BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 39 Menit 40 Detik 

Kapan Waktu Tepat Penggunaan Statistik Parametrik?

Belajar Data Science di Rumah 30-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9da55552a6358d1097ff72ec141e4104_x_Thumbnail800.jpg

Statistik  merupakan kumpulan angka atau data yang dikumpulkan sebagai informasi untuk keperluan tertentu. Statistik dapat ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, dll. Dalam kegiatan penelitian terdapat satu langkah yang disebut dengan uji statistik. Uji statistik merupakan perhitungan untuk menentukan apakah menerima atau menolak hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya. Terdapat dua jenis uji statistik yaitu uji statistik parametrik dan uji statistik non parametrik. 


Uji statistik merupakan salah satu langkah penting dalam penelitian kuantitatif. Terdapat banyak uji statistik yang dapat digunakan sehingga seringkali peneliti bingung ingin menggunakan uji statistik yang cocok untuk penelitian mereka.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan uji statistik, antara lain variabel penelitian, tema atau judul penelitian, hubungan antar variabel, tujuan penelitian, dll. Oleh karena itu penting bagi peneliti untuk benar-benar mengetahui dan memahami metode penelitian yang digunakan.


1. Penggunaan Uji Statistik

Salah satu masalah dalam kegiatan penelitian adalah menentukan uji statistik yang tepat dan cocok dengan penelitian yang dilaksanakan. Sebelum mengetahui lebih lanjut kapan waktu yang tepat menggunakan uji statistik, alangkah baiknya peneliti memahami terlebih dahulu proses pengujian hipotesis yang dapat dilihat pada gambar berikut

Pada gambar diatas menunjukkan bahwa memilih uji statistik terletak pada tahapan kelima. Uji statistik bertujuan untuk menentukan apakah sampel berada pada hipotesis nol atau hipotesis alternatif. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Jenis Uji Statistik

Secara umum, uji statistik terbagi menjadi dua yaitu uji statistik parametrik dan uji statistik non parametrik. Statistik parametrik merupakan teknik statistik yang berguna untuk menguji hipotesis dengan melibatkan parameter populasi. Pada statistik parametrik biasanya jenis data yang digunakan adalah data interval dan rasio. Adapun statistik non parametrik merupakan teknik statistik dimana pengujian hipotesisnya tidak melibatkan pendugaan nilai populasi.


3. Karakteristik Statistik Parametrik dan Nonparametrik

Setiap jenis uji memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada statistik parametrik terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat menggunakan uji ini antara lain skala data numerik, variansi data sama serta sampel yang diambil dari populasi berdistribusi normal sehingga tidak perlu dilakukan pengujian terhadap parameter populasi dikarenakan dianggap sudah memenuhi syarat. Sedangkan pada statistik non parametrik cenderung lebih mudah dilakukan seperti tidak memerlukan asumsi normalitas, umumnya data bersifat kualitatif, serta tidak menggunakan perhitungan matematik yang rumit. Namun pada statistik non parametrik kemampuan ujinya tidak sekuat metode parametrik dan hasil ujinya tidak dapat digunakan untuk mengestimasi karakter populasi.


4. Contoh Uji Statistik

Jika pada bagian sebelumnya telah diketahui definisi serta karakteristik dari statistik parametrik dan non parametrik maka kita perlu mengenali contoh uji statistik yang dapat digunakan. Pada statistik parametrik uji yang dapat digunakan antara lain uji pearson, regresi, independent sample t-test, anova satu arah, uji t sampel berpasangan, anova satu arah berulang, dll. Adapun pada statistik non parametrik uji statistik yang dapat digunakan seperti uji spearman, mann whitney, kruskal wallis, wilcoxon, friedman, dll.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Yuk, Mulai Pelajari Dasar Statistik Bersama DQLab!

Statistik merupakan ilmu mendasar dalam dunia data. Bahkan saat ini penggunaan ilmu statistik sudah diterapkan di berbagai bidang dengan beragam tujuan. Untuk memudahkan analisis statistik kita perlu mengetahui dasar-dasar statistik. Semua itu dapat kita pelajari di DQLab . Bahkan di DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :