FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 39 Menit 5 Detik 

Kenal Lebih Dekat dengan SQL Server

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7a89b805fd521bff5fe30a563d9ca509_x_Thumbnail800.jpg

Bagi para praktisi data, atau orang-orang yang sering berhubungan dengan data, SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang wajib dikuasai. SQL merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses basis data relasional. Ada kalanya kita tidak hanya mendengar istilah SQL saja, akan tetapi ada pula istilah SQL Server. Lalu apa itu SQL Server? Apakah penggunaan dan fungsinya sama dengan SQL?


SQL saat ini menjadi kebutuhan bagi para praktisi data untuk memudahkan proses analisis data. Data yang diperoleh biasanya memiliki beberapa kendala seperti banyaknya missing value, redudansi data, data duplikat, dan sebagainya. Selain itu terkadang kita membutuhkan manipulasi data seperti menambahkan data, menggabungkan tabel, menghilangkan kolom tertentu, dan sebagainya. Nah, pada artikel ini khususnya kita akan mengenali apa itu SQL dan SQL Server.


1. Pengertian SQL

SQL atau Structured Query Language merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data relasional. SQL memiliki tiga perintah umum yang perlu kita ketahui, yaitu

  • Data Definition Language (DDL), bertujuan untuk membuat struktur database yang terbagi menjadi beberapa perintah dasar, yaitu: CREATE, ALTER, RENAME, DROP, dan SHOW

  • Data Manipulation Language (DML),  bertujuan untuk memanipulasi database yang terbagi menjadi beberapa perintah dasar, yaitu: INSERT, SELECT, UPDATE, dan DELETE.

  • Data Control Language (DCL), bertujuan untuk mengatur hak yang dimiliki pengguna yang terbagi menjadi beberapa perintah dasar, yaitu: GRANT dan REVOKE

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Pengertian SQL Server

SQL Server merupakan salah satu software yang berada di bawah naungannya Microsoft. Software ini rilis pertama kali pada tahun 1989. Selain digunakan untuk RDBMS (Relational Database Management System), SQL Server ini dapat pula digunakan untuk built-in intelijen bisnis, analisis, pelaporan. Sejak pertama kali rilis dengan versi 1.0, SQL Server ini sudah menjadi pilihan beberapa perusahaan besar, dengan demikian tidak heran jika banyak programmer dan developer yang menggunakan bahasa pemrograman ini. 

sql


3. Kelebihan SQL Server

Setiap bahasa pemrograman memiliki ciri khas, kegunaan, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula dengan SQL Server. SQL Server memiliki beberapa kelebihan seperti: 1) Dapat digunakan di berbagai versi OS Windows; 2) Dapat digunakan untuk data clustering; 3) Dapat membackup database; 4) Terdapat fitur recovery dan restore data; 5) Pengendalian database. Nah, beberapa kelebihan tersebut lah yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengguna.

sql


4. Kekurangan SQL Server

Jika sebelumnya kita telah mengenali pengertian dari bahasa SQL, definisi SQL Server, serta kelebihan SQL Server maka selanjutnya  kita akan mengenali pula beberapa kekurangan dari SQL Server, yaitu: 1) Hanya dapat digunakan pada OS Windows; 2) Bahasa pemrograman yang terbatas; 3) Kurang cocok jika digunakan pada data berskala besar; 4) Memiliki lisensi sehingga biayanya cukup mahal; 5) memiliki komunitas atau forum tanya jawab yang sedikit. Walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun SQL Server ini tetap dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL adalah salah satu bahasa pemrograman unggulan yang sudah banyak digunakan oleh para praktisi data. Untuk memudahkan proses penggunaan SQL, kita dapat belajar dari dasar di DQLab loh.


Belajar bahasa SQL di DQLab memiliki beberapa keuntungan, yaitu menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :