3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 14 Menit 11 Detik

Intip Fungsi Excel untuk Analisis yang Lebih Kuat

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-08-2024-01-05-155219_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu software yang masih sering digunakan oleh banyak orang, baik yang ada di posisi administrasi hingga mereka yang menempati posisi praktisi data. Sebagai software spreadsheet yang sangat populer, Microsoft Excel menawarkan sejumlah fungsi yang kuat untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.


Pengguna Microsoft Excel bisa langsung menuju ke menu Formulas untuk melihat fungsi-fungsi bawaan yang telah disediakan Excel. Salah satu fungsi yang cukup sering digunakan adalah fungsi untuk pencarian dan referensi data. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai fungsi yang masuk ke dalam kategori tersebut, mulai dari VLOOKUP dan HLOOKUP, MATCH dan INDEX, LOOKUP dan XLOOKUP, serta OFFSET dan INDIRECT. Yuk, simak pembahasannya!


1. Fungsi Pencarian VLOOKUP dan HLOOKUP

Excel

GIF by Kelasmega


Fungsi VLOOKUP (Vertical Lookup) dan HLOOKUP (Horizontal Lookup) merupakan contoh fungsi Excel yang cukup familiar bagi banyak orang untuk mencari nilai di dalam tabel data. Cara kerja antara VLOOKUP dan HLOOKUP hampir sama, perbedaannya hanya pada posisi data. Fungsi VLOOKUP dapat digunakan untuk pencarian secara vertikal, sementara HLOOKUP untuk pencarian secara horizontal.


Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna dapat menentukan nilai yang ingin dicari dan mencocokkannya dengan data yang ada di baris atau kolom tertentu. Dengan begitu, proses pencarian data dalam struktur dataset yang lebih besar bisa menjadi lebih efektif.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Pencarian dan Filter dengan MATCH dan INDEX

Excel

GIF by Excel Practice Online


Fungsi selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk mencari data adalah kombinasi antara fungsi MATCH dan INDEX, untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih fleksibel dan dinamis. Pada fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, tidak bisa mencari data di kolom yang ada di sebelah kiri kolom yang dijadikan kunci, sementara pada MATCH dan INDEX, hal tersebut tidak berlaku.


Fungsi MATCH akan digunakan untuk menemukan posisi suatu nilai dalam rentang data, sedangkan INDEX akan bermanfaat untuk merujuk dan mengambil nilai dari posisi tersebut. Dengan menggabungkan kedua fungsi ini, pengguna dapat membuat sistem pencarian dan filter yang lebih canggih, sangat berguna untuk data yang terus berkembang.


3. Fungsi Pencarian yang Lebih Lanjut dengan LOOKUP dan XLOOKUP

Excel

GIF by WinPoin


LOOKUP adalah fungsi umum yang dapat digunakan untuk pencarian nilai dalam satu kolom atau baris. Namun, Excel 365 telah memperkenalkan fungsi XLOOKUP pada bulan Agustus 2019. Tentu saja fungsi XLOOKUP ini memberikan fleksibilitas dan kemampuan pencarian yang lebih canggih.


XLOOKUP memungkinkan pencarian lintas kolom atau baris dan memberikan hasil yang lebih akurat dan dapat diandalkan dibandingkan dengan LOOKUP tradisional. Pada dasarnya, fungsi XLOOKUP ini masih belum tersedia di Excel 2016 dan 2019, sehingga untuk sementara penggunaannya hanya pada Excel 365.


4. Fungsi Referensi yang Dinamis dengan OFFSET dan INDIRECT

Excel

Pict by EDUCBA


Fungsi OFFSET dan INDIRECT dapat membantu dalam membuat referensi sel dan range yang dinamis. OFFSET memungkinkan pengguna untuk mengubah range cell berdasarkan pergeseran tertentu, sedangkan INDIRECT memungkinkan pengguna untuk membuat referensi dinamis berdasarkan nilai sel. Kedua fungsi ini berguna dalam situasi di mana struktur data berubah atau ketika pengguna ingin membuat formula yang mudah disesuaikan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Ragam fungsi pencarian dan referensi di Excel dapat memberikan pilihan alat yang kuat untuk mengoptimalkan proses analisis dan manipulasi data. Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst Bootcamp Data Analyst with Excel!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :