TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 52 Menit 36 Detik

Jenjang Karir Data Analyst di Era Big Data

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4dd2b9a6aba5756d34f448ee2592ad30_x_Thumbnail800.jpg

Peran seorang data analyst dapat didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengubah data mentah menjadi informasi dan insight yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis. Proses pembersihan, analisis, interpretasi, dan interpretasi data menggunakan pendekatan yang berbeda dan alat intelijen bisnis dikenal sebagai kegiatan analisis data. Tools analisis data membantu data analyst untuk mengungkap insight yang berguna untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien. 


Pekerjaan data analyst ini berkaitan dengan transformasi data mentah menjadi statistik, informasi, dan penjelasan yang bermakna bagi organisasi atau perusahaan. Karena banyak diperlukan di berbagai industri, maka data analyst juga memiliki scope atau tugas yang berbeda-beda tergantung pada industri tempat seorang data analyst tersebut bekerja. Penasaran apa saja pekerjaan data analyst di setiap industri? Yuk kita simak bersama!


1. Di Bidang Bisnis

Data analyst di bidang bisnis dikenal dengan business analyst. Data digunakan oleh business analyst untuk menciptakan insight bisnis dan memberikan insight dan suggestions untuk perusahaan dan organisasi lain. Business analyst dapat mendeteksi masalah di hampir semua aspek bisnis, mulai dari proses TI, struktur organisasi, bahkan human resource. 


Saat ini perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan efisiensi dan operasional secara keseluruhan untuk menghemat pengeluaran. Business analyst secara bertahap menjadi komponen penting dari operasional perusahaan.