TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 2 Menit 12 Detik 

Kenalan dengan Azure Machine Learning : Pengertian, Kelebihan, dan Penggunanya

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/97174eba2df674de05b5975a355bd65d_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi membuat Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning semakin menonjol dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari penggunaan asisten virtual hingga chatbot dan otomatisasi hingga smart homes. Menurut perkiraan International Data Corporation (IDC), pengeluaran untuk AI dan ML akan terus tumbuh hingga menjadi $57,6 miliar pada tahun 2021 dari $12 miliar pada tahun 2017. Kemudian menurut laporan Statista, pada tahun 2020, pasar solusi analitik canggih berbasis AI juga akan mencapai $70 juta.

Selain perusahaan besar, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga melihat potensi growth dan juga masa depan dari Machine Learning. Sayangnya, biaya yang dibutuhkan untuk mengakses Machine Learning dengan skill coding dan keterampilan dalam mengakses hardware menjadi faktor terbesar bagi mereka. Kehadiran Azure Machine Learning kemudian memberikan kesempatan kepada UKM untuk terjun ke Machine Learning dengan mudah dan mulai mendapatkan manfaatnya tanpa harus terjun terlalu jauh ke dalamnya. Lalu apakah Azure Machine Learning itu? Yuk kenalan!


1. Apa Itu Azure Machine Learning?

Azure Machine Learning (Azure ML) merupakan layanan berbasis cloud yang bertujuan untuk membuat dan juga mengelola solusi yang dihasilkan dari Machine Learning. Layanan ini dirancang agar dapat membantu Data Scientist dan juga Machine Learning Engineer untuk memanfaatkan data processing, model developing, serta skill frameworks. Selain itu, Azure Machine Learning juga dapat membantu Data Scientist dan Machine Learning Engineer dalam menskalakan, mendistribusikan, hingga menerapkan beban kerja mereka ke cloud. 


Baca juga : 3 Jenis Algoritma Machine Learning yang Dapat Digunakan di Dunia Perbankan


2. Azure Machine Learning Merupakan Solusi Machine Learning

Azure Machine Learning diciptakan untuk menjawab berbagai permasalahan yang muncul dalam pengembangan Machine Learning. Ada beberapa alasan mengapa Azure Machine Learning ini dibutuhkan, misalnya:

  • Menggunakan Machine Learning sebagai Layanan, sehingga bisnis tidak perlu lagi melakukan pengaturan yang rumit atau membeli software dan hardware lainnya, mereka cukup memanfaatkan layanan ini dalam membangun aplikasi Machine Learning.

  • Interface yang mudah dan fleksibel untuk digunakan, karena less coding dan hanya membutuhkan drag and drop komponen.

  • Menyediakan berbagai macam algoritma, khususnya algoritma Machine Learning yang umum digunakan oleh praktisi data. 

  • Mudah diimplementasikan ke web service.

  • Memiliki dokumentasi yang lengkap untuk solusi Machine Learning, seperti tutorial, referensi, dll.


3. Siapa Saja yang Membutuhkan Azure Machine Learning?

Azure Machine Learning akan dibutuhkan oleh mereka yang telah menerapkan MLOp di organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja, baik secara individu maupun tim. Misalnya Data Scientist dan Machine Learning Engineer yang membutuhkan alat yang dapat mempercepat proses kerja mereka sehari-hari. Azure Machine Learning ini dikembangkan menggunakan alat yang kuat serta didukung oleh API Azure Resource Manager sehingga sangat mampu untuk membangun alat Machine Learning tingkat lanjut. Perusahaan yang bekerja di cloud Microsoft Azure akan menemukan keamanan yang familiar dan kontrol akses berbasis peran (RBAC) untuk infrastruktur. Kita dapat mengatur proyek untuk menolak akses ke data yang dilindungi dan memilih operasi.


4. Apakah Azure Machine Learning Bisa Diakses Secara Gratis?

Saat ini, Azure Machine Learning telah tersedia dalam versi gratis tanpa harus berlangganan Azure atau kartu kredit. Hal ini tentu saja bertujuan agar Azure Machine Learning dapat diakses oleh banyak orang, seperti Database Administrator, Developer, Data Scientist, Business Intelligence, dll. Lahirnya versi gratis dari Azure Machine Learning ini dimaksudkan agar dapat memberikan pengenalan secara mendalam mengenai Azure Machine Learning Studio. Versi gratis ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses ke satu workspace per akun Microsoft, serta bisa digunakan untuk mengunggah hingga 10GB dataset.


Baca Juga : Yuk Ketahui 3 Jenis Algoritma Machine Learning di Bidang Industri


5. Tertarik untuk Belajar Machine Learning? Yuk, Belajar Bareng DQLab

Dengan Bergabung menjadi member premium DQLab, kamu bisa menikmati berbagai modul yang disediakan, termasuk modul yang membahas tentang Machine Learning. Selain itu, kamu juga bisa belajar menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data, seperti R, Python, dan juga SQL. Tenang saja, meskipun modul yang disediakan sangat banyak, biaya yang harus dibayarkan sangat ramah di kantong bahkan jika kamu pelajar sekalipun. Kamu juga bisa mencoba free modul DQLab sebelum bergabung menjadi member premium loh, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan juga modul “Introduction to Data Science with Python”. Yuk tunggu apa lagi, buruan sign up dan gabung jadi member DQLab!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!