Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Intip Fungsi Excel, Software Wajib Para Praktisi Data!

Belajar Data Science di Rumah 29-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/80b58b82b4f6ae35e0bb525c2a6a35f7_x_Thumbnail800.png


Excel merupakan software dari Microsoft yang bisa membantu kamu untuk mengolah data secara otomatis, dari mulai data yang menggunakan perhitungan dasar sampai penggunaan fungsi yang lebih kompleks. Software ini sangat membantu kamu untuk mengolah, menganalisis, meringkas data,melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika, membuat catatan keuangan dan anggaran serta banyak manfaat lainnya.


Untuk mengetahui fungsi Excel secara mendalam, DQLab akan memberikan informasi mengenai 4 fungsi Microsoft Excel yang membantu pekerjaan para praktisi data. Yuk, langsung simak penjelasan dibawah!


1. Membuat Laporan Keuangan

Kamu bisa membuat laporan keuangan pada Microsoft Excel dengan memanfaatkan fungsi serta formula yang terdapat didalamnya. Dengan menggunakan aplikasi satu ini, kamu bisa membuat, mencatat dan menyajikan data yang berbentuk laporan keuangan secara menarik, dinamis serta akurat. Laporan keuangan bisa kamu buat mulai dari transaksi, buku besar, jurnal umum & khusus, neraca saldo hingga laporan keuangan yang lengkap dengan laba rugi, perubahan modal serta arus kas. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Melakukan Perhitungan Statistik dan Analisis Data

Selain berfungsi untuk melakukan perhitungan sederhana, Excel juga bisa membantu kamu untuk melakukan perhitungan statistik yang rumit. Ada beberapa rumus perhitungan yang disediakan seperti Math & Trig untuk perhitungan matematika dan trigonometri, Statistical untuk perhitungan statistik hingga Logical untuk perhitungan logika. Dengan Excel kamu juga bisa menggunakan tools yang disediakan yaitu Data Analysis seperti ANOVA, correlation, t-test dan lainnya.


3. Memvisualisasikan Data Dengan Tabel, Grafik hingga Diagram

Fungsi kedua yang disediakan di Excel adalah membuat grafik, tabel hingga diagram dengan cepat. Kamu bisa melakukan pekerjaan visualisasi data secara lebih ringkas dan efisien apabila menguasai tahapan dalam membuat ketiga hal tersebut. Dengan menggunakan grafik, tabel maupun diagram, kamu bisa melakukan penyajian dan mempresentasikan data menggunakan tools tersebut agar lebih mudah dipahami orang lain. Ada berbagai jenis grafik yang bisa kamu gunakan seperti Pie Chart, Line Chart, Column Chart, Bar Chart, Area Chart, Scatter dan sebagainya. Sahabat data juga bisa menambahkan warna pada tabel, grafik maupun diagram agar hasil visualisasi data lebih menarik.


4. Membuat Kesimpulan dan Cleaning Data

Dengan Excel, sahabat data juga bisa menggunakan fungsi pivot dan grafik untuk membuat kesimpulan. Tabel pivot pada Excel dapat kamu gunakan membuat tabel ringkasan yang terdiri dari rata-rata, total atau perhitungan lainnya sesuai dengan fitur referensimu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur untuk menghapus nilai duplikat dari tabel. Nilai duplikat yang akan dihapus pada tabel berasal dari kolom yang telah kamu pilih. Caranya hanya dengan memilih minimal dua kolom kemudian pilih menu Select Data, Go to Data Ribbon dan Remove Duplicates. Secara otomatis, data pada dua kolom yang memiliki kombinasi yang sama akan terhapus.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Persiapkan Diri Menjadi Praktisi Data Profesional Bersama DQLab!

Bagi kamu yang ingin memulai karir menjadi seorang Data Scientist, Data Engineer atau Data Analyst, perlu banget untuk mempersiapkan kemampuan serta skill yang dibutuhkan loh!


Yuk, persiapkan diri dengan belajar Data Science bersama DQLab. Ada modul yang kamu bisa akses secara GRATIS loh! Tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab.id dan nikmati pembelajaran Data Science secara fun, praktis dan aplikatif!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!