SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 35 Menit 1 Detik

Jenjang Karir Data Analyst di Ragam Sektor Industri

Belajar Data Science di Rumah 13-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf02be850d6da6d7dd571991892d6f94_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analystdidefinisikan sebagai profesi yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan untuk mengubah data mentah menjadi informasi dan insight berharga yang bisa membantu stakeholders terkait untuk membuat keputusan bisnis yang tepat. Secara umum, data analyst bertugas untuk menganalisis data. Analisis data adalah proses pembersihan, analisis, dan interpretasi data menggunakan pendekatan yang berbeda dan business intelligence tools. Tools analisis data membantu data analyst untuk mengungkap insight yang berguna untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien. 


Profesi data analyst berkaitan dengan transformasi data mentah menjadi informasi dan penjelasan yang bermakna bagi organisasi atau perusahaan. Lingkup kerja data analyst sangat luas, tergantung dimana ia bekerja dan sektor apa yang ia geluti. Daily task seorang data analyst yang bekerja di bidang finance akan berbeda dengan seorang data analyst yang bekerja di bidang media. Oleh karena itu, penyebutan role data analyst juga terkadang berbeda, tergantung industri tempat ia bekerja. Apa saja peran data analyst di berbagai industri dan apa penyebutannya? Yuk kita simak bersama informasi berikut ini!


1. Data Analyst

Data analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan mengatur kumpulan data yang besar, kemudian menganalisis data tersebut dan menggunakan hasil analisis untuk menarik kesimpulan bisnis tertentu. Misalnya mencari cara efektif untuk menentukan harga produk, memotong biaya, atau meningkatkan retensi pelanggan. Data analyst juga bertugas mengelola semua hal yang berhubungan dengan data, termasuk pelaporan, analisis data, dan keakuratan data yang masuk.


Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Business Intelligence Analyst

Business intelligence analyst berfokus pada penggunaan data untuk meningkatkan kinerja organisasi. Scope pekerjaan role ini meliputi mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data industri internal dan eksternal, kemudian menggunakan data tersebut untuk mengidentifikasi tren, pola, atau masalah potensial yang perlu ditangani. Business intelligence analyst juga diharapkan untuk menerjemahkan analisis data mereka ke dalam strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk mengembangkan bisnis dan menyajikan analisis strategis mereka kepada pimpinan.


Data Analyst


3. Logistics Analyst

Logistics analyst bertanggung jawab menggunakan data untuk mengoptimalkan proses rantai pasokan, mulai dari pengadaan, pendistribusian, hingga pengiriman. Logistics analyst menggunakan data untuk mengidentifikasi potensi kerugian laba dalam rantai pasok, lalu memanfaatkan data tersebut untuk mengembangkan solusi hemat biaya agar produksi, distribusi, dan pengiriman produk menjadi lebih efisien.


Data Analyst


4. Marketing Analyst

Marketing analyst bertanggung jawab untuk membantu perusahaan lebih memahami pelanggan dan pasar mereka. Umumnya, marketing analyst menganalisis kumpulan data yang terkait dengan demografi target perusahaan, termasuk riset pasar, tren pembelian, dan survei pelanggan. Hasil analisis tersebut digunakan untuk mengembangkan strategi guna membantu perusahaan terhubung lebih baik dengan pelanggan baru dan kegiatan pemasaran lebih efektif. Marketing analyst juga perlu mempresentasikan temuan mereka kepada pimpinan serta kolega di departemen pemasaran dan non-teknis lainnya. Oleh karena itu, role ini memerlukan skill reporting dan komunikasi yang baik. 


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Selain empat profesi di atas, masih banyak profesi yang memerlukan skill analisis data, baik basic skill maupun advanced. Di era data seperti saat ini, analisis data akan lebih banyak diadaptasi dan dikembangkan di berbagai industri agar pengeluaran lebih efisien dan margin pendapatan lebih tinggi, terlebih adanya isu resesi di tahun 2023.


Yuk perkuat skill analisis data kamu bersama DQLab! Modul DQLab disusun secara terstruktur, mulai dari basic hingga penerapan langsung di dunia industri sehingga sangat cocok untuk beginner non IT yang tidak memahami bahasa pemrograman dan dasar-dasar analisis data. Modul DQLab juga dilengkapi dengan live code editor sehingga kamu tidak perlu menulis script code secara terpisah. Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science with R and Python’ untuk berkenalan dengan live code editor dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login