TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 10 Jam 45 Menit 26 Detik

Jenjang Karir Data Analyst 2023

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b32c8b21dde3610a2eedd19c9684427d_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini profesi praktisi data menjadi salah satu hal yang menarik perhatian para kaum muda. Tidak hanya para kaum muda bahkan orang yang sudah berprofesi pun banyak mencari tempat untuk melaksanakan pelatihan menganalisis data. Salah satu profesi praktisi data tersebut adalah data analyst. Selain profesinya yang kekinian gaji serta jenjang karir data analyst juga menjadi salah satu pertimbangan para calon praktisi data ini. Dengan demikian tidak heran bahwa peminat dan kebutuhan profesi data analyst juga semakin meningkat dari hari ke hari.


Data analyst merupakan salah satu profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini kita sedang berada di dalam era big data di mana data berkembang dengan sangat cepat dan jumlah yang sangat besar. Hal tersebut tidak memungkinkan jika dilakukan proses analisis data dengan cara manual. Oleh karena itu diperlukannya seseorang yang bisa menganalisis data dengan updatenya ilmu dan kecanggihan teknologi untuk mengenal lebih lanjut terkait data analyst. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa jenjang karir data analyst.


1. Data Analyst - Entry Level

Tahapan pertama bagi data analyst adalah posisi Data Analyst Entry Level. Pada posisi ini biasanya merupakan seseorang yang baru saja terjun dalam dunia data. Dapat dikatakan bahwa pada jenjang karir ini seseorang baru memiliki sedikit pengalaman dalam menganalisis data dan tugas-tugas yang dilakukan juga tergolong dalam tahapan yang sangat sederhana. Beberapa tugasnya seperti mengumpulkan data, membersihkan data dan melaporkan data.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Junior Data Analyst

Setelah melewati tahapan Data Analyst Entry Level selanjutnya adalah tahapan Junior Data Analyst. Pada tahapan ini tugas-tugas yang dilaksanakan memiliki kenaikan level seperti mengidentifikasi pola, mengembangkan aplikasi, melakukan ekstraksi, memanipulasi data, melakukan penyimpanan data dan melakukan pemrosesan data. Selain itu Junior Data Analyst juga nantinya akan berkoordinasi dan bertanggung jawab kepada Senior Data Analyst.


3. Senior Data Analyst

Setelah tahapan Junior Data Analyst tibalah pada jenjang karir Senior Data Analyst. Biasanya pada tahapan ini berisi orang-orang yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang data dan sudah terbiasa menganalisis data. Pada umumnya Senior Data Analyst bertanggung jawab atas berbagai tugas dalam perusahaan seperti salah satunya adalah berkoordinasi dengan tim manajemen untuk menyampaikan informasi hasil analisis data.


4. Data Analyst Manager

Data Analyst Manager merupakan suatu jenjang karir yang tugasnya membangun dan mengembangkan model data. Pada tahapan ini seorang Data Analyst Manager juga perlu selalu berkoordinasi dengan Senior Data Analyst dan tim data analyst lainnya. Beberapa tugas data analyst manager antara lain seperti merancang proses teknik untuk menangani masalah bisnis, mengawasi penyampaian wawasan dan laporan yang digunakan untuk menganalisis fungsi bisnis dan metrik kerja, menjaga keakuratan hasil laporan data.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Profesi data analyst ini merupakan profesi yang penting dalam masa kini. Salah satu hal yang menjadi perhatian bagi para praktisi data adalah gaji dan jenjang karir yang dijanjikan. Salah satu langkah memulai profesi data analyst adalah mengikuti program di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :