JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 10 Jam 36 Menit 2 Detik

Intip Kekuatan Data Science dalam Membantu Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-05-2023-10-20-174202_x_Thumbnail800.jpg

Data science saat ini sangatlah populer akhir-akhir ini, karena sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan data science ini untuk mengolah data mereka yang jumlahnya sangat banyak.


Data science ini juga adalah salah satu bidang keilmuan yang membentuk analisis yang dapat memberikan wawasan dan nilai bisnis yang lebih optimal dan juga akurat pastinya. Data science juga bisa memberikan suatu informasi yang berharga bagi perusahaan dengan jumlah kumpulan data yang sangatlah banyak.


Profesi yang berkaitan dengan data, khususnya data science ini menjadi naik juga, seperti data scientist, data analyst, dan juga data engineer. Hal ini dikarenakan jumlah data yang diperoleh perusahaan juga sangat besar, terlebih lagi pada sektor bisnis yang sudah menggunakan data untuk mengembangkan dan juga membuat keputusan dari perusahaan dengan berdasarkan data yang sudah dikumpulkan oleh perusahaan tersebut.


Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana data science dapat membantu bisnis, jadi simak pembahasan dibawah ini ya!


1. Memberdayakan Manajemen untuk Membuat Keputusan

Dengan menggunakan data science yang tepat dan juga data scientist berpengalaman akan memiliki kemungkinan besar memiliki mitra strategis bagi manajemen atas perusahaan dengan memastikan bahwa para staf akan memaksimalkan kemampuan analitik mereka.


Seorang data scientist mampu mengkomunikasikan dan juga mendemonstrasikan nilai data divisi untuk memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang lebih baik di seluruh lini perusahaan dengan melalui pengukuran, pelacakan, dan juga pencatatan metrik dari kinerja dan juga informasi lainnya yang bisa didapatkan melalui data tersebut.


Data Science

Credit by Jojonomic


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Mengidentifikasi Peluang

Data science dapat digunakan oleh perusahaan untuk bisa melihat proses dan juga asumsi yang ada untuk tujuan mengembangkan metode tambahan dan juga algoritma analitik.


Data scientist juga dituntut untuk terus-menerus meningkatkan hasil nilai data yang mereka peroleh dari data perusahaan yang sudah dikumpulkan sebelumnya untuk menentukan peluang bisnis selanjutnya. 


Data Science

Credit by DoCheck


3. Menghemat Waktu 

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh perusahaan ketika menggunakan data science ini dalam bisnis mereka adalah dapat menghemat waktu mereka. Karena sekarang-sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan yang memperoleh data yang cukup besar dan dengan menggunakan data science ini pekerjaan dari perusahaan ini menjadi lebih ringan dan juga lebih efisien dalam segi waktu pengerjaannya.


Kinerja dari karyawan pun menjadi lebih meningkat karena keefektifan dari waktu yang digunakan. Hal inilah yang membuat perusahaan merasa diuntungkan karena bisa meningkatkan jumlah penjualan mereka. 

Data Science

Credit by Kompasiana.com


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Peningkatan Inovatif

Salah satu tujuan dari bisnis ini adalah untuk menjual produk maupun jasa. Data science ini bisa membantu para pebisnis untuk mengidentifikasi hal apa saja yang bisa mendorong dan juga memotivasi konsumen untuk bisa membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.


Dengan bantuan data scientist, para stakeholder bisa memahami hal apa saja yang bisa memicu tindakan dari para calon konsumen yang lebih baik dari pada yang diketahui oleh si konsumen itu sendiri. Hal inilah yang bisa membuat para pebisnis untuk bisa membuat inovasi pada produk-produknya dan juga strategi marketing apa saja yang bisa ditargetkan kepada para konsumen ini. 


Data Science

Credit by Orami


Sahabat DQ ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login