PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 17 Menit 16 Detik 

Intip, Rumus Lengkap Excel untuk Pemula Hingga Advanced

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/973e94630541d34a145ee4c14bbbeba7_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel sangat erat dengan berbagai sektor mulai dari pendidikan hingga pekerjaan. Mulai dari berbagai kepentingan seperti pengolahan data , cleaning data, wrangling data hingga visualisasi data berupa grafik dapat dilakukan dengan satu tools. Untuk itu, excel menyediakan rumus dan formula yang lengkap sehingga dapat membantu untuk efisiensi dan efektivitas bekerja kita. Dari banyaknya rumus yang disediakan excel, masing-masing rumus tersebut memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Seperti rumus IF yang digunakan untuk mengambil keputusan diantara dua kondisi atau lebih.


Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Rasanya tak heran jika, microsoft excel bisa kamu masukan ke daftar urutan pertama untuk belajar menguasai skill data scientist dan kamu bisa memulainya dari cara buat tabel di excel. Rumus serta formula yang sangat bermanfaat untuk melakukan analisis data dan berbagai kegiatan meliputi data entry, data management, accounting, serta yang lainnya. Tapi, sebelum kamu terjun ke dalam materi-materi yang lebih advanced, tentunya akan lebih baik jika kamu memulai dari rumus excel dasar terlebih dahulu. Yuk, simak artikel kali ini yang wajib kamu baca hingga tuntas!


1. Rumus SUM

Sum merupakan rumus untuk menjumlahkan barisan angka yang ada di dalam sel-sel tertentu. Sum biasanya digunakan untuk penjumlahan data dan menambahkan semua angka yang kamu tentukan sebagai argumen. Yang artinya, sum juga bisa digunakan untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat di range sel tertentu. Adapun sintaks dasar Sum adalah 


=SUM(sel1;sel2;...)


Dimana sum adalah nama fungsi penjumlahan di excel, dan sel1, sel2 merupakan argumen angka pertama yang ingin kita jumlahkan dengan angka kedua. Adapun rumus sum yang bisa kita coba berupa range data sebagai berikut:


=SUM(sel1:sel10)


Dimana sel1:sel10 artinya penjumlahan akan dilakukan pada sel 1 hingga sel 10. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar dibawah ini:



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus COUNT

Sesuai namanya count yaitu menghitung, rumus count ini biasa digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dalam daftar argumen. Gunakan fungsi ini untuk mendapatkan jumlah entri dibidang angka yang ada dalam range atau larik angka. Sintaksnya sebagai berikut:


= COUNT(sel1:sel11)


Dimana count adalah nama fungsi untuk menghitung jumlah sel di excel, dan sel:sel11 merupakan range sel yang akan kita hitung jumlah selnya. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan gambar dibawah ini:



3. INDEX MATCH

Index Match sebagai alternatif dari fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP yang tidak bisa mengambil data dari sisi kiri atau atas. Sementara dalam dunia kerja suatu data itu bersifat fleksibel, yang artinya kita bisa mengambil atau mencari data dari sel dan baris manapun yang kita butuhkan. Index Match inilah solusinya, yaitu suatu kesatuan rumus untuk mencari dan mengindex data secara dinamis. Index Match adalah kombinasi kuat dari formula excel yang akan mengambil analisis keuangan dan pemodelan keuangan kamu tingkat berikutnya. 


4. OFFSET dengan SUM atau AVERAGE

Fungsi offset sendiri adalah salah satu fungsi referensi pada microsoft excel untuk menggeser sebuah referensi dari sebuah titik acuan. Pergeseran ini bisa ke kanan atau ke kiri dan juga bisa ke atas atau ke bawah sesuai informasi pergeseran baris dan kolom yang ditetapkan. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah:


Fungsi offset tersebut menggeser posisi a29 sebanyak 4 baris ke bawah dan 2 kolom ke kanan sehingga hasilnya adalah 40.


5. Rumus Choose

Fungsi Choose termasuk dalam kategori lookup and reference. Fungsi choose digunakan untuk memilih salah satu nilai dari sekumpulan argument nilai yang diberikan berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu. Fungsi Choose hampir mirip dengan fungsi INDEX pada excel. yakni sama-sama menghasilkan nilai berdasarkan informasi index number tertentu. Hanya saja, index number pada fungsi index merupakan informasi nomor kolom dan atau baris, sedangkan pada fungsi choose index number merupakan nomor urut dari list argument nilai atau range yang diberikan.


6. Rumus Lower dan Upper

Ketika berhasil menarik data dan memiliki dataset seorang praktisi data wajib memastikan data tersebut siap untuk diolah karena kemungkinan data yang didapat bisa saja terdiri dari data campuran antara data structured dan data unstructured. Oleh karena itu, biasanya sebelum mengolah data tersebut kita perlu melakukan data cleaning terutama jika kita ingin mengolah data text. Langkah pertama yang biasanya sering dilakukan adalah dengan menyamakan semua jenis karakter huruf tersebut menjadi upper atau lower case. Excel telah menyediakan fitur case function yang dapat kita gunakan untuk menyamakan jenis huruf ke dalam upper atau lower case tanpa harus coding seperti di python atau R. Caranya mudah, kita hanya perlu menuliskan formula di bawah ini:

=lower(A2) -> dalam hal ini kita akan membuat semua text yang ada di kolom A2 menjadi huruf kecil semua.

=upper(A2) -> dalam hal ini kita akan membuat semua text yang ada di kolom A2 menjadi huruf besar semua

=proper(A2)->  dalam hal ini kita akan membuat semua text yang ada di kolom A2 menjadi huruf campuran.

Biasanya dalam proses cleaning lebih sering menggunakan lowercase dibandingkan upper dan proper case


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


7. Yuk, Belajar Excel Pemula Hingga Mahir dengan Modul DQLab!

Kamu tidak memiliki background pendidikan STEM? Tapi, ingin berkarir sebagai praktisi data. Sudah mencoba belajar otodidak, tapi malah overdosis informasi? Ingin mengikuti kursus tapi tidak punya waktu untuk pergi ke tempat kursus. Gabung dengan DQLab adalah solusi. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annisa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :