FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 35 Menit 43 Detik 

Jenjang Karir Data Analyst yang Pemula Harus Tahu

Belajar Data Science di Rumah 23-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/480ac999a330235851f6ab3929ef0f93_x_Thumbnail800.jpeg

Data analyst merupakan suatu profesi yang bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Tidak hanya perusahaan saja, data analyst juga berperan penting dalam berbagai lembaga baik itu lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta. Data analyst ini pun termasuk ke dalam profesi yang diminati banyak orang terutama kaum milenial. Bagaimana tidak, prospek kerja dan jenjang karir data analyst termasuk ke dalam poin yang cukup menarik perhatian.


Ketika seseorang ingin menekuni suatu profesi, biasanya ia telah mencari tahu terlebih dahulu tentang apa dan bagaimana terkait profesi tersebut. Data analyst memang diketahui memiliki gaji yang cukup di atas rata-rata namun tugas dan tanggung jawabnya pun cukup besar. Data analyst bertanggung jawab terhadap data perusahaan dan menganalisisnya sampai mendapatkan hasil atau kesimpulan yang dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan.


1. Tugas dan Tanggung Jawab

Seorang data analyst dikenal memiliki peran penting dalam perusahaan Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan data analyst bertanggung jawab langsung terhadap data perusahaan yang mana data itu dapat disebut sebagai ‘jantung’ dari perusahaan. Secara umum data analyst memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  • menganalisis dan menafsirkan kumpulan data

  • menyediakan panduan dan pemetaan terkait sektor di bidang tersebut

  • memantau kualitas data

  • merancang survei dan menganalisis data survei

  • mengidentifikasi sumber data

  • memelihara sistem database

Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Jenjang Karir Data Analyst

Suatu profesi biasanya ada yang bertipe tugas dan tanggung jawabnya berhenti di situ saja atau ada pula yang memiliki tingkatan atau jenjang karir. Data analyst termasuk ke dalam profesi yang memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan, Beberapa level data analyst antara lain:

  • data analyst entry level, yaitu seorang fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman. Namun walaupun demikian pada tahap ini tetap diperlukan skill analisis yang baik dan mampu berpikir kritis.

  • data analyst junior, pada level ini sudah cukup memiliki banyak pengalaman, ditambah dengan memiliki tugas berupa interpretasi dan translasi data dengan berbagai metode analisis.

  • data analyst senior, pada level ini data analyst bertugas mengatasi permasalahan-permasalahan yang sulit serta bersiap untuk regenerasi pada data analyst pemula.

Data Analyst


3. Skill Data Analyst

Data analyst sama dengan profesi lainnya, yaitu perlu memiliki skil atau keahlian khusus yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Untuk menjadi seorang data analyst yang profesional perlu memiliki beberapa skill data analyst, yaitu:

  • bahasa pemrograman

  • ilmu matematika dan statistik, sebagai dasar ilmu dalam analisis data

  • visualisasi data, untuk menampilkan hasil visualisasi data dengan menarik

  • komunikasi yang baik

  • kerjasama tim

Data Analyst


4. Tools Data Analyst

Data analyst umumnya mengatasi data yang berjumlah besar atau big data. Big data ini sangat kecil kemungkinannya jika diatasi dengan cara manual. Oleh karena itu perlu dibantu menggunakan tools data analyst. Terdapat berbagai tools data analyst yang dapat digunakan yaitu Tableau, Domo, Looker, Sisense, Knime, Skytree, Pentaho, RapidMiner, Xplenty, Python, R, SAS, Power BI, Apache Spark,  datapine, dan masih banyak lainnya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Data analyst merupakan profesi yang sedang naik daun saat ini. Untuk menjadi data analyst yang profesional, kita perlu memenuhi berbagai kualifikasi yang tersedia pada umumnya. Salah satu poin pentingnya adalah menguasai skill. Menguasai skill data analyst merupakan bentuk tanggung jawab kita kepada diri sendiri dan profesi yang sedang digeluti. Jika ingin belajar data analyst dari dasar, langsung saja coba belajar di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :