Intip Kisah Inspiratif Para Perempuan Pejuang Data di Hari “International Women’s Day”

Belajar Data Science 06-Maret-2020

Hadirnya hari wanita sedunia, semakin memberikan kesempatan kepada setiap wanita untuk mengasah potensi diri mereka, bahwa tidak ada batasan apapun untuk seorang wanita berkarir. Jangan khawatir, salah satunya adalah dengan berkecimpung di dunia data, lho!

Perlu diketahui adanya kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam profesi data memberikan dampak yang lebih powerfulI untuk menghasilkan suatu analisis data atau insight yang sangat baik untuk suatu perusahaan.

DQLab sebagai platform belajar online, berkolaborasi dengan beberapa praktisi data wanita pada perayaan hari wanita sedunia, diantaranya adalah Reny Meylani, Senior Data Scientist CT. Corp dan Yunita, Senior Data Engineer Tokopedia. Kira-kira mereka berbagi kisah inspiratif apa ya? Yuk simak artikel ini selengkapnya!

1.Apakah Dunia Data Passion Kamu?

Sebelum memulai karir di bidang apapun, pastikan hal yang kamu jalani membuat dirimu merasa senang. Apakah ranah data salah satunya? Perlu diketahui, data merupakan salah satu medium untuk seseorang menyalurkan minat dan bakat mereka. Berangkat dari data seseorang mampu memberikan banyak dampak baik, lho untuk orang sekitar maupun untuk suatu perusahaan.

“Sampai sekarang, sampe hampir 3 tahun aku berkarir di data aku ga pernah ngerasa menyesal di bidang ini, karena aku ngerasa setiap hari yang aku lakuin tuh kayak detektif. Jadi aku mencoba menyelesaikan satu masalah ke masalah lain tapi menggunakan data.” ujar Reny. 

Beda halnya dengan Yunita, ia mengaku sangat nyaman berada di ranah data karena bisa menghasilkan banyak insight menarik yang menyenangkan bagi dirinya. “Menurut saya itu really fun, kemudian itu impactnya besar sekali, dengan kita mampu memproses data sebesar itu, dengan cara yang tepat dan sesuai kita bisa impower the business, for me that’s the biggest pleasure.” Tutur Yunita.

Baca juga : Yuk, Ikuti 4 Cara Belajar Data Science Efektif untuk Siap Hadapi Industri Masa Kini

2. Naik Turunnya Perjuangan di Ranah Data 

Untuk meraih karir menjadi seorang praktisi data, tentunya membutuhkan semangat dan perjuangan untuk mencapainya. Jangan khawatir, jika semangat itu lahir dari hati, apapun perjuangannya pasti akan dikorbankan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang praktisi data yang kompeten. Salah satunya adalah dengan belajar dan terus belajar.

“After office, weekend gue belajar, makanya kalau lihat fresh graduate yang se-passionate itu gue selalu ngarahin mereka untuk emang ini masanya kalian.” Tutur Reny.

“Kebahagiaan gue untuk nge-solve business problem, kebahagiaan gue untuk bantu nyelesain permasalahan yang biasa ke orang dengan data itu bahagia banget dan itu berlaku untuk karir gue di Data Scientist.” Tambahnya. 

Baca juga : Ingin Memulai Karir Menjadi Praktisi Data? Yuk Kenalan dengan Ilmu Data Science

3. Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar

Banyak cara untuk memulai karir di ranah data. Langkah awal yang tepat adalah mengenal skillset apa yang dibutuhkan dan juga kemampuan soft skill yang menunjang kita untuk bisa berkarir menjadi praktisi data.

Poin utama untuk bisa bergabung di dunia data adalah, teruslah belajar. Semakin canggih teknologi, semakin pula praktisi data dituntut untuk memahami kemajuan teknologi yang ada.

“Kalau memang dia suka disitu, ya belajar ga ada kata-kata terlambat buat belajar, karena apapun siapapun, baik itu cewe atau cowo, jurusan apapun, itu tuh bisa selama dia punya niat untuk belajar.” Tutur Reny.

“Jangan nyerah diawal gitu, maksudnya proses buat kita ngedapetin sesuatu apa yang kita mau dan kita mulai itu susah gitu, jadi ya gada terlambat buat belajar.” Tambahnya.

Yunita pun memberikan tips bahwa kita harus berani untuk melakukan hal yang baru, hal yang mampu meningkatkan skillset kita di bidang data.“Sebenarnya ga ada batasannya kok cewe ataupun cowo kerjaannya bukan sesuatu yang  pake otot atau bagaimana selama kamu ingin belajar sesuatu yang baru, pasti akan ada jalan untuk itu. Ketika masih muda ya coba sebanyak-banyaknya.” Tutup Yunita.

Kamu juga ingin menjadi wanita yang memilih karir menjadi praktisi data seperti mereka? Bisa! Yuk, mulai persiapkan diri kamu untuk mulai berkarir di bidang data dengan belajar ilmu data science secara aktif dan aplikatif bersama DQLab.id sekarang!



Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!