FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 8 Menit 48 Detik 

Kenalan dengan Apa itu Apache Spark SQL

Belajar Data Science di Rumah 04-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/28ad7f1121b133cc2015a4eb130723f6_x_Thumbnail800.jpg

Istilah framework merupakan istilah yang biasa didengar oleh para programmer atau seseorang yang sudah tidak asing dengan dunia pemrograman. Framework merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan website.


Begitu banyak framework yang dapat digunakan, salah satunya adalah Apache Spark. Salah satu komponen Apache Spark yang sering menjadi pembahasan adalah Spark SQL. Kira-kira apa itu Spark SQL dan bagaimanakah spark SQL tutorial?


Spark SQL merupakan salah satu library dari Apache Spark yang dapat digunakan untuk mengakses dan mengkomputasi data. Spark SQL tentunya sangat membantu dalam proses pengolahan serta mengakses database terutama Relational database Management System (RDBMS). Selain itu Spark SQL juga dapat digunakan untuk mensupport sumber data yang memungkinkan untuk menjalankan query SQL dengan memanfaatkan transformasi kode.


1. Apache Spark

Apache Spark adalah sebuah framework komputasi yang dapat digunakan untuk mengakses data, memproses data, menanyakan data serta menganalisis big data. Apache Spark akan sangat berguna digunakan sebagai pelengkap dalam penanganan big data dan machine learning.


Fitur-fitur dalam Apache Spark akan sangat membantu para data engineer dalam pemrosesan big data. Apache Spark ini memproses data melalui in-memory, sehingga waktu pemrosesannya lebih cepat. Selain itu apache Spark ini tergolong yang mudah digunakan serta dilengkapi dengan beberapa komponen pendukungnya. 

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Spark SQL

Spark SQL merupakan salah satu komponen utama dari Apache Spark. Spark SQL merupakan modul Spark yang dirancang untuk memproses data secara struktural yang merupakan bagian dari Apache Spark. Spark SQL memiliki struktur utama berupa data frame yang merupakan kumpulan RDD dari Row.


RDD ini dirancang untuk mendukung penyimpanan data dalam memori serta didistribusikan di seluruh cluster dengan cara yang efisien. Selain itu, Spark SQL juga dapat melakukan integrasi pemrosesan relasional dengan pemrograman fungsional Spark.

sql



3. Peran dan Fitur SQL Spark

Setiap modul atau library memiliki peran dan fitur masing-masing. Begitu pula SQL Spark yang memiliki beberapa peran berikut:

  • Sumber DataFrame API: kumpulan pustaka untuk bekerja dengan tabel data

  • DataFrame API: membantu menentukan Frame Data yang berisi baris dan kolom

  • Catalyst Optimizer: kerangka kerja optimasi yang diperluas dengan A SQL Engine dan Command Line Interface.


Selain itu, terdapat beberapa fitur SQL Spark yang akan membantu seperti 1) Integrasi dengan Spark, 2) Penyeragaman akses data, 3) Kompatibilitas dengan Hive, 4) Konektivitas standar dengan alat bisnis intelegent, 5) Fungsi buatan pengguna.

sql


4. Tutorial Spark SQL

Seperti yang telah diketahui bahwa Spark SQL merupakan sebuah library yang dapat digunakan untuk memahami pemrosesan data, maka pada bagian ini kita akan mengenali sedikit langkah menggunakan Spark SQL. Dimulai dari cara dasar yaitu membuat data frame dari csv kemudian menjalankan query Spark SQL.

  1. Membuat file Jupyter Notebook

  2. Membuat data frame dari file csv

  3. Menjalankan query pada dataframe


Beberapa langkah di atas merupakan gambaran atau langkah umum menggunakan Spark SQL Tutorial.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Menguasai SQL merupakan suatu kebutuhan bagi data analyst atau profesi praktisi data lainnya. Menjadi data analyst tidak hanya ditujukan kepada orang yang memiliki latar belakang pendidikan STEM, akan tetapi semua orang memiliki kesempatan menjadi data analyst. Jangan khawatir, kalian bisa memulai karir dengan belajar di DQLab lalu sign up dan belajar data analyst dari dasar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :