[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 52 Menit 49 Detik 

Jangan Sepelekan! Data Driven Penting untuk Pekerja Kantoran lho

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bb50750939fa6938d7c4f00157bd2669_x_Thumbnail800.jpg

Data digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Pemanfaatan data dikenal dengan istilah data driven, yang artinya suatu strategi dalam melakukan pekerjaan berdasarkan data yang ada. Data driven dianggap penting karena dapat memvalidasi suatu pekerjaan berdasarkan fakta yang ada. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap perusahaan atau suatu bisnis. Dengan data driven, perusahaan akan mendapatkan solusi sesuai dengan kondisi nyata dan relevan. Pekerja kantoran khususnya di bidang bisnis wajib tau, karena data driven berfokus pada proses analisis, interpretasi, dan penyajian data. Dengan memahaminya, kamu bisa melihat gambaran berbagai kemungkinan bisnis di masa depan yang akan membantu pekerjaanmu menjadi terarah.


Yuk, simak pentingnya Data Driven untuk para pekerja!


1. Kompetensi Data Dibutuhkan di Bidang Bisnis

Data dapat digunakan untuk merekam aktivitas bisnis. Sebuah bisnis membutuhkan data pelanggannya agar bisa berinteraksi dengan mereka dan melihat langsung tren bisnis yang sedang berkembang. Semakin jelas data konsumen, maka semakin mudah menjangkau konsumen. Dengan begitu perusahaan bisa mengembangkan produknya sesuai kebutuhan pasar. Selain itu hasil analisis data dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan cara pemasaran yang terbaik, seperti bagaimana produk itu dipasarkan? Lebih efektif mana pemasaran online atau langsung?  Ada beberapa data yang dibutuhkan di bidang bisnis, seperti

a) Data Desain Produk yang digunakan untuk menganalisis fitur yang sering dicari pelanggan

b) Data Survei Pelanggan berfungsi untuk menganalisis minat dan pandangan konsumen terhadap perusahaan

c) Data Dukungan Konsumen dimanfaatkan untuk menganalisis komplain atau kesulitan konsumen dengan begitu perusahaan bisa memberi solusi terbaik


Baca juga : Kursus Belajar Data: Pentingnya Data dalam Bisnis 


2. Data Berperan Penting dalam Pengambilan Keputusan

Di era serba teknologi ini, kemunculan sosial media sangat membantu pelaku bisnis. Teknologi ini merupakan sumber data yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung berbagai kemungkinan. Kemudian data akan dianalisis dan diinterpretasi agar perusahaan bisa mengambil langkah yang tepat untuk pengengembangan bisnis kedepannya. Misal. data penjualan dianalisis dengan perhitungan matematis akan memunculkan dan memberi solusi terhadap suatu masalah. Dengan begitu, perusahaan bisa mengetahui langkah yang tepat untuk solusi penjualan suatu barang untuk mendapat profit yang lebih maksimal. Hal itulah yang disebut sebagai acuan dalam pengambilan keputusan bisnis. 


3. Ciptakan Insight Bisnis dengan Belajar Data Science

Data science merupakan ilmu gabungan antara ilmu matematika/statistika, bahasa pemograman, dan bisnis. Dengan belajar data science kamu dapat menciptakan insight bisnis kamu menggunakan beberapa metode yang ada pada data science. Data mentah akan menjadi sebuah informasi berharga yang dapat digunakan untuk inovasi dalam bisnis. Dengan ilmu ini para pekerja bisa lebih efisien dalam menemukan wawasan pelanggan baru dengan cepat. Sehingga, dapat membantu dalam mengetahui promosi apa yang harus dilakukan agar produk maksimal terjual. Misal dengan percobaan memberi gratis produk kepada konsumen.


Baca juga : Kursus Data Science Online: Data Science untuk Bisnis 


4. Yuk Belajar Dasar Data Science untuk Berbisnis,GRATIS! Hanya di DQLab

Dalam menjalankan suatu bisnis, sangatlah penting kamu memahami langkah apa saja yang harus kamu ambil. Ilmu data science dapat membantu mu dalam mengolah data dan menjadikannya sebuah informasi tepat untuk perimbangan kamu mengambil keputusan. DQLab menyediakan beberapa module GRATIS yang bisa kamu akses di DQLab. Tersedia pembelajaran dasar data science, mulai dari R, Python, dan paling terbaru yaitu Excel. Mulai akses sekarang juga. GRATIS!


Penulis : Lathifa Lisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!