3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 16 Menit 52 Detik

Job Description Data Scientist yang Perlu Dilatih

Belajar Data Science di Rumah 22-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-02-2023-11-23-102627_x_Thumbnail800.jpg

Profesi data scientist ini memiliki tanggung jawab yang cukup luas, mulai dari analisis data mentah sampai mendapatkan insight baru yang berguna untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Selain itu data scientist juga memiliki tugas untuk menganalisis berbagai macam data dalam jumlah yang sangat besar. Data-data dalam jumlah besar tersebut disimpan di dalam database perusahaan. 


Data scientist ini juga memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah perusahaan, hal ini karena seorang data scientist profesional dapat memberikan wawasan yang bernilai dan juga mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan juga menggunakan datanya secara efektif dalam mengoptimalkan bisnis. Data scientist juga memiliki job description dalam sebuah perusahaan apa sajakah itu? Mari kita simak pembahasannya di bawah ini!


1. Mengumpulkan dan Memproses Data

Job description yang pertama adalah mengumpulkan dan memproses data. Data scientist ini memiliki tanggung jawab yang cukup penting dalam perusahaan yaitu mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan dengan tujuan untuk menganalisis data tersebut.


Sebagai seorang data scientist, kalian juga harus melakukan pemeriksaan kualitas data untuk memastikan data yang dikumpulkan akurat, lengkap, dan sudah tidak mengandung kesalahan di dalamnya. Pemrosesan data juga melibatkan pembersihan data dari data yang tidak valid dan juga mentransformasikan datanya menjadi format yang cocok untuk analisis yang lebih lanjut. 

Data Scientist

Credit by Deepublish Store


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


2. Menganalisis Data dan Model

Job description selanjutnya adalah menganalisis data dan model. Dalam menganalisis data, data scientist menggunakan teknik statistik dan juga matematika pada data yang sudah dikumpulkan dan diproses sebelumnya.


Data scientist juga mengembangkan model prediktif, menerapkan algoritma machine learning dan juga menggunakan data mining untuk bisa mengidentifikasi pola dan tren apa yang relevan dengan data yang dianalisis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan atau insight baru yang bernilai dan mendukung pengambilan keputusan yang informasional.

Data Scientist

Credit by Qiscus


3. Visualisasi Data

Setelah menganalisis data dan pemodelan dari data tersebut selesai, maka seorang data scientist harus bisa menginterpretasikan hasil dari temuannya dan juga bisa menyajikannya dalam bentuk visual agar bisa dipahami oleh orang awam yang tidak memiliki latar belakang teknis.


Untuk membuat visual data ini, data scientist bisa menggunakan bentuk grafik, tabel, atau bisa dengan narasi yang mudah dimengerti untuk bisa menyampaikan temuan dan wawasan yang ditemukan melalui analisis data. Hal ini bertujuan untuk membantu mengambil keputusan dari temuan tersebut dan mengambil langkah-langkah yang tepat.

Data Scientist

Credit by Katadata


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Kerjasama dan Komunikasi Tim

Sebagai seorang data scientist pastinya akan lebih banyak bekerja dalam tim yang terdiri dari data analyst, data engineer, dan profesional data lainnya. Mereka dapat berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang cukup kompleks dan dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.


Komunikasi yang efektif dan juga memiliki kemampuan kolaborasi yang baik adalah skill yang penting bagi seorang data scientist. Tanggung jawab seorang data scientist sudah mencakup pada pengumpulan, pemrosesan, interpretasi data dan juga kerjasama tim untuk bisa menghasilkan wawasan yang bernilai bagi organisasi.

Data Scientist

Credit by Talenta


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0.


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :