Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Job Seeker, Yuk Kenali Daily Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 29-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e3938bdadc36da12dbc05353772c5296_x_Thumbnail800.jpeg

Data scientist merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini mulai diincar oleh perusahaan. Hal ini sejalan dengan penerapan basis data-driven dalam efisiensi kerja maupun database penyimpanan berskala besar. Seorang Data Scientist bertanggung jawab dalam mengolah data besar menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Sepanjang perjalanannya, perusahaan perlu mencari kandidat yang tepat untuk mengisi posisi Data Scientist. Salah satu caranya adalah dalam bentuk job description. 


Job description data scientist berisi informasi tentang deskripsi, tugas, dan tanggung jawab yang dilaksanakan oleh calon kandidat saat nantinya akan diterima kerja menjadi seorang data scientist. Job description juga memudahkan calon kandidat untuk fit in apakah skill yang dimiliki sesuai dengan kriteria perusahaan.


Perusahaan sebagai pihak pemberi kerja perlu menyusun informasi job description secara detail. Hal ini sangat penting karena perusahaan ibaratnya tidak ingin asal pilih dalam memilih kandidat dengan posisi yang sedang lowong tersebut. Maka dari itu, job description sangat bermanfaat agar perusahaan bisa menempatkan kandidat seperti kata pepatah “the right man in the right place”. Maka dari itu, perusahaan perlu menyusun job description sebagai panduan dalam mencari kandidat seorang Data Scientist. Lalu, apa saja isi dari job description Data Scientist yang disusun oleh perusahaan? Simak artikel selengkapnya berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Pentingnya Job Description untuk Data Scientist

Dalam mencari pekerjaan, memahami job description atau deskripsi pekerjaan sangatlah penting. Job description berisi informasi tentang tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan oleh calon kandidat. Deskripsi job description juga memudahkan calon data scientist terkait requirements maupun kriteria apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Informasi mengenai job description dapat dijumpai pada info lowongan kerja, job portal, situs lowongan kerja maupun media sosial seperti Linkedln apabila informasi lowongan diinformasikan disana. 


Template job description hendaknya dapat dijelaskan secara detail dan terstruktur. Hal ini memudahkan calon kandidat agar bisa mengukur dirinya apakah dia sesuai dengan kriteria perusahaan atau tidak. Sedangkan bagi perusahaan, informasi job description dapat dijadikan dasar perumusan untuk menjaring kandidat yang nantinya akan diseleksi hingga menghasilkan shortlisted candidate untuk dihubungi lebih lanjut dan diundang ke sesi interview.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Judul Pekerjaan

Sekarang kita masuk ke dalam isi dari job description. Hal pertama yang biasanya selalu ada dalam job description adalah judul pekerjaan. Judul ini menjadi first impression Calon kandidat, kira-kira perusahaan ABN ini sedang membuka posisi apa sih? Disini perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akan menuliskan judul pekerjaan pada bagian atas. Semisal nanti informasi ini akan diunggah ke dalam job portal maka judul pekerjaan harus ada. Contoh apabila kandidat ingin mencari posisi Data Scientist maka judul pekerjaannya dapat ditulis Data Scientist.


Data Scientist


3. Tugas dan Tanggung Jawab

Selanjutnya dalam informasi job description juga memuat adanya tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan oleh calon karyawan. Berikut adalah contoh tugas dari Data Scientist:

  • Mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data menggunakan teknik-teknik statistik dan pemodelan.

  • Mengembangkan algoritma dan model machine learning untuk memprediksi hasil bisnis dan menganalisis tren pasar.

  • Menjelaskan hasil analisis data dan memberikan rekomendasi strategis berdasarkan hasil yang ditemukan.

  • Berkomunikasi secara efektif dengan tim bisnis dan teknis dalam merencanakan dan melaksanakan proyek analitik.

  • Memelihara dan mengoptimalkan infrastruktur data untuk memastikan penggunaan data yang optimal.


Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Kualifikasi

Disamping adanya tugas-tugas maupun judul pekerjaan, perusahaan juga membutuhkan kualifikasi. Definisi kualifikasi bisa datang dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja(jika posisinya memang mensyaratkan pengalaman kerja bagi kandidatnya, kalau misalnya bisa menerima fresh graduate bisa dituliskan juga) dan memiliki kecakapan khusus. Berikut adalah contoh kualifikasi Data Scientist

  • Latar belakang pendidikan yang relevan, seperti Matematika, Statistika, atau Ilmu Komputer.

  • Pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang analisis data dan pemodelan machine learning.

  • Mengerti bahasa pemrograman seperti Python, R, SQL, dan pengalaman dengan alat-alat analisis data seperti Jupyter Notebook, Tableau, dan Excel.

  • Memiliki pengetahuan yang baik tentang teknik-teknik statistik, data mining, dan pemodelan prediktif.


Data Scientist


5. Skill-Skill

Dalam informasi job description, perusahaan bisa meanmbahkan deskripsi tentang skill. Berikut adalah contoh dari penjelasan skill untuk posisi Data Scientist:

  • Kemampuan analisis yang kuat dan mampu menggabungkan data dari berbagai sumber.

  • Kemampuan pemrograman yang baik untuk mengembangkan dan mengimplementasikan algoritma dan model machine learning.

  • Kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan hasil analisis data secara jelas dan ringkas


Data Scientist


6. Persyaratan Tambahan

Terkadang perusahaan juga menambahkan persyaratan lain diluar kualifikasi utama. Misalnya kandidat harus memiliki sertifikasi terkait analisis data yang dibuktikan dengan adanya sertifikat saat mengikuti kelas tertentu. Contoh: Memiliki sertifikasi terkait analisis data dan machine learning seperti sertifikasi Google Data Analyst atau Microsoft Certified Data Scientist.


Data Scientist


7. Durasi Kontrak

Dalam informasi ini, perusahaan bisa memilih apakah dijelaskan dalam job description atau memang untuk informasi lebih lanjut dapat disampaikan saat kandidat ini sudah berada pada tahap offering letter.


8. Lokasi

Lokasi yang dimaksud adalah lokasi based tempat perusahaan tersebut atau lokasi dimana kandidat ini akan ditempatkan. Misalnya Tangerang, Banten.

Data Scientist


9. Cara Melamar

Perusahaan juga bisa menjelaskan bagaimana cara melamarnya. Kirimkan CV dan surat lamaran kerja melalui email ke alamat [email protected] dengan subjek "Data Scientist". Terkadang perusahaan juga meminta kandidat untuk melampirkan portofolio dalam aplikasi lamaran kerja atau attach ke email yang sudah ditentukan.


10. Deskripsi Perusahaan

Terakhir, perusahaan bisa mencantumkan deskripsi perusahaan sebagai sang pemberi kerja. Biasanya letaknya ada di paling akhir. Berikut adalah contoh dari deskripsi perusahaan


Perusahaan BKL adalah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang supply Chain yang berdedikasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan sopan. Menurut kami, keragaman dan kesempatan kerja yang adil di antara karyawan kami sangat penting bagi kesuksesan kami sebagai perusahaan dunia. Kami memupuk suasana kerja kolaboratif dan berusaha untuk mempekerjakan, mengembangkan, dan mempertahankan individu terbaik dari kumpulan kandidat yang luas di seluruh dunia. Kami adalah salah satu bisnis dengan pertumbuhan tercepat di "lokasi", dan ada beberapa kemungkinan untuk maju bersama kami.


Data Scientist


Nah itulah tadi template job description yang dapat digunakan perusahaan untuk mencari kandidat data scientist. Semoga template job description ini bermanfaat bagi perusahaan dalam mencari karyawan yang tepat. Nah, apakah kamu pengen melamar di posisi ini sahabat DQLab? Untuk menjawab kebutuhan kamu, sekarang ini DQLab punya tiga bahasa pemrograman yang bisa kamu kuasai. Ada R, Python dan SQL. Belajarnya juga seru karena pakai live code editor biar langsung sekalian praktik. Terus cobain modul gratis dari kita yaitu “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. 


Yuk, sign up sekarang!


Penulis: Reyvan Maulid





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login