PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 33 Menit 51 Detik

Investasi Sukses Kuasai Sistem Oprasi SQL Lanjutan!

Belajar Data Science di Rumah 24-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-06-2024-06-25-213938_x_Thumbnail800.jpg

SQL menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler yang biasa digunakan khusus untuk relational database. SQL memiliki beragam keunggulan untuk manajemen database berbagai perusahaan berskala besar di dunia. Oleh karena itu, seiring perkembangan era digital yang cepat, sistem oprasi SQL juga terus berkembang sesuai dengan kebutuhan.


Salah satunya PostgreSQL, yang merupakan sistem oprasi SQL yang paling populer dan terkuat di dunia. Dirancang dengan fokus pada kinerja, keamanan, dan skalabilitas, PostgreSQL menjadi pilihan ideal bagi pengguna yang membutuhkan solusi database yang handal dan fleksibel. PostgreSQL juga menawarkan berbagai fitur canggih yang membuatnya ideal untuk pengguna SQL lanjutan yang sudah mahir.


Nah, ingin tahu cara menguasai sistem oprasi PostgreSQL? Yuk, simak penjelasan berikut ini!


1. Apa itu sistem oprasi PostgreSQL?

PostgreSQL merupakan sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang bersifat open source. Dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department, PostgreSQL telah menjadi database yang andal dalam 30 tahun terakhir ini. Sistem manajemen database ini memiliki performa stabil, keamanan tinggi, serta fitur beragam, dan banyak digunakan pada web app, mobile, dan aplikasi analytics seperti Facebook, Amazon, dan NASA.

SQL

Sumber: holistics.io


Oleh karena itu, kebanyakan aplikasi yang membutuhkan pengolahan data yang bersifat kompleks akan lebih cocok menggunakan sistem operasi ini. Selain itu, PostgreSQL juga mendukung berbagai bahasa pemrograman populer, seperti Python, Java, C/C++, Perl, Ruby, dan Tcl. Sebagai database management system, fungsi PostgreSQL tentu saja sebagai lokasi penyimpanan data melalui query bahasa SQL. 


2. Fitur-fitur Canggih PostgreSQL yang Tidak Tersedia di Sistem Operasi SQL Lain

Mendukung fungsi utamanya tersebut, query SQL pada PostgreSQL juga menambahkan fungsi lain yang canggih dan tidak tersedia di SQL lain, seperti:

  • Dukungan ACID penuh dimana PostgreSQL menjamin konsistensi data dengan menerapkan prinsip ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability).

  • Mendukung berbagai jenis tipe data termasuk JSON, BSON, dan geospatial.

  • Pencadangan dan pemulihan data yang kuat, karena PostgreSQL menyediakan berbagai opsi untuk mencadangkan dan memulihkan data, termasuk point-in-time recovery, tanpa harus menghentikan aplikasi yang sedang berjalan.

  • Materialized Views yang dapat memberikan performa yang lebih cepat untuk kueri yang kompleks, sehingga PostgreSQL bisa dioptimalkan untuk kinerja yang tinggi, dan menangani beban kerja yang besar.

  • PostgreSQL memiliki skalabilitas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan aplikasi data yang terus berkembang.

  • PostgreSQL memungkinkan untuk mereplikasi data dari satu database ke database lain secara real-time.

  • Inheritance, memungkinkan untuk membuat hierarki tabel dan memodelkan data kompleks yang mewarisi struktur dan data dari tabel lain.

  • Fungsi Pemicu (Trigger) memungkinkan untuk menjalankan kode SQL secara otomatis ketika peristiwa tertentu terjadi, seperti memasukkan data baru atau memperbarui data yang ada.

  • Fungsi jendela (Window Function) yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan kompleks pada data dalam satu set hasil tanpa harus menggunakan subquery.

SQL

Sumber: quest.com


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


3. Jenis-jenis Karier yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Keahlian PostgreSQL

Menguasai sistem oprasi SQL lanjutan seperti PostgreSQL tentunya dapat memberikan manfaat jangka panjang dan luas untuk karier yang lebih baik di masa mendatang. Terlebih dengan perkembangan di era digital yang serba cepat ini, berbagai bidang pekerjaan membutuhkan keahlian yang cukup untuk mengolah hingga menganalisis data.


Berikut beberapa jenis karier yang bisa kamu dapatkan dengan menguasai keahlian PostgreSQL:

  • Arsitek Database: Merancang dan membangun database PostgreSQL yang kompleks.

  • Administrator Database PostgreSQL: Menginstal, mengkonfigurasi, dan memelihara database PostgreSQL.

  • Pengembang Aplikasi PostgreSQL: Membangun aplikasi web dan mobile yang menggunakan database PostgreSQL.

  • Analis Data: Mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dari database PostgreSQL.

  • Ilmuwan Data: Mengembangkan model dan algoritma untuk mengekstrak insights dari data PostgreSQL.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Tips dan Trik untuk Mempelajari PostgreSQL

Setelah memahami serba-serbi terkait PostgreSQL, kamu bisa menerapkan tips dan trik untuk mempelajari PostgreSQL sebagai investasi sukses berkarier di masa mendatang:

  1. Mulai belajar dari nol dengan mempelajari konsep dasar PostgreSQL, seperti struktur database, query, dan fungsi.

  2. Berlatih secara konsisten, karena semakin banyak kamu berlatih, semakin baik Anda dalam menggunakan PostgreSQL.

  3. Gunakan sumber belajar online yang bisa kamu akses secara gratis untuk membantu mempelajari PostgreSQL, seperti tutorial, video, dan latihan.

  4. Ikuti kursus online atau offline, karena dengan kursus dapat membantu kamu mempelajari PostgreSQL dengan lebih terstruktur dan mendapatkan panduan dari mentor profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. 

  5. Bergabung dengan komunitas online PostgreSQL untuk mendapatkan tips, trik, dan dukungan dari sesama pelajar dan profesional.


Oleh karenanya, menguasai PostgreSQL adalah investasi yang berharga untuk kariermu sebagai pengguna SQL yang ingin meningkatkan keahlian dan membuat aplikasi dan database yang kompleks. Dengan keahlian PostgreSQL, kamu dapat membuka banyak jalan dan peluang karir dengan prospek gaji yang menjanjikan di berbagai industri.


Mau belajar tapi bingung harus mulai dari mana? Tenang! Kamu juga nggak perlu bingung lagi jika ingin belajar dari mana tentang SQL, ada DQLab yang menyediakan berbagai modul berkualitas yang cocok bagi para pemula yang ingin belajar belajar data. Dengan platform pembelajaran online yang menyediakan fitur Live Code Editor dan Ask AI Chatbot kamu bisa untuk belajar secara mandiri dengan waktu yang fleksibel tanpa harus takut error. 


Selain itu, ada juga Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dengan bimbingan langsung dari para mentor profesional menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang terbukti efektif mencetak ratusan talenta unggulan yang sukses berkarier di bidang data. Tentunya kamu juga akan dilatih dengan real study case untuk menambah portofolio datamu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, buruan sign up di DQLab untuk informasi selengkapnya!


Penulis: Lisya Zuliasyari





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login