FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 45 Menit 29 Detik 

Intip Fungsi Concat dalam SQL, Pemula Wajib Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 09-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/415767f9c33c8d1937875d1381870bd2_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang digunakan sebagai data penelitian. Data yang dikumpulkan itu pun berasal dari berbagai sumber dan berbagai bentuk. Ada data yang terstruktur dan ada data yang tidak terstruktur pula. Selain itu ada data kuantitatif dan data kualitatif. 


Data kuantitatif merupakan data non numerik, bisa berupa teks, gambar, & video. Nah, salah satu yang kita bahas dalam artikel ini adalah data dalam bentuk teks. Berbicara mengenai data, terdapat salah satu profesi terkait yang sedang populer, yaitu data scientist. Seorang data scientist ini perlu menguasai beberapa bahasa pemrograman salah satunya adalah SQL yang memiliki berbagai fungsi seperti concat SQL & SQL Join.


SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengambil informasi dari database. Tidak hanya mengambil informasi, SQL juga dapat digunakan untuk menghapus data, menggabungkan tabel, menambahkan tabel & membuat tabel. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya, SQL pun memiliki fungsi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Kira-kira apa saja fungsi dalam SQL? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Fungsi dalam SQL

Sebelum mengenali macam fungsi dalam SQL, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari fungsi. Fungsi merupakan metode yang digunakan untuk melakukan operasi data pada database. Operasi ini dapat bersifat numerik seperti sum, count, avg, min, max, maupun non numerik seperti string dan substring . Pada SQL, fungsi terbagi menjadi dua kategori yaitu fungsi skalar dan fungsi agregat.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Skalar

Fungsi skalar adalah fungsi dalam SQL yang digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal dari suatu nilai input yang diberikan. Fungsi skalar ini bisa digunakan untuk numeric value maupun non numeric value. Pada fungsi skalar numeric value biasanya digunakan pada operasi matematika seperti abs(), ceiling(), floor(), round(), sqrt(), mod(), exp() dan masih banyak fungsi matematika lainnya. Adapun untuk fungsi skalar non numeric biasanya adalah fungsi skalar text atau string function.

sql


3. Fungsi Text

Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi skalar itu dibagi menjadi numeric value dan non numeric value. Fungsi text ini termasuk ke dalam non numeric value. Fungsi skalar untuk text atau string ini digunakan saat kita ingin melakukan operasi pada text atau karakter di SQL. Sebagai contoh seperti ingin mengubah huruf kecil menjadi huruf besar, menggabungkan argumen, mengganti karakter, menghitung jumlah karakter, menghapus karakter, dll. Sama seperti fungsi skalar numerik, pada skalar non numerik ini terdapat beberapa fungsi yang bisa digunakan seperti concat(), split_part(), substr(), length(), replace(), trim(), upper(), lower(), dan lainnya.

sql


4. Fungsi Text - Concat()

Fungsi concat() adalah salah satu fungsi skalar yang digunakan untuk operasi pada data teks atau string. Fungsi concat() ini digunakan untuk menggabungkan semua argumen, adapun data yang NULL value akan diabaikan. Adapun syntax umum dari fungsi concat() adalah

SQL

sebagai contoh, jika diketikkan perintah berikut

sql

maka akan menampilkan output

sql

Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Salah satu tugas umum dari seorang data analyst adalah menyiapkan data penelitian yang akan dianalisis dengan sebaik mungkin, Ada kalanya data yang ada tersebut perlu dibersihkan, perlu dihilangkan ], dan sebagainya. Nah, untuk mempelajari lebih lanjut terkait database kita perlu belajar bahasa pemrograman SQL di DQLab.


DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita





Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :