MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 44 Menit 21 Detik 

Intip Karakteristik Big Data yang Bermanfaat di Berbagai Industri!

Belajar Data Science di Rumah 06-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9e0d6b67bb48d3a31d713893b64a1089_x_Thumbnail800.png

Big Data menjadi sebuah ‘open door’ atau membuka peluang dalam menjawab asta pertanyaan dari rumusan masalah yang dimiliki. Big Data merupakan buzzword di ranah teknologi hingga pebisnis kini sudah mulai menerapkan Big Data Analytics dalam aktivitasnya. Big Data mengacu pada sekumpulan data dengan ukuran dan jumlah yang sangat besar kemudian dibutuhkannya cara untuk menyimpan, mengelola dan menganalisis data dengan tepat. Adapun beberapa properti atau karakteristik Big Data yang perlu kamu ketahui untuk menentukan dan membantu penguraian big data tersebut. Nah, pada artikel DQLab kali ini akan membahas karakteristik yang dimiliki oleh Big Data yang bermanfaat bagi industri. Penasaran, yuk langsung saja simak artikel berikut ini!


1. Volume

Berbicara tentang Big Data pastinya akan selalu berkaitan dengan besaran data yang dihasilkan dan didapatkan. Organisasi maupun perusahaan profit pun telah mengumpulkan jumlah data dari berbagai sumber mulai dari IoT, peralatan teknologi, transaksi, audio, gambar, video, dan bentuk data lainnya. Banyak organisasi atau pebisnis memiliki volume big data yang banyak namun tidak tahu cara mengelola Big Data tersebut dengan baik.


jika big data dikelola dengan baik dengan teknik analisis dan juga praktisi data yang terampil maka penggunaan Big Data bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hingga menjawab permasalahan yang dimilikinya. Volume merupakan salah satu dari ‘V’s’ Big Data dan sebagai sumber utama, pada pengelolaannya pun terdapat dua pilihan yaitu Scale up (menyimpan dan memigrasi data) dan Scale out yaitu menambahkan jumlah sistem pada volume data.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Veracity

Karakteristik lainnya adalah Veracity atau memastikan kualitas data yang akan dianalisis dengan benar agar mendapatkan hasil yang berkualitas pada data tersebut. Veracity akan mengacu pada kualitas, akurasi, dan juga kepercayaan data yang dikumpulkan. Dengan demikian, kejujuran tidak selalu merupakan karakteristik khas dari Big Data melainkan volume, variasi dan juga kecepatan yang sangat tinggi juga penting pada organisasi atau pebisnis dalam menarik kesimpulan dalam menggunakan Big Data. 


Jika kualitas data yang didapatkan buruk maka nantinya hasil yang didapatkan pada laporan data akan buruk dan tidak konsisten sehingga pentingnya untuk sahabat data DQLab mengetahui teknik analisis data dan tools yang digunakan agar analitik tidak hanya cepat melainkan juga tepat dan akurat.


3. Variety

Big Data lebih dari ‘banyak data’ melainkan juga Big Data memberikan cara serta peluang untuk memanfaatkan data baru yang sudah ada dan menemukan cara baru mengetahui data di masa depan. Tentunya data yang dimiliki dan didapatkan dari berbagai sumber memiliki jenis data yang beragam yaitu ada jenis data structured, semi-structured, dan unstructured. Pada karakteristik pada Variety sangat berbeda dari lainnya, karena data yang didapatkan bisa berupa teks media sosial yang tidak terstruktur hingga bisa menjadi data sistem operasi yang terstruktur. Variasi pada big data sendiri merupakan besar dan setiap tipenya akan membutuhkan kemampuan pemrosesan yang beda-beda.


4. Velocity

Pertumbahan data di era digital ini telah mengubah cara kita melihat data, dengan demikian pentingnya untuk menemukan cara terbaik agar data yang dimiliki bermanfaat dan digunakan dengan maksimal. Velocity pada dasarnya mengukur seberapa cepat data yang masuk dan beberapa data yang didapatkan secara real-time karena prosesnya sendiri hanya dalam hitungan menit hingga detik sekalipun. Velocity atau kecepatan data yang tinggi berarti akan ada lebih banyak data yang tersedia di hari tertentu dibandingkan hari sebelumnya. Hal ini pada praktisi data seperti Data Scientist sangat membantu dalam pekerjaan karena dapat melakukan analisis langsung dan juga semakin cepat data yang didapatkan dan diproses akan semakin berharga data yang digunakan baik dalam jangka panjang maupun di masa depan.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


5. Kenali Manfaat pada Karakteristik Big Data Lainnya bersama DQLab Yuk!

Penggunaan Big Data sangatlah besar dampaknya bagi berbagai lini industri , tidak hanya dapat mendapatkan hasil analisis yang tepat melainkan juga membantu untuk memprediksi masa depan yang menjadi bentuk strategi organisasi atau pebisnis. DQLab bisa menjadi solusi untuk membantu kamu mempelajari penggunaan Big Data dan bisa mengaplikasikan pada real case industry dengan metode pembelajaran yang fleksibel!


Ingin memulai pembelajarannya? Yuk langsung daftarkan dengan signup di DQLab.id kemudian klik “Belajar Gratis” dan nikmati pembelajaran module GRATIS “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science R”. Selamat mencoba sahabat data DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!