PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 54 Menit 25 Detik

Job Description Data Engineer Lead di Industri

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-04-2023-11-10-140533_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer memiliki struktur organisasi yang memungkinkan jalur koordinasi dan kolaborasi antar berbagai divisi dari team data. Salah satu posisi tertinggi dari jabatan data engineer adalah data engineer lead.


Seorang Data Engineer Lead adalah seorang profesional dalam bidang teknologi informasi yang memiliki peran utama dalam merancang, mengelola, dan mengoptimalkan infrastruktur data suatu organisasi.


Mereka bertanggung jawab atas sejumlah tugas yang melibatkan pemrosesan data, keamanan data, dan kualitas data, serta kerja sama dengan tim data science dan analisis. Sebagai seorang pemimpin dalam tim data engineering, Data Engineer Lead juga memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan anggota timnya.


Peran Data Engineer Lead adalah peran yang sangat penting dalam dunia data perusahaan. Mereka memiliki tanggung jawab yang luas, mulai dari merencanakan infrastruktur data hingga memastikan keamanan dan kualitas data, serta bekerja sama dengan tim analisis data.


Kemampuan adaptasi, pengetahuan teknis yang kuat, dan kepemimpinan yang efektif adalah kunci untuk berhasil dalam peran ini. Dengan Data Engineer Lead yang kompeten, perusahaan dapat memanfaatkan data dengan lebih efisien dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan wawasan yang diberikan oleh data.


Berikut adalah penjelasan secara rinci dari job description data engineer lead. Simak yuk sahabat data DQLab untuk penjelasannya!


1. Merencanakan dan Mengelola Infrastruktur Data

Merencanakan dan mengelola infrastruktur data adalah salah satu tanggung jawab kunci seorang Data Engineer Lead. Tugas ini mencakup sejumlah aktivitas yang bertujuan untuk memastikan bahwa data perusahaan dapat diakses, disimpan, dan dikelola dengan efisien dan aman.


Data Engineer Lead harus merencanakan dan merancang infrastruktur data yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Ini termasuk pemilihan dan konfigurasi sistem penyimpanan data seperti database, data warehouse, dan teknologi lainnya.


Data Engineer

Sumber Gambar: Andreessen Horowitz


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Keamanan Data

Keamanan data adalah aspek yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi dan bisnis. Ini mencakup praktik dan tindakan yang dirancang untuk melindungi data dari ancaman, akses yang tidak sah, atau kebocoran.


Seorang Data Engineer Lead memiliki peran penting dalam menjaga keamanan data dalam konteks infrastruktur data. Melindungi data perusahaan adalah hal yang sangat krusial. Data Engineer Lead harus memastikan bahwa data tidak hanya tersedia tetapi juga terlindungi dengan baik dari ancaman keamanan.


Hal ini melibatkan penanganan izin akses, enkripsi, pemantauan kejadian, dan implementasi tindakan pencegahan.


3. Mengelola Kualitas Data

Mengelola kualitas data adalah langkah krusial dalam memastikan bahwa data yang digunakan dalam analisis dan pengambilan keputusan adalah andal dan akurat. Kualitas data yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dalam hasil analisis dan membantu organisasi membuat keputusan yang lebih baik.


Seorang Data Engineer Lead yang efektif harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang praktik manajemen kualitas data dan berfokus pada pemeliharaan data yang berkualitas tinggi.

Data Engineer

Sumber Gambar: Datapine


Data Engineer Lead harus memastikan bahwa data yang digunakan dalam proses analisis adalah berkualitas tinggi. Mereka bertanggung jawab untuk membersihkan dan memeriksa data, mendeteksi dan menangani nilai yang hilang atau tidak valid, serta memastikan konsistensi data.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Kolaborasi dengan Tim Data Scientist dan Data Analyst

Kerja sama dengan tim data science dan data analyst sangat penting dalam keberlangsungan posisi data engineer lead. Data Engineer Lead harus memahami kebutuhan data analyst dan data scientist untuk menyediakan data yang diperlukan dalam format yang sesuai dan tepat waktu. Hal ini mencakup mengembangkan alat-alat dan pipeline yang mendukung analisis data.


Kolaborasi yang efektif antara tim data engineering, data analyst dan data scientist adalah kunci dalam menciptakan nilai dari data perusahaan. Dengan kerjasama yang baik, tim dapat mengidentifikasi wawasan yang bermanfaat, memecahkan masalah, dan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.


Seorang Data Engineer Lead yang baik akan memahami pentingnya kerjasama ini dan berusaha untuk memfasilitasi kolaborasi yang sukses.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login