PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 44 Menit 59 Detik 

Jadi Data Analyst Handal dengan Kuasai 5 Skill Ini

Belajar Data Science di Rumah 18-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/631060e183e6d02db76ac693fc23de65_x_Thumbnail800.jpg

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini khususnya pada saat dimulainya masa pandemi kita semakin diperkenalkan dengan beberapa profesi yang pada awalnya belum terlihat, terutama yang berkaitan dengan bekerja secara online, salah satunya adalah data analyst


Salah satu profesi dalam bidang data ini cukup mencuri perhatian para data enthusiast. Dengan demikian bukan hal yang mengherankan jika orang-orang mencari tahu apa saja kemampuan yang harus dimiliki data analyst.


Hampir sama dengan sebagian besar profesi lainnya, menjadi seorang data analyst tentunya mempunyai standar kompetensi sebagai ketentuan dan pedoman dalam menganalisis data. 


Dengan menguasai kemampuan-kemampuan yang diperlukan, data analyst akan dapat dengan mudah dalam menganalisis data sampai mempresentasikannya kepada klien. Kira-kira apa saja ya kemampuan yang harus dimiliki oleh data analyst? Yuk, mari kita simak bersama-sama!


1. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau sering juga disebut dengan bahasa komputer merupakan kumpulan sintaks yang digunakan untuk mendefinisikan program dalam komputer dan mengerjakan perintah tertentu. Menguasai bahasa pemrograman merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh data analyst. 


Hal ini berkaitan dengan banyaknya data yang dianalisis yang sangat kecil kemungkinannya jika harus dikerjakan secara manual. Dengan adanya bahasa pemrograman, data analyst akan lebih mudah, lebih cepat dan lebih efisien dalam menganalisis data.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Menguasai Ilmu Dasar 

Seorang data analyst secara garis besar bertanggung jawab dalam menganalisis data perusahaan bahkan sampai memvisualisasikan hasil analisis data. Dalam proses menganalisis, seorang data analyst harus menguasai ilmu dasar analisis, seperti mengenal jenis data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, fungsi, library dan package dalam bahasa pemrograman, dan lainnya. Selain itu, data analyst juga menggunakan algoritma machine learning dalam proses analisis datanya.

data analyst


3. Keterampilan Analisis

Keterampilan menganalisis data merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh data analyst. Dalam menganalisis data, seorang data analyst memerlukan keterampilan serta intuisi yang tepat terhadap data. Dapat mengerti apa saja yang harus dilakukan dengan data tersebut. 


Tentunya dengan menyesuaikan jenis data, rumusan masalah, kendala dalam penelitian, serta tujuan penelitian. Selain memiliki keterampilan analisis, data analyst pun perlu memiliki problem solving yang kuat sebagai pondasi untuk menyelesaikan masalah.

data analyst


4. Membuat Visualisasi Data

Ketika selesai melakukan proses analisis data, maka hasil analisis tersebut perlu disampaikan kepada klien. Namun salah satu permasalahannya adalah tidak semua orang dapat membaca hasil analisis data dengan baik. 


Oleh karena itu perlu dilakukan proses visualisasi data. Visualisasi data merupakan salah satu bagian penting dalam penelitian. Visualisasi data adalah suatu bentuk komunikasi visual yang dalam hal ini adalah penyampaian hasil analisis data dengan tampilan yang menarik, ringkas, mudah dipahami, dan sesuai sasaran.

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Visualisasi data sebagai salah satu tahapan penting dalam analisis data tentunya menjadi keahlian yang harus dimiliki oleh data analyst  terdapat berbagai media yang dapat digunakan sebagai media belajar visualisasi dat, salah satunya adalah DQLab


DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti dapat belajar secara live code, tersedia berbagai macam modul dengan beberapa bahasa pemrograman yang berbeda, serta tersedia ebook yang dapat diakses dengan gratis sebagai referensi tambahan dalam belajar.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita





Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :