TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 37 Menit 35 Detik

Kelebihan SQL Server Di Era Big Data

Belajar Data Science di Rumah 25-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cf60ab8727f9fa4908ec4578974d162c_x_Thumbnail800.jpeg

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa database standar yang memperluas fungsinya ke bahasa pemrograman yang matang. Tools ini digunakan untuk memelihara, membuat, memperbarui, memodifikasi, dan memanipulasi database relasional. SQL mudah dipelajari dan digunakan, terintegrasi dengan bahasa skrip, dan sangat powerful untuk mengelola volume data yang sangat besar. SQL digunakan dalam database relasional modern tidak hanya untuk membantu mengumpulkan dan menyimpan data tetapi juga untuk menganalisis data tersebut sehingga stakeholders dapat membuat keputusan bisnis yang tepat dan meningkatkan keuntungan mereka.


SQL Server adalah sistem manajemen basis data relasional atau dalam bahasa inggris disingkat dengan RDBMS yang dikembangkan dan diperkenalkan oleh Microsoft. SQL Server Database Engine adalah komponen inti dari SQL Server yang bertanggung jawab untuk mengontrol, memproses, dan mengamankan penyimpanan data. Database engine dibagi menjadi dua segmen, relational engine yang digunakan untuk memproses perintah dan kueri dan storage engine yang dirancang untuk mengelola berbagai fitur database seperti tables, pages, files, indexes, dan transactions. Tools ini memiliki berbagai kelebihan, terutama terkait kemampuannya untuk mengelola data berukuran besar di era modern. Apa saja kelebihan SQL Server? Yuk kita intip bersama!


1. Mudah untuk Diinstal


Microsoft SQL mudah digunakan dan dapat diinstal melalui setup wizard. Tidak seperti server database lain yang membutuhkan konfigurasi baris perintah ekstensif, SQL Server dari microsoft ini menawarkan interface instalasi yang mudah digunakan. Selain proses penginstalan satu klik, tools ini juga hadir dengan GUI yang dapat dibaca bersama dengan banyak instruksi. Update prasyarat akan diunduh oleh installation wizard secara otomatis sehingga dapat mengurangi beban kerja manual. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Enhanced Performance

Dengan fitur kompresi dan enkripsi data transparan bawaan, SQL Server memiliki fitur peningkatan kinerja atau dikenal dengan enhanced performance. Untuk mengamankan dan mengenkripsi data, kita sebagai users tidak perlu memodifikasi program. SQL Server menyediakan tools manajemen izin yang efisien dengan kontrol akses yang dirancang untuk membantu users mengamankan informasi yang sensitif atau penting.

SQL

3. Memiliki Beberapa Versi

Microsoft SQL Server hadir dalam beberapa edisi atau versi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan korporat atau pengguna individu jarak jauh. Setiap versi memiliki fitur yang berbeda-beda dengan harga yang bervariasi. Dengan demikian, users dapat memilih versi yang sesuai dengan kebutuhan operasionalnya.


SQL


4. Sangat Aman

Database SQL Server sangat aman dan menggunakan algoritma enkripsi canggih sehingga hampir tidak mungkin di-hack karena memiliki keamanan berlapis. SQL Server adalah database relasional komersial dengan fitur keamanan tambahan untuk mengurangi risiko serangan yang dapat membahayakan informasi penting yang ada di dalam database. Keamanan yang cukup rumit akan menyulitkan scammer untuk masuk dan mengakses database.


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Yuk asah skill SQL kamu bersama DQLab! Dengan modul DQLab kamu bisa praktik langsung menulis script SQL dan mengaplikasikan berbagai operator SQL yang dikombinasikan dengan statement SQL lainnya tanpa tools tambahan karena model DQLab dilengkapi dengan live code editor.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ dengan bahasa pemrograman R atau Python untuk mencoba live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :