FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 29 Menit 37 Detik 

Jangan Di Skip! Yuk, Simak Tugas Data Scientist Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b320e57a6e791af25fa77f5750c1a897_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist adalah sebuah profesi yang menggabungkan pemrograman, statistik, dan matematika yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan juga menafsirkan kumpulan data dalam jumlah besar dalam bentuk terstruktur maupun yang tidak terstruktur.

Di era industri 4.0,  data scientist menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat, dikarenakan kebutuhan tenaga kerja dan juga praktisi data yang semakin meningkat. Bidang ini sangat dibutuhkan untuk suatu perusahaan karena para dat scientist ini mengerjakan pengolahan data agar data-data tersebut lebih bisa memiliki nilai untuk keberlangsungan suatu bisnis.


Dikarenakan pekerjaan sebagai data scientist sangatlah meningkat menyebabkan persaingan pada profesi ini semakin ketat setiap harinya. Untuk bisa bersaing di industri penting untuk kalian memahami tugas-tugas yang wajib dikuasi oleh seorang data scientist di perusahaan. Artikel DQLab kali ini akan mengupas tentang tugas seorang data scientist. Yuk, kita simak artikel dibawah ini!

1. Business Understanding

Sebelum ke tugas yang jauh lebih kompleks, seorang data scientist harus memahami flow bisnis dan juga data yang akan digunakan terlebih dahulu. Dengan memeriksa data yang akan digunakan, maka kamu dapat mengidentifikasi masalah tersebut dalam data.


Setelah memahami flow bisnis kamu juga harus paham tentang data tersebut karena hal ini dapat memberikan fondasi analitik untuk sebuah penelitian dengan membuat ringkasan dan mengidentifikasi potensi masalah dalam data. 


Ringkasan disini dapat berguna untuk mengkonfirmasi apakah data terdistribusi sesuai yang dibutuhkan, jadi tugas pertama seorang data scientist adalah memastikan data-data yang akan digunakan tidak mengandung outlier, missing value dan tetap sesuai dengan flow bisnis yang ada. Nantinya data-data tersebut akan diidentifikasi dan diukur agar bisa diperbaiki dalam proses data preparation.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Riset

Jadi sebagai data scientist kita memiliki tugas untuk melakukan riset data menggunakan berbagai sumber diluar. Tujuannya agar bisa mencapai objective dari target bisnis dan juga bisa sebagai pengembangan bisnis suatu perusahaan. Kumpulan data ini nantinya akan dikumpulkan menjadi suatu data informasi yang nantinya akan dianalisis oleh para data scientist.


Riset juga sangat perlu dilakukan oleh seorang data scientist. Mengapa demikian? karena data scientist bisa mengetahui peluang besar bagi perusahaan seperti membuat sebuah rangkaian data yang mengalami permasalahan pada perusahaan agar pengambilan keputusan lebih kredibel. Selain itu kegiatan melakukan riset ini juga bisa mengetahui bahwa data yang digunakan nantinya berasal dari sumber yang valid atau yang tidak valid.

3. Menganalisis dan Mengolah Data Dalam Jumlah Besar

Tugas berikutnya adalah melakukan analisis dan mengolah sebuah data. Analisis ini juga wajib dilakukan oleh seorang data analis, hal ini dikarenakan untuk mengoptimalkan, meningkatkan pengembangan produk, strategi bisnis, dan lain sebagainya. Data scientist biasanya akan menggunakan Query SQL dalam hal menarik data dan mengolahnya dengan menggunakan bahasa pemrograman. 


Biasanya perusahaan yang sudah berskala lebih besar, pemahaman tentang menganalisis data dalam jumlah besar sangat penting bagi seorang data scientist karena jumlah data yang akan dianalisis lebih besar dari perusahaan yang memiliki data yang tidak terlalu besar. Biasanya para data scientist akan menggunakan beberapa platform yang menunjang pekerjaan mereka seperti Hadoop, Hive dan juga Pig.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Memberikan Solusi untuk Mendukung Keputusan Bisnis

Salah satu tugas yang tidak kalah penting adalah memberikan saran atau solusi bagi perusahaan, karena ini sangatlah berdampak besar pada sebuah perusahaan. Memberikan solusi melalui hasil temuan adalah sebuah hal yang sangat diharapkan oleh kebanyakan perusahaan. Solusi ini akan didukung dengan data, jika data tersebut bersifat kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan oleh data scientistnya.


Karena hal itu, data scientist haruslah memahami hasil riset dan hasil analisis mereka. Maka dari itu data scientist juga memiliki tugas untuk memberikan solusi kepada tim manajemen ataupun kepada perusahaan sekalipun karena ini berkaitan dengan pengembangan dari produk yang ditampilkan oleh perusahaan dan juga pasar bagi perusahaan ataupun hal-hal yang menyangkut kepada keuntungan dari sebuah perusahaan.

Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :