FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 24 Menit 37 Detik 

Join Pelatihan Data Analyst, Siap Jadi Profesional

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/34a7f5edd397e85acfb78ddbe5114d32_x_Thumbnail800.jpeg

Halo sobat DQ! tahukah kalian bahwa saat ini profesi yang berkaitan dengan era digital cukup diminati oleh banyak orang terutama para kaum milenial. Salah satu dari profesi yang kekinian tersebut adalah data analyst. Bahkan peminat profesi ini tidak memandang latar belakang pendidikan dan memang semua orang memiliki kesempatan yang sama. Dengan demikian tidak heran jika saat ini sudah banyak yang menyediakan pelatihan data analyst baik secara online maupun offline.


Pelatihan data analyst merupakan salah satu ‘jembatan’ untuk memudahkan proses menjadi data analyst yang profesional. Pelatihan data analyst ini terbuka untuk siapa saja dan biasanya calon peserta dipersilahkan untuk mendaftar kapanpun. Hal ini tentu menarik minat para calon data analyst. 


Dengan mengikuti pelatihan data analyst maka proses belajar akan lebih terarah, terbimbing, konsisten serta masih banyak kelebihan lainnya. Selain mengikuti pelatihan data analyst, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang data analyst profesional? Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini!


1. Tetapkan Tujuan

Ketika kita memiliki cita-cita terhadap profesi tertentu, sepatutnya kita sudah menetapkan tujuan di awal dan menentukan langkah-langkah yang harus dijalani bukan? Begitu pula ketika kita memiliki keinginan menjadi data analyst maka kita harus menetapkan tujuan dari awal dan selalu konsisten dengan cara mempersiapkan diri untuk menekuni profesi tersebut. 


Hal ini bisa dimulai dengan mencari tahu hal-hal terkait profesi data analyst, mulai dari pengertiannya, tugas dan tanggung jawab, skill yang harus dikuasai, tools yang digunakan, dan masih banyak hal lainnya. Dengan menetapkan tujuan di awal maka akan memudahkan kita dalam menjalani proses kedepannya.

Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Kuasai Skill Data Analyst

Setiap profesi memiliki kualifikasi berupa skill yang harus dikuasai. Hal ini tentunya merupakan pondasi utama untuk menjadi data analyst yang perlu dimiliki. Seorang data analyst harus menguasai berbagai softskill maupun hardskill untuk menunjang kinerja mereka dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. 


Hardskill yang perlu dimiliki antara lain data visualization, data cleaning, data mining, bahasa pemrograman (R, Python, SQL), machine learning, matematika dasar. Adapun soft skill yang perlu dimiliki antara lain storytelling, kolaborasi, decision-making, komunikasi dan critical thinking.

Data Analyst


3. Ikut Pelatihan Data Analyst

Setelah mengerti skill apa saja yang perlu dimiliki data analyst, seringkali orang bingung langkah apa selanjutnya yang perlu dikerjakan. Nah, untuk memudahkan proses belajar dalam menganalisis data, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan data analyst. Saat ini sudah tidak sulit untuk menemukan tempat belajar analisis data, bahkan telah banyak perusahaan atau startup yang menyediakan pelatihan data analyst secara online dan dibimbing dengan orang yang ahli dalam bidangnya sehingga proses belajar lebih terarah dan terbimbing.


Data Analyst


4. Ikut Komunitas dan Rajin Berlatih

Seperti yang telah diketahui bahwa dengan mengikuti pelatihan data analyst maka kita akan mendapat bimbingan dari mentor yang berpengalaman. Namun tidak cukup sampai disitu, jika setelah mengikuti pelatihan data analyst tidak melakukan kegiatan terusannya atau berlatih maka lambat laun ilmu yang telah dipelajari akan lupa. Oleh karena itu disinilah pentingnya berlatih. 


Dengan berlatih dataset serta studi kasus yang berbeda-beda maka akan menambah wawasan, ilmu, pengalaman serta pikiran akan lebih terbuka dan terus terlatih untuk memecahkan masalah. Selain itu kamu juga bisa bergabung dalam komunitas data analyst yang pada umumnya digunakan sebagai tempat untuk berbagi segala sesuatu tentang data.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Mengikuti pelatihan data analyst merupakan salah satu upaya untuk menjadi seorang data profesional dan terus update terhadap perkembangan data. Nah, kalian tidak perlu bingung mencari tempat pelatihan data analyst yang mudah, terjangkau, mudah dimengerti serta tampilannya yang menarik. Kalian bisa langsung coba belajar data analyst di  DQLab dan bisa praktek secara live code loh!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :