PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 20 Menit 57 Detik 

Intip Tips Menjadi Data Analyst Tanpa Pendidikan Formal Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 08-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b67886fa1eed46ffa50964effa9987fc_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang data analyst menjadi impian banyak orang dengan berbagai latar belakang pendidikan. Hal ini karena peluang karir yang besar dan sangat luas. Data analyst dibutuhkan hampir di semua bidang industri. Fokus utama profesi ini adalah mengubah berbagai jenis data seperti data konsumen, produk, performance, biaya penjualan, dan sebagainya menjadi insight yang berharga yang bisa menjadi dasar pengambilan keputusan yang strategis. Data analyst bisa membantu rencana strategis bisnis untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan pasar sehingga kegiatan dalam bisnis lebih optimal dan efisien.


Di era modern, belajar tidak hanya dilakukan di melalui pendidikan formal. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan, bahkan dengan bantuan internet kita bisa belajar apapun tanpa harus berpindah tempat. Saat ini, untuk menjadi seorang data analyst kita tidak harus mengenyam bangku pendidikan formal. Sekolah formal sangat baik, tapi tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkannya. Untungnya, untuk menjadi data analyst kita bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan ilmu yang sama dengan pendidikan formal.


Apa saja kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri untuk bisa menjadi data analyst? Yuk simak tips dari DQLab berikut ini!


1. Belajar Mandiri

Internet merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa diakses oleh semua orang. Di dalam internet kita bisa memperoleh ilmu apapun, termasuk ilmu dan pelajaran yang dibutuhkan oleh data analyst. Untuk menjadi data analyst, kita harus memiliki skills khusus seperti metode statistik, penggunaan R dan Python, visualisasi data, manajemen basis data seperti SQL, dan intuisi bisnis yang tajam. Skills tersebut dapat dipelajari dari berbagai sumber seperti youtube, blog, website, e-book, dan sebagainya.

Bahkan, kita juga bisa mengikuti kursus online untuk meningkatkan skills tersebut. Namun demikian, salah satu ujian berat dari belajar mandiri adalah rasa malas. Oleh karena itu, kita harus memiliki motivasi dan disiplin yang tinggi agar bisa menguasai semua skills yang diperlukan.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Mengerjakan Project

Ketika kita sudah mulai menguasai skills pada poin satu, maka saatnya kita mengaplikasikan skills tersebut untuk mengerjakan suatu project. Dari mana sumber datanya? Well, ada banyak sumber data open source yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan project. Kita juga bisa mengerjakan berbagai project yang sudah disediakan pada kursus online. Jika kamu kebingungan project apa yang akan kamu kerjakan, kamu bisa mencoba berbagai project dari DQLab yang menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri.

Selain itu, project tersebut juga menggunakan berbagai tools sehingga kita bisa belajar banyak tools data analyst.

data analyst


3. Buat Portofolio

Setelah berhasil menyelesaikan project, jangan lupa untuk menulis publikasinya sebagai portofolio. Portofolio ini akan menggambarkan kemampuan kita terutama saat melamar pekerjaan data analyst. Recruiter akan menilai kemampuan kita dengan membaca portofolio yang telah kita kerjakan. Salah satu platform yang bisa kita manfaatkan untuk menulis hasil project kita adalah GitHub. 

data analyst


4. Mengikuti Internship dan Beasiswa

Agar kemampuan menganalisis data real kita berkembang, kita bisa mengikuti internship dan beasiswa yang banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Dengan mengikuti internship dan beasiswa kita akan lebih banyak belajar problem solving dari suatu perusahaan sehingga intuisi data kita semakin meningkat.

Selain itu, masalah yang bervariasi di suatu perusahaan akan mendorong kita untuk lebih kreatif mengeksplor data untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Baru-baru ini, DQLab sedang menyelenggarakan beasiswa plus internship di perusahaan ternama di Indonesia. Kamu bisa cek sosial media DQLab secara berkala untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai program DQLab.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk Tambah Bekal untuk Menjadi Data Analyst

Keempat poin di atas bisa kita lakukan di satu platform loh. Yuk bergabung dengan DQLab dan tingkatkan skills untuk terjun ke dunia data! Klik button di bawah ini untuk signup dan nikmati berbagai modul plus program belajar menarik lainnya. Kamu juga bisa mengakses modul gratis "Introduce to Data Science" sebagai langkah awal mengenal berbagai tools data analyst. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :