TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 22 Menit 50 Detik

Intip Jenjang Karir Data Analyst yang Menarik

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aa2b30dc-49da-405c-83ee-05b9714f941f-2023-07-28-105600_x_Thumbnail800.jpeg

Peran Data Analyst telah menjadi sangat penting dalam dunia bisnis dan industri modern, karena kemampuannya dalam mengurai data dan menyajikan wawasan yang berharga untuk pengambilan keputusan strategis. Bagi para profesional yang tertarik dengan analisis data dan ingin membangun karir yang menjanjikan, jenjang karir sebagai Data Analyst menawarkan banyak peluang untuk pertumbuhan dan kesuksesan.


Dalam artikel ini, DQLab akan membahas tentang berbagai tahap dan peluang dalam jenjang karir Data Analyst, dari pemula hingga tingkat lanjut, serta langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk merangkak tinggi dalam dunia analisis data. Yuk ikuti!


1. Data Analyst Pemula

Tahap awal dalam jenjang karir Data Analyst dimulai sebagai pemula. Pada tahap ini, fokus utama adalah memahami dasar-dasar analisis data, penggunaan alat analisis seperti Microsoft Excel atau Google Sheets, dan teknik dasar visualisasi data.


Kamu akan belajar tentang bagaimana mengumpulkan, membersihkan, dan mengolah data untuk mendapatkan informasi yang berharga. Dalam tahap ini, mencari peluang magang atau posisi entry-level di perusahaan dapat memberikan pengalaman berharga dalam menerapkan pengetahuan analisis data secara praktis.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Analyst Junior

Setelah menguasai dasar-dasar analisis data, kita akan bergerak maju ke tingkat Junior Data Analyst. Pada tahap ini, kamu akan memperdalam pemahaman tentang teknik analisis data, mulai menggunakan bahasa pemrograman seperti Python atau R untuk pemrosesan data yang lebih kompleks, dan memanfaatkan alat analisis data seperti SQL untuk pengolahan basis data. Kamu akan terlibat dalam proyek-proyek analisis data yang lebih menantang dan mendapatkan kesempatan untuk menyajikan temuan dan wawasan kepada tim atau manajemen perusahaan.


3. Data Analyst Menengah

Seiring dengan pengalaman dan kemahiranmu dalam analisis data, kita akan naik ke tingkat Menengah Data Analyst. Pada tahap ini, kamu akan menguasai teknik analisis data lanjutan, termasuk analisis prediktif dan teknik machine learning.


Disini adalah tahap dimana dapat mengatasi proyek-proyek analisis data yang lebih kompleks dan memiliki peran yang lebih strategis dalam memberikan wawasan untuk pengambilan keputusan bisnis


Selain itu, kamu juga akan membantu junior data analyst dalam mengembangkan keterampilan mereka dan berfungsi sebagai mentor.


4. Data Analyst Senior

Tingkat Senior Data Analyst ditandai dengan kemahiran dan pengalaman yang mendalam dalam analisis data. Kamu akan memiliki peran yang lebih tanggung jawab dalam mengelola proyek-proyek analisis data secara end-to-end dan menyajikan hasil analisis kepada manajemen tingkat atas. Pada tahap ini, Senior Data Analyst akan berkolaborasi dengan tim lintas fungsional, seperti Data Scientist, untuk mengatasi tantangan data yang kompleks dan memberikan wawasan yang strategis bagi perusahaan.


5. Data Analyst Lead atau Manajer

Pada tahap akhir dalam jenjang karir Data Analyst, kamu dapat mencapai posisi sebagai Data Analyst Lead atau Manajer. Dalam peran ini, Data Analyst Lead akan mengawasi tim analisis data, mengatur strategi analisis, dan bertanggung jawab atas kesuksesan proyek-proyek analisis data di perusahaan.


Data Analyst Lead berperan penting dalam mengintegrasikan data dengan tujuan bisnis, mengidentifikasi peluang dan tantangan, serta menyediakan wawasan berharga bagi kepemimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan strategis.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Jenjang karir Data Analyst menawarkan banyak peluang bagi mereka yang ingin berkarir dalam dunia analisis data. Jika kamu tertarik untuk memulai atau memajukan karir sebagai Data Analyst, langkah pertama adalah membangun fondasi pengetahuan dasar dan mengasah keterampilan analisis.


Kalian perlu menyiapkan diri dari sekarang. DQLab dapat menjadi solusi untuk platform belajar kalian. Banyak keunggulan yang DQLab miliki sehingga menjadikan proses pembelajaran kalian menyenangkan.

  • Modul pembelajaran yang lengkap dan mudah dipahami.

  • Terdiri dari materi dasar sampai beragam kasus untuk diselesaikan.

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis untuk belajar coding tanpa aplikasi bantuan.

  • Ada modul gratis yang bisa dicoba untuk mengetahui metode pembelajaran di DQLab.

  • Belajar bersama dengan komunitas dan mentor yang suportif.

Bahkan modul di DQLab diintegrasikan dengan ChatGPT loh. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan buatkan jenjang karir data analyst kalian cemerlang dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :