PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 30 Menit 53 Detik 

Intip Spoiler Job Description Data Scientist, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/675cbfbd88d91956761d44957dfe3e5c_x_Thumbnail800.jpg

Pengertian data scientist secara umum adalah seorang praktisi yang mengumpulkan, mengolah, menganalisis data sampai data tersebut pada akhirnya bisa diambil sebuah kesimpulan untuk mengambil sebuah keputusan di dalam suatu perusahaan. Data-data ini terdiri dari data terstruktur dan juga tidak terstruktur. Ditambah lagi banyak perusahaan sudah memiliki data yang jumlahnya cukup besar, maka dari itu perusahaan-perusahaan ini membutuhkan banyak sekali praktisi data khususnya data scientist.


Banyak orang sudah melirik peluang bekerja pada bidang ini. Tetapi kebanyakan dari mereka masih bingung akan tugas-tugas apa saja yang dilakukan oleh seorang data scientist. Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tugas-tugas dari seorang data scientist. Simak terus ya!


1. Melakukan Riset

Tugas yang pertama yang harus kalian lakukan jika kalian sudah masuk menjadi seorang data scientist adalah melakukan sebuah riset. Hal ini diperlukan karena pekerjaan ini melibatkan banyak sekali data di dalamnya. Jadi kalian haruslah mampu dalam mengidentifikasikan sebuah data sebelum masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tahap analisis.


Selain hal itu, riset ini juga memiliki fungsi lain yaitu untuk memastikan apakah data yang diambil kredibel ataukah tidak. Tahap riset juga sangat berguna untuk dapat mengetahui peluang dari suatu perusahaan untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang perusahaan hadapi. Riset akan sangat mendukung dalam pengambilan sebuah keputusan yang tepat.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis dan juga Mengolah Data

Tugas kedua yaitu kalian harus bisa menganalisis dan juga mengolah sebuah data mentah menjadi data yang utuh atau data jadi. Biasanya data scientist memakai Query SQL untuk bisa menarik sebuah data dan juga mengolahnya menggunakan bahasa pemrograman. 


Selain hal itu, kalian harus mampu juga dalam menafsirkan hasil informasi dengan sangat jelas dan tentunya tepat. Karena tugas ini harus melakukannya dengan menggunakan cara membuat sebuah pemetaan, prototype, dan juga visualisasi berdasarkan hasil analisis melalui sebuah software khusus. Visualisasi dilakukan karena dapat memudahkan kalian, karena data ini akan lebih mudah dipahami oleh orang umum ataupun perusahaan.


3. Memberikan 

Tugas selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah seorang data scientist harus mampu memberikan sebuah solusi. Karena untuk menjadi seorang data scientist haruslah mampu memberikan sebuah saran ataupun solusi berdasarkan hasil yang telah mereka temukan. 


Karena data tersebut akan mendukung solusi tersebut menjadi sebuah data yang lebih valid lagi dari sebelumnya dan juga lebih kredibel dibandingkan data mentah yang sebelumnya belum diolah. Solusi ini sangat berguna untuk perusahaan ketika perusahaan ingin melakukan pengembangan sebuah produk.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Memiliki Tanggung Jawab Terhadap Data Perusahaan

Tugas selanjutnya adalah kalian bertanggung jawab terhadap data yang ada pada perusahaan seperti kualitas data yang ada pada perusahaan tersebut. Jadi kalian benar-benar memiliki tanggung jawab penuh terhadap kualitas data tersebut. Nah ketika perusahaan sedang pada trafik data yang tinggi pastinya perusahaan memerlukan seorang data scientist.


Karena data scientist mampu menyiapkan infrastruktur data perusahaan dengan baik. Banyak perusahaan pastinya mencari seorang data scientist untuk melakukan tanggung jawab dalam hal kualitas data perusahaan. Jadi infrastruktur data yang diinginkan tentu dengan struktur data yang baik, kemudahan ini bisa dalam mudah mengaksesnya dan juga melakukan analisis datanya.


Data Scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :