3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 2 Jam 10 Menit 59 Detik

Intip Manfaat Data Science dalam Bidang Jurnalistik

Belajar Data Science di Rumah 12-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-05-2024-01-11-132145_x_Thumbnail800.jpg

Era digitalisasi informasi dan teknologi membuat para gen Z semakin dimudahkan akan banyak hal. Salah satunya keberlimpahan informasi yang bisa kita akses setiap hari hanya dengan usapan jjari saja. Kebayang nggak kalau keberadaan di masa sekarang ini hadir berkat adanya peranan data science di dalamnya terutama di ranah jurnalistik.


Dengan peran data science di ranah jurnalistik, informasi yang disajikan menjadi lebih akurat dan relevan. Para jurnalis dapat menganalisis data besar dengan cepat, mengidentifikasi tren, dan menyajikan cerita-cerita yang lebih mendalam. Selain itu, era digital ini juga memberikan peluang bagi gen Z untuk menjadi kontributor informasi melalui berbagai platform online.


Kecepatan dalam menyebarkan informasi juga menjadi salah satu dampak positif dari era digital ini. Breaking news dapat disampaikan secara langsung melalui berbagai media sosial, memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara real-time. Namun, hal ini juga menuntut kecermatan dalam memverifikasi informasi guna menghindari penyebaran berita palsu atau hoaks.


Lalu, apa saja sih manfaat penggunaan data science khususnya di ranah jurnalistik sehingga dapat mendekatkan kita ke informasi yang akurat bukan informasi yang kurang berimbang. Kita simak yuk sahabat DQLab!


1. Investigasi secara Mendalam

Dengan kemampuan untuk menyelidiki dan menganalisis data besar-besaran, data science memungkinkan jurnalis untuk merinci investigasi mereka ke tingkat yang lebih dalam. Ini dapat mencakup pelacakan alur dana, analisis jejak digital, atau penggalian informasi tersembunyi yang mungkin sulit diakses dengan metode konvensional. Hasilnya adalah laporan yang lebih komprehensif dan berdampak.

Data Science

Sumber Gambar: Forbes


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Pemberdayaan Citizen Journalism

Era digital memberikan peluang bagi masyarakat untuk turut serta secara aktif dalam pembentukan berita. Dengan keahlian data science yang sesuai, setiap individu dapat berperan sebagai penyumbang berita melalui penyajian analisis data pribadi mereka. Hal ini menciptakan dinamika informasi yang lebih inklusif dan mendemokratisasi proses jurnalistik.

Data Science

Sumber Gambar: Maryville University


Dengan adopsi data science dalam lingkup jurnalistik, terbukalah sebuah horison baru di mana baik jurnalis maupun pembaca dapat menikmati manfaatnya, mulai dari ketepatan informasi hingga pengalaman membaca yang lebih beragam. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa setiap kekuatan membawa tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, masyarakat perlu terus mengembangkan literasi data guna mampu memahami dan mengevaluasi informasi dengan bijak di tengah era konektivitas yang semakin berkembang ini.


3. Visualisasi Data yang Menarik

Pemanfaatan data science memungkinkan pembuatan visualisasi data yang menarik dan mudah dipahami. Grafik, diagram, dan peta interaktif dapat membantu menjelaskan kompleksitas informasi dengan cara yang lebih mudah dicerna oleh pembaca. Ini memberikan dimensi baru pada narasi jurnalistik, membuatnya lebih menarik dan informatif.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Personalisasi Informasi

Algoritma personalisasi yang didasarkan pada data science memungkinkan media menyajikan informasi yang lebih sesuai dengan preferensi dan minat individu pembaca. Ini bukan hanya menciptakan pengalaman membaca yang lebih menarik, tetapi juga dapat membantu meningkatkan retensi informasi dan keterlibatan pembaca.


Setelah kamu menyimak keempat manfaat data science dalam ranah jurnalistik, kini kamu jadi lebih tahu kan betapa meluasnya bidang ilmu ini sehingga bisa menyaring mana berita yang palsu dan keberimbangan informasinya tetap terjaga. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data scientist agar bisa berkarir di industri 4.0. Buruan gabung bersama DQLab dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :