FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 15 Menit 46 Detik 

Join Table SQL, Salah Satu Teknik Dasar yang Harus Dikuasai Pemula

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8781f5448a4cb10f49b776fd65c56d2f_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. Wah, makhluk apa lagi tuh? Ternyata software ini dapat digunakan oleh para praktisi data untuk mengambil data yang ada di database serta melakukan hal-hal lain yang berkaitan dengan database. Di perusahaan-perusahaan besar, umumnya data perusahaan akan disimpan di dalam database. Sehingga kebutuhan akan praktisi data yang benar-benar mampu menguasai SQL menjadi hal yang harus dipenuhi.


Biasanya satu database akan memuat banyak data, dimana data-data tersebut akan dikelompokkan ke beberapa tabel sesuai dengan jenis datanya. Tidak jarang dalam pekerjaannya, seorang praktisi data akan menggunakan lebih dari satu tabel. Hal ini biasanya disebabkan karena data yang ada pada tabel pertama tidak bisa menjawab permasalahan yang ada. 


Tapi tahukah kamu bagaimana caranya agar data dari tabel yang berbeda bisa digunakan secara bersamaan? Nah, pembahasannya akan kita bahas dalam artikel berikut ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Apa Itu Join Table?

sql

Cara yang bisa digunakan untuk menggabungkan data dari beberapa tabel agar bisa digunakan secara bersamaan dikenal dengan istilah join. Untuk menghubungkan beberapa tabel ini, kita akan membutuhkan satu kata kunci atau primary key dan primary key ini harus dimiliki oleh tabel-tabel yang akan digabungkan.


Biasanya yang dijadikan sebagai kata kunci adalah data yang berbentuk unik atau tidak terjadi duplikasi, seperti ID, nomor urut, dan data-data lainnya yang bersifat unik. Hal ini ternyata bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya duplikasi data.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Mengapa Join SQL Menjadi Hal yang Harus Dikuasai?

sql

Fungsi Join pada SQL menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh pemula, karena hal ini termasuk sesuatu yang cukup krusial dan akan terus digunakan untuk proses analisis yang lebih rumit. Biasanya dalam proses analisis data, menggunakan satu tabel saja tidak akan cukup untuk bisa menemukan insight yang sesuai dengan permasalahan. Nah, dengan memanfaatkan fungsi join kita bisa menggabungkan beberapa tabel hanya dalam satu query. Dan yang terpenting, kita bisa memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi dengan data yang kita miliki.


3. Jenis-Jenis Join

Kamu tau gak sih, ternyata join SQL itu gak hanya ada satu jenis loh. Secara umum, join SQL dapat digolongkan menjadi empat bagian, yaitu:

sql

  • Inner Join, dimana data yang ditampilkan merupakan irisan dari kedua tabel atau dengan kata lainnya data yang sama-sama ada di kedua tabel.

sql

  • Left Join, akan menampilkan semua data yang ada di tabel pertama dan tabel kedua akan menyesuaikan data tabel pertama.

sql

  • Right Join, dimana akan menampilkan semua data yang ada pada tabel kedua, dan data di tabel pertama akan mengikuti tabel kedua.

sql

  • Full Join/Outer Join, akan menampilkan semua data yang ada, baik dari tabel pertama maupun tabel kedua.


4. Beda Join dan Union di SQL

Nah, jika tadi kita sudah sempat membahas tentang join, sekarang saatnya kita mengetahui fungsi untuk menggabungkan data lainnya, yaitu fungsi Union. Dalam union kita akan menggabungkan data secara vertikal, sementara join menggabungkan data secara horizontal.


Hal yang harus diperhatikan jika kita ingin menggabungkan data dengan union, kita harus memastikan field yang dipilih telah sama urutannya untuk kedua tabel. Karena jika fieldnya berbeda urutannya komputer akan susah untuk menemukan mana pasangannya.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Selain R dan Python, SQL termasuk bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para praktisi data. DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar SQL dan juga bahasa pemrograman lainnya. Ada banyak modul SQL yang disediakan oleh DQLab untuk member premium, mulai dari level beginner. 


Setiap materi akan disajikan menggunakan bahasa Indonesia, serta dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Selain itu, DQLab juga sering mengadakan webinar yang bertemakan Data Science, dan biasanya akan gratis untuk membernya. Tunggu apa lagi, yuk daftar dirimu menjadi member DQLab sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :