PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 13 Menit 31 Detik 

Intip Tips Jitu Menjadi Data Analyst Profesional

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2af8b71753e9a1938df2c1b886f81c73_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang data analyst profesional merupakan salah satu cita-cita sebagian besar orang. Bagaimana tidak, saat ini data analyst memang nyata sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar. Oleh karena itu pentingnya bagi kita mengetahui skill data analyst apa saja yang diperlukan agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang semestinya. Skill data analyst ini dapat berupa soft skill maupun hard skill.


Skill atau kemampuan yang perlu dimiliki oleh data analyst antara lain memiliki kemampuan matematika dan statistika yang baik, bisa menggunakan bahasa pemrograman, dapat menguasai tools-tools data analyst, menguasai data mining & algoritma machine learning, serta dapat melakukan visualisasi data. Selain itu, seorang data analyst pun perlu menguasai dan menerapkan beberapa soft skill seperti komunikasi yang baik dan dapat bekerja sama dengan tim. Nah, setelah mengetahui skill data analyst, selanjutnya kita  dapat menyimak tips apa saja yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang data analyst profesional. 


1. Menguasai Skill

Seseorang yang bekerja dengan profesi apapun itu perlu memiliki skill atau kemampuan untuk menunjang pekerjaan mereka. Dengan memiliki skill yang benar-benar berkompeten, data analyst akan sangat terbantu dalam menganalisis data secara umum. Beberapa skill yang perlu dimiliki oleh data analyst antara lain penguasaan bahasa pemrograman, machine learning, visualisasi data, data warehousing, dll. Adapun soft skill nya antara lain komunikasi yang baik, kerjasama tim, berpikir kritis, bersifat teliti, dll.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Memiliki Kemampuan Analisis dan Menilai Bisnis

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya tugas umum dari data analyst adalah menganalisis data. Dalam menganalisis data seorang data analyst perlu memiliki kemampuan analisa yang baik seperti dapat memecahkan masalah dengan cepat, berpikir logis dan kritis dalam menghadapi masalah, serta memiliki ketajaman bisnis. Pengetahuan terkait ilmu bisnis yang luas ini menjadi salah satu nilai plus agar menjadi data data analyst profesional.

data analyst


3. Sering Berlatih

Sebagian besar dari kita tentunya pernah mendengar analogi yang menggambarkan bahwa pisau akan semakin tajam bila sering diasah. Begitu pula kemampuan kita dalam mengerjakan sesuatu. Untuk menjadi data analyst yang profesional, kita perlu sering berlatih menggunakan data real dan menghadapi bermacam-macam permasalahan yang ada. Dengan seringnya berlatih menganalisis data, seiring berjalannya waktu kita akan semakin terbiasa dan memiliki tambahan pengalaman ketika dihadapkan dengan data yang lebih real.

data analyst


4. Mengikuti Kursus 

Data analyst ini profesi yang tidak hanya diminati oleh orang yang memiliki latar belakang IT saja, latar belakang pendidikan non IT pun ikut tertarik dengan profesi ini. Perlu diketahui bahwa kendala yang sering dihadapi oleh pemula adalah tidak mengerti data science dari awal. Salah satu solusi dari hal ini adalah dengan mengikuti kursus data science yang saat ini sudah banyak pihak atau lembaga yang menyediakan baik secara online maupun offline. 

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Menjadi seorang data analyst saat ini menjadi pilihan bagi sebagian orang, terutama oleh kaum milenial. Bahkan, ada orang yang belum mengerti dasar-dasar apa saja yang perlu dipelajari namun memiliki minat yang besar terhadap profesi data analyst.


Nah, bagi kalian yang masih bingung mau belajar data science dari mana, cukup sign up di DQLab. DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :