang dapat dijadikan strategi marketing tingkat personal.

 

4. Recommendation Search Pada Google

machine learning

Berikut ini merupakan model Machine Learning yang paling banyak diterapkan. Mesin Pencari Google. Siapa yang tidak mengenal mesin pintar ini? saat kamu mengetik sesuatu di dalam kolom search Google, maka Google akan memunculkan rekomendasi dari hal yang sedang kamu cari. Tetapi tidak hanya mesin pencari Google saja, penerapan recommendation search ini juga sering ditemukan di media sosial saat kita sedang mencari seseorang atau saat sedang mencari produk di salah satu e-commerce. Oleh karena itu, teknologi Machine Learning ini sangatlah membantu kehidupan kita terutama dalam dunia bisnis. 


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Penerapan Machine Learning sudah sangat sering kita jumpai dalam keseharian. Dengan menggunakan bantuan Machine Learning pengguna akan lebih terbantu dari segi waktu, tenaga dan biaya. 

Supaya lebih mengenali apa itu Machine Learning, kalian dapat memulai belajar di DQLab. DQLab menyediakan cukup banyak modul sebagai tempat berlatih dan belajar Machine Learning dari nol!

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science seru bersama DQLab.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :