FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 24 Menit 51 Detik 

Intip Skill Data Analyst yang Wajib Dimiliki untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/12cf98fb076f06c08d9a5e569d4d0236_x_Thumbnail800.png

Teknologi dan infrastruktur internet, kini sudah semakin lekat dengan kegiatan manusia. Realitanya hal tersebut sangatlah membantu dalam membuka peluang untuk berinovasi. Hal ini menjadi sebuah daya tarik bagi perusahaan atau pebisnis sekalipun untuk membantu memecahkan permasalahan yang dimilikinya. Salah satu manfaat yang paling substansial dari teknologi adalah kemampuannya dalam mengumpulkan jumlah data yang volumenya besar, dengan demikian dibutuhkan seorang praktisi data yang terampil dan ahli dalam melakukan analisis hingga mendapatkan sebuah wawasan data yang bermanfaat. Adanya keterampilan atau skill untuk melakukan analisis data baik hard skill maupun soft skill. Pada artikel DQLab kali ini, akan membahas skill Data Analyst yang harus kamu kuasai dan miliki terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini. Penasaran apa saya pembahasannya? Yuk langsung saja simak artikel berikut!


1. Problem Solving dan Critical Thinking

Dalam menganalisis data dan mencari tahu jawaban atas pertanyaan menggunakan data akan menjadi sebuah tantangan menarik bagi seorang Data Analyst. Sahabat data DQLab membutuhkan soft skill problem solving dan critical thinking untuk mengungkap pada jawaban atas pertanyaan atau masalah yang dimiliki dengan mengetahui pertanyaan seperti apa yang harus ditanyakan terlebih dahulu. Hal ini sangatlah membantu dalam mempertimbangkan berbagai kemungkinan skenario bagi setiap perusahaan atau instansi yang bergerak diberbagai sektor industri. Critical thinking juga dapat membantu meningkatkan kinerja secara efisien dan berperan penting dalam kegiatan analitik data. Pada kegiatan analitik data akan menemukan koneksi dalam data dan dapat menarik kesimpulan tanpa berpikir kritis maka hasil yang didapatkan kemungkinan akan tidak efektif. Untuk meningkatkan soft skill ini, sahabat data bisa dengan bekerja bersama tim untuk menganalisis data yang lebih kompleks.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Statistik

Keterampilan ini sangatlah penting bagi Data Analyst, setidaknya memiliki pengetahuan dasar pada statistik seperti mengetahui Kalkulus dan Probabilitas. Pada proses analisis data akan mendapatkan atau menemukan pola yang tersembunyi dengan pengetahuan statistik, maka tidak hanya akan membuat pertanyaan data melainkan juga memahami secara spesifik pada data yang digunakan. Data analyst dalam memberikan hasil data, akan melakukan pengujian dan beberapa analisis lainnya agar hasil bermanfaat dan logis yang memungkinkan Data Analyst akan menggunakan beberapa teknik statistik yaitu pengujian A/B, pemodelan prediktif, multivariat, dan lainnya


3. Komunikasi dan Visualisasi Data

Setelah melakukan analisis dan mendapatkan hasilnya, tentu Data Analyst dengan segera memberikan informasi pada hasil tersebut. Untuk memahami data dengan jelas, Data Analyst perlu mengkomunikasikan secara verbal dan non verbal hal ini akan membantu mengambil keputusan dan menyampaikan data yang mudah diakses bagi orang awam sekalipun. Pada komunikasi non verbal, Data Analyst akan menggunakan beberapa tools seperti Tableau, Excel, Power BI, Plotly, dan lainnya sebagai alat bantu secara visual pada data dengan menggunakan seperti grafik, diagram, dan lainnya. Kemampuan berbicara dan berinteraksi dengan stakeholders atau pemangku kepentingan menjadi lebih penting karena data digunakan sebagai pengambilan keputusan bagi perusahaan atau instansi.


4. Skill secara Teknis

Pekerjaan Data Analyst kini tidak hanya memerlukan fundamental pengetahuan yang kuat saja namun terampil dalam menggunakan beberapa tools secara teknis, adapun beberapa kemampuan secara teknis.


  • Bahasa Pemrograman

    Mengetahui pemrograman yang kuat akan berguna dan seringkali diperlukan dalam menganalisis, mengingat data sangatlah besar jumlahnya maka dengan bahasa pemrograman akan membantu memecahkan masalah yang lebih kuat. Adapun bahasa pemrograman yang dapat dikuasai seperti Python atau R. Kedua bahasa pemrograman menjadi pemrograman yang populer di kalangan praktisi data terutama Data ANalyst. Keterampilan pemrograman di masa depan sangatlah dibutuhkan karena membantu perusahaan menghadapi tantangan yang semakin canggih dari jumlah data yang semakin besar.


  • SQL

    SQL merupakan sistem manajemen basis data yang dimana bekerja untuk mengumpulkan data dan informasi. SQL sudah digunakan sebagian besar perusahaan yang ternama karena kegunaannya sendiri membantu untuk mengakses, analisis, mengontrol, menganalisis dan menyelidiki dari kumpulan data yang dimiliki.


  • Microsoft Excel

    Excel menjadi salah satu software aplikasi yang sudah lama digunakan oleh praktisi karena penggunaannya yang sederhana dan cocok bagi pemula sekalipun dapat membantu mengolah serta menganalisis pada data dengan baik. Meskipun dalam teknisnya bahasa pemrograman seperti R atau Python lebih cocok, Excel digunakan dalam tingkat yang lebih makro dan masih umum dalam penanganannya. Excel sudah banyak diaplikasikan di berbagai lini bisnis atau perusahaan besar sekalipun.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Ingin Tingkatkan Skill Data Analystmu? Mulailah Bergabung bersama DQLab!

Dengan meningkatkan skillnya, tentu akan sangat bermanfaat untuk dimasa depan terutama bagi kamu yang siap menghadapi revolusi industri 4.0! Jika kamu mencari cara atau panduan yang terstruktur, DQLab solusinya! Di DQLab, tidak hanya module terstruktur tapi kamu juga bisa mendapatkan project yang bisa kamu aplikasn ilmu-ilmunya sesuai dengan real case industry! Tunggu apalagi? Yuk, langsung daftarkan diri kalian sekarang di DQLab.id dan nikmati kesempatan belajar GRATIS dengan pilihan module œIntroduction to Data Science with R atau Introduction to Data SCience with Python. Selangkah lebih maju meningkatkan skill Data Analyst kamu untuk bersiap menghadapi revolusi industri 4.0.


Selamat mencoba sahabat Data DQLab!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :