[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 17 Menit 19 Detik 

Jenis-Jenis Beasiswa Data Science Untuk Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/57562d554eae80f39971be267d3d03d6_x_Thumbnail800.png

Mendapatkan beasiswa pelatihan merupakan idaman bagi semua orang. Apalagi beasiswa pelatihan data science. Sebagai ilmu baru yang sedang naik daun dan sangat populer, data science menjadi ilmu yang tentunya harus kamu ketahui terlebih dahulu nih sahabat data. Menurut Data Robot, data science merupakan ilmu yang menggabungkan sebuah kemahiran di bidang ilmu tertentu dengan keahlian pemrograman, matematika, dan statistik. Merambahnya berbagai macam kursus data science, tentu saja terdapat kurikulum kursus data science yang disesuaikan dengan real case industry. Dengan popularitasnya yang semakin menanjak, para lembaga kursus semakin giat untuk membuka kelas-kelas topik Data Science agar pesertanya dapat melek terkait isu-isu tentang data. Namun tidak jarang juga ada lembaga penyedia kursus yang menyediakan paket beasiswa yang terjamin dengan kualitas pembelajarannya yang keren dan terstruktur. Seiring dengan perkembangan teknologi, belajar data science saat ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apalagi dengan suasana pandemi saat ini, teknologi menghadirkan sistem pembelajaran yang berbeda yakni secara virtual melalui kursus secara online karena dinilai lebih fleksibel dan praktis baik dari segi waktu maupun materi yang disediakan. Materi yang diberikan dapat diakses secara langsung oleh peserta melalui website maupun menonton video tutorial


Sebelum mendaftar dan apply dalam suatu beasiswa, ada baiknya mengenal macam-macam beasiswa yang perlu diketahui. Karena pada penawaran beasiswa biasanya terdapat istilah-istilah seperti full, partial, dan lain sebagainya. Hal ini berguna supaya kalian tidak salah dalam mendaftar beasiswa. Hanya karena ingin belajar keahlian baru, lalu langsung mendaftar sebuah program short course yang ternyata biaya hidup selama disana tidak ditanggung oleh pihak penyedia beasiswa. Nah, nggak ingin juga kan mengalami hal-hal demikian. So penting banget buat kita untuk mengerti apa saja jenis-jenis beasiswa itu. Mari kita cari tahu lebih dalam. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai jenis-jenis beasiswa pelatihan data science. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, peneliti maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Fully-Funded

Jika kamu adalah orang yang ambisius dan ingin belajar lebih banyak tentang data science, kamu bisa mencoba untuk melamar beasiswa data science secara fully-funded. Fully Funded disini artinya beasiswa yang didapatkan akan dibiayai secara penuh oleh penyelenggara beasiswa. Biasanya penyelenggara beasiswa fully funded ini diadakan oleh lembaga kursus dengan berbagai macam benefit yang didapatkan. Misalnya mendapatkan fasilitas tempat tinggal atau asrama, laptop dengan spesifikasi tinggi, fasilitas free wifi, biaya proyek, kolaborasi dengan perusahaan data dan dibebaskan dari biaya pelatihan. Namun untuk mendapatkan beasiswa ini tidak bisa sembarang orang bisa mudah untuk mendapatkannya ya sahabat data. Terlebih fully funded ini istilahnya gratis, tetapi peserta yang ingin mendapatkan beasiswa ini perlu melalui seleksi yang cukup ketat. Mulai dari pemberkasan atau seleksi administrasi, interview, tes kompetensi data science dan tanda tangan kontrak fully-funded. Sehingga terpilihlah kandidat yang akan mendapatkan beasiswa secara fully-funded.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Partial Funded

Lain halnya dengan fully funded yang dibiayai secara penuh, partial funded lebih berbeda. Mereka harus membayar sendiri untuk biaya pelatihannya. Biasanya separuh dari harga normalnya. Meskipun jalur partial funded, namun benefit yang didapatkan pun sama. Partial funded ini juga disebut dengan self-funded. Ada beasiswa yang hanya memberikan benefit pembebasan biaya pelatihan saja tanpa memberikan biaya-biaya lainnya. Sehingga untuk biaya perjalanan, akomodasi, dan biaya hidup tentu saja harus ditanggung sendiri oleh si penerima beasiswa. Selain itu, ada juga pihak sponsor yang cukup royal dengan memberikan biaya pelatihan, biaya perjalanan, dan akomodasi, namun untuk biaya hidup harus ditanggung sendiri oleh si penerima beasiswa. Jenis beasiswa seperti ini biasanya ditawarkan untuk program short course (summer course) atau beasiswa dari lembaga dan institusi tertentu.


3. Kursus Data Science Secara Gratis

Belajar data science secara gratis dapat menjadi idaman semua orang. Apalagi maraknya pembelajaran online secara terbuka dan masif tentu sangat mendukung adanya pembelajaran ini. Tetapi, jangan hanya sekedar punya embel-embel kursus gratis malah tidak membawa manfaat ya. Justru memanfaatkan kursus data secara gratis ini bisa jadi sebagai batu loncatan untuk bisa berkarir di industri data. Banyak manfaat yang sebenarnya bisa diambil dari adanya kursus data science gratis. Salah satunya adalah menjalin relasi dengan teman seperjuangan yang sama-sama ingin belajar data science. Dengan begitu kita bisa saling sharing dan bertukar pikiran soal kesulitan dan kendala belajar. Kursus data science gratis dapat membantu pemula untuk bisa belajar data science dengan modal yang tidak banyak. 


4. Voucher Berlangganan Paket Belajar

Biasanya penyedia lembaga kursus menyediakan voucher berlangganan bagi peserta yang ingin tertarik untuk berlangganan atau pindah paket. Lembaga kursus menyediakan kode promo untuk di redeem ke akun masing-masing peserta. Peserta akan menggunakan kode voucher baik untuk pembayaran maupun perpanjangan langganan. Kemudian kode voucher ini biasanya memiliki batas waktu penggunaan dan kuota sehingga harus berlomba-lomba mendapatkannya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan hingga 12 bulan.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science, Persiapkan Dirimu Menjadi Talenta Data Muda Kebanggaan Bangsa

Data science merupakan bidang ilmu yang sedang dicari-cari dan digandrungi oleh perusahaan terkemuka. Lulusan dari bidang ilmu ini banyak dicari dan diincar oleh banyak perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Pemanfaatan data science kini banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang seperti finansial, bisnis, ekonomi, kesehatan, sosial, manajemen, pemasaran dan lain-lain. Seakan ilmu ini banyak sekali cakupannya sehingga data science mampu menjadi ilmu yang sedang banyak diterapkan. Dengan mempelajari Data Science, kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menghasilkan informasi dari olahan data mentah dan insight yang valuable. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science lebih jauh, caranya gampang banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id atau bisa klik button di bawah ini yap. 


Kamu juga bisa loh cobain Modul lain untuk mengasah kemampuan data science kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas dengan berlangganan paket belajarnya. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis! Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai talenta data muda kebanggaan Bangsa!


Penulis: Reyvan Maulid




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!