PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 31 Menit 37 Detik 

Jenjang Karir Data Analyst dari Junior hingga Manajerial

Belajar Data Science di Rumah 11-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ebc3511f872fd845649c17eb02add807_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst adalah profesi profesional yang banyak dicari di industri teknologi, eCommerce, farmasi, dan manufaktur terkenal. Jenjang karir para profesional data analyst bergantung pada keterampilan dan minat yang mereka miliki. Untuk memulai karir di bidang analisis data, kita harus terlebih dahulu mendapatkan pekerjaan data analyst tingkat beginner. Pertanyaannya, apa langkah selanjutnya? Dan ke mana langkah yang harus kita ambil setelah berada di posisi entry-level? 


Kabar baiknya, data analysis adalah bidang yang luas dan beragam yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu, seperti teknologi informasi, analisis bisnis, manajemen proyek, dan banyak lagi. Artinya, jalur karir untuk profesional data analyst dapat ditempatkan di mana saja tergantung minat dan preferensi setiap individu. Pada artikel kali ini kita akan membahas jenjang karir data analyst dan tanggungjawabnya. Jadi, untuk kamu yang ingin membangun karir data analyst, yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Entry-Level Data Analyst

Sebagai entry level data analyst, kita tidak akan melakukan tugas penting secara individu. Entry level data analyst bekerja dalam tim dan diawasi oleh analyst atau konsultan senior. Beberapa peran khas entry level data analyst adalah data collection, data cleaning, dan reporting. Pada data collection, entry level data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari sumber yang andal, akurat, dan aman. Selanjutnya, data tersebut disimpan di database atau sistem penyimpanan data. Setelah data dikumpulkan, maka data siap untuk dibersihkan sebelum dianalisis dan diinterpretasikan. Data yang telah dibersihkan maka entry level data analyst harus membuat report mengenai temuan kita menggunakan berbagai tools.

Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

2. Junior Data Analyst

Jenjang karir awal untuk professional data analyst sering dimulai dengan menjabat sebagai data analyst junior. Seorang junior data analyst bertugas mengumpulkan dan menganalisis data, membantu perusahaan dalam membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang baik. Junior data analyst dapat bekerja di berbagai sektor industri, misalnya telekomunikasi, teknologi informasi, dan bank. Beberapa tugas utama junior data analyst meliputi identifikasi pola, visualisasi data, dan pembuatan dashboard.

Data Analyst


3. Senior Data Analyst

Senior data analyst merupakan jenjang karir data analyst yang lebih tinggi satu tingkat dibandingkan entry level data analyst atau junior data analyst. Pada jenjang karir ini, data analyst bertugas untuk mengawasi tim terutama junior data analyst untuk menafsirkan data dan melacak metrik yang mencerminkan kinerja perusahaan. Selain itu, profesional senior berhubungan dengan tim manajemen dan stakeholder untuk meningkatkan proses bisnis. 

Sebagai analis data senior, kita akan bertanggung jawab untuk menghasilkan solusi bisnis yang efisien yang meningkatkan workflow perusahaan. Selain itu, senior data analyst harus men-debug, mendokumentasikan, dan supporting dalam pengaplikasian kode. Bahkan senior data analyst sering kali mengembangkan aplikasi baru sesuai kebutuhan bisnis.

Data Analyst


4. Data Analytics Manager atau Director

Data analytics manager bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi dan alat bisnis yang komprehensif untuk mengubah data mentah menjadi insight yang berguna untuk bisnis. Stakeholder menggunakan insight ini untuk membuat keputusan dan strategi bagi perusahaan. Beberapa tugas data analytics manager adalah 

  • Membangun dan mengembangkan model data, sistem otomatisasi data, metrik kinerja, dan sistem reporting.

  • Merancang proses teknis untuk menangani masalah bisnis.

  • Mengawasi penyampaian insight dan laporan yang digunakan untuk menganalisis fungsi bisnis dan metrik kinerja.

  • Menjaga keakuratan kiriman dan reporting data.

  • Memeriksa hasil dari inisiatif analitis dan melaporkannya kepada pimpinan, stakeholder, tim produk, dan departemen marketing.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Yuk persiapkan dirimu untuk berkarir menjadi data analyst bersama DQLab! Pelajari berbagai skill data analyst mulai dari metode analisis data hingga tools analisis data yang banyak digunakan di berbagai bidang industri dengan modul dari DQLab. Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ menggunakan bahasa pemrograman R dan Python serta dapatkan sertifikat compliance-nya.

Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :