Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Karir Data Analyst : Posisi Director of Analytics

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e28a12fc766f7b44513401257b0e5cd1_x_Thumbnail800.jpeg

Setiap posisi di ranah industri data pastinya memiliki jenjang karir yang bisa dijajal oleh anggota tim. Adanya jenjang karir membuat semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menduduki setiap posisi. Biasanya akan ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar bisa naik tingkat. Tidak terkecuali bagi seorang data analyst. Posisi data analyst memiliki jenjang karir yang bisa dilewati. Semakin tinggi jabatan yang dijejaki maka tanggung jawab yang diemban semakin besar dan banyak. Salah satu syarat seseorang menapaki jenjang karir adalah memiliki pengalaman yang cukup. Tingkatan posisi ini biasanya disesuaikan dengan latar belakang industri dan jumlah ketersediaan posisi yang ada di perusahaan.


Terdapat 5 tingkatan yang bisa ditempuh untuk menjadi Data Analyst profesional. Tingkatan tersebut berjenjang seiring dengan meningkatnya skill dari Data Analyst itu sendiri. Tingkatan dalam Data Analyst antara lain Intern Data Analyst, Data Analyst Junior, Data Analyst Senior, Data Analytics Manager sampai pada tingkatan top management. Namun, ada satu posisi diatas dari jabatan Data Analytics Manager yaitu Director of Analytics. Adapun tugas dan wewenang dari posisi Director of Analytics yaitu melakukan pengawasan kinerja anggota tim yang berhadapan dengan data. Atas arahan dari seorang Director of Analytics, tim data analyst bisa bekerja secara maksimal.


Penasaran kan dengan posisi Director of Analytics dalam jenjang karir data analyst?  Pantengin terus ya sahabat DQLab!


1. Mengenal Posisi Director of Analytics

Posisi Director of Analytics adalah salah satu posisi yang mengharuskan individu untuk dapat berpikir kritis, mengelola banyak proyek sekaligus, dan berkomunikasi secara efektif dengan tim teknis dan non-teknis. Director of Analytics sering kali bertanggung jawab untuk mengawasi pembuatan laporan dan konten analitis lainnya yang digunakan oleh tim kepemimpinan organisasi mereka untuk membuat keputusan strategis.

Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Tugas dan Tanggung Jawab Director of Analytics

Berikut adalah rincian tugas dan tanggung jawab pada posisi Director of Analytics:

Data Analyst

  • Membuat laporan untuk membantu manajer dalam merumuskan keputusan tentang strategi atau kinerja bisnis menggunakan metode analisis data seperti pengujian statistik, pengenalan pola, dan pemodelan prediktif

  • Mengidentifikasi peluang untuk perbaikan dalam proses berdasarkan temuan analisis data

  • Mengkomunikasikan hasil analisis kepada staf manajemen secara jelas dan mudah dipahami

  • Memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis yang ada berdasarkan temuan dari proyek analisis data

  • Meninjau data untuk mengidentifikasi pola atau tren yang mungkin menunjukkan masalah dengan operasi bisnis atau kepuasan pelanggan

  • Mengembangkan cara baru untuk menggunakan data guna meningkatkan operasi bisnis atau strategi pemasaran

  • Melakukan penelitian terhadap teknologi baru yang dapat digunakan dalam operasional perusahaan

  • Memantau tren dan perkembangan industri dalam ilmu data untuk mengidentifikasi cara baru menerapkan analisis data pada tantangan bisnis

  • Merekomendasikan produk atau layanan baru berdasarkan preferensi pelanggan atau pola perilaku yang ditemukan melalui analisis data


3. Skill yang Dimiliki oleh Director of Analytics

Tentunya menapaki jenjang untuk menjadi seorang Director of Analytics memerlukan kompetensi dasar yang perlu dipersiapkan. Kamu harus memiliki hard skill dan soft skill tertentu yang dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. 

Data Analyst

Berikut merupakan deretan skill yang perlu dikuasai oleh Director of Analytics:

  • Analisis data: Analisis data adalah kemampuan untuk menafsirkan data dan menarik kesimpulan darinya. Ini adalah keterampilan penting bagi Director of Analytics karena mereka harus dapat memahami data yang diberikan tim mereka dan menentukan kesimpulan apa yang dapat ditarik darinya.

  • Komunikasi: Komunikasi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cara yang dapat mereka pahami. Sebagai Director of Analytics, Anda mungkin diminta untuk berkomunikasi dengan berbagai individu, termasuk direktur lain, manajer, dan karyawan tingkat pemula. Komunikasi yang efektif dapat membantu Anda menyampaikan informasi kompleks dengan cara yang dapat dipahami orang lain.

  • Ketajaman bisnis: Ketajaman bisnis adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan bisnis dan bagaimana data dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Director of Analytics sering kali memiliki ketajaman bisnis yang kuat karena mereka memahami bagaimana data dapat membantu perusahaan tumbuh dan sukses.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Kualifikasi Director of Analytics

Untuk mengemban tugas menjadi seorang Director of Analytics, ada beberapa kualifikasi sebagai berikut:

Data Analyst

Tingkat Pendidikan: sebagian besar perusahaan melakukan hiring calon Director of Analytics minimal bergelar sarjana dalam bidang statistik, matematika, ilmu komputer, maupun bidang lainnya yang serumpun. Ada juga beberapa perusahaan yang merekrut Director of Analytics dengan memiliki gelar Master of Business Administration (MBA).


Pelatihan dan Pengalaman: Calon kandidat Director of Analytics setidaknya memiliki pengalaman dalam mengemban tugas sejenis. ebelum dipromosikan ke posisi direktur. Mereka mungkin juga telah menerima pelatihan tambahan dalam keterampilan kepemimpinan dan manajemen.


Itulah tadi sedikit gambaran tentang career path posisi data analyst dari tingkatan paling bawah hingga dalam top management yaitu posisi manajer di bidang data. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data analyst secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. 


Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. Salah satunya adalah data analyst career track dari DQLab dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang dan amankan seatmu yukkk bestie!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login