DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 21 Jam : 51 Menit : 31 Detik

Jenis Data Pada Big Data yang Wajib Kamu Pahami

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3f0b4078e0507cfcb374a6495b6f7089_x_Thumbnail800.jpeg

Istilah Big Data di era digital ini tidaklah asing di dengar. Big Data digambarkan sebagai sekumpulan data dalam jumlah besar dengan karakteristik data yang bervariasi dan terkumpul dalam waktu singkat. Dengan kata lain, laju pertumbuhan data pada Big Data ini sangat tinggi. Big Data memiliki cakupan area yang luas dalam dunia bisnis dan teknologi. 

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kumpulan data dapat disebut sebagai Big Data meskipun ukuran data tersebut besar. Terdapat tiga karakteristik yang dimiliki Big Data dikenal dengan 3V yaitu volume (ukuran), velocity (kecepatan), dan variety (ragam). Variety (ragam) yang dimaksud adalah variasi jenis data. Ada tiga jenis data pada Big Data. Yuk, simak penjelasannya!

1. Structured Data

Structured data adalah jenis data yang dapat diproses, disimpan, dan diambil dalam format tetap. Jenis data ini sudah terorganisir dengan rapi sehingga  sudah dapat diolah dan dilakukan analisis. Biasanya jenis data ini disimpan dalam excel atau spreadsheet. Contoh dari structured data adalah data penjualan suatu perusahaan, dan data karyawan seperti nama, alamat, jabatan, kontak, dan sebagainya yang tentunya sudah tersusun rapi dan dapat diakses dengan mudah. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

2. Unstructured Data

Unstructured data adalah jenis data yang tidak terstruktur atau bisa juga dikatakan data yang tidak diketahui bentuknya. Jenis data ini merupakan gabungan dari gambar, text, video, suara, presentasi power point, dan lainnya. Kita bisa menemukannya pada media sosial, situs web, dan sebagainya. Keberagaman data pada unstructured data tentu akan memberikan tantangan tersendiri dalam menyimpan, mengolah, dan melakukan analisa.

3. Semi-structured Data 

Semi-structured data adalah jenis data yang sudah memiliki struktur namun belum sepenuhnya. Jenis data ini dapat berisikan structured data dan unstructured data yang telah dibahas diatas. Semi-structured data lebih merujuk pada data yang belum diklasifikasikan dalam database, namun mengandung informasi penting yang memisahkan elemen individu dalam data. Contoh jenis data ini adalah data dalam bentuk file .json, xml dan csv.   

Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Yuk, Mulai Terapkan 3 Jenis Big Data dalam Ilmu Data Science!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!