Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Kenalan dengan Critical Thinking, Softskill Penting yang Perlu Dimiliki Calon Talent Data

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/91e8e8d236882cdc216ada9e34748844_x_Thumbnail800.jpg

See the bigger picture” (sebuah idiom yang mengartikan melihat situasi secara keseluruhan atau mempertimbangkan secara menyeluruh) menjadi sebuah kalimat yang dikatakan ketika sahabat data DQLab sedang berada di ruang diskusi bersama dengan rekan kerja dalam tim bahkan dengan pemangku kepentingan sekalipun dalam memberikan sebuah solusi yang tepat.


Dengan melihat gambaran yang lebih besar dari permasalahan yang ada dapat membantu untuk memecahkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga masalah secara bertahap dapat terselesaikan. Memecahkan masalah membutuhkan beberapa skill dan bantuan agar kamu tidak menghabiskan waktu secara cuma-cuma dan kewalahan untuk mendapatkan solusi. 


Critical thinking salah satunya, menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan terutama dalam mencari sebuah wawasan berguna yang menggunakan Big Data dan seorang praktisi Data yang bertanggung jawab setiap proses dan langkahnya. Menjadi praktisi Data tentu tidak mudah, membutuhkan waktu dan memiliki perjalanan yang cukup panjang. Mulai dari handal dalam menggunakan skill teknis dan juga non-teknis.


Dengan kata lain, praktisi Data akan menggunakan skill critical thinking untuk membantu mulai dari menganalisis data hingga tingkat lanjut kemudian menyusun strategi yang tepat dan melaporkannya dengan cara komunikasi menggunakan visual berupa grafik dan juga storytelling pada data yang telah disajikan. Adapun manfaat lainnya jika kamu dapat mengaplikasikan skill critical thinking dalam proses analisis data. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel berikut sampai selesai ya!


1. Menjadi Penting karena Tepat dalam Mengambil Keputusan

Pada proses analisis, critical thinking menjadi proses analisis yang dilakukan masuk akal dan tidak bias. Untuk menghindari terjadinya bias dan mendapatkan solusi yang masuk akal maka dapat dilakukannya mengkaji permasalahan yang dialami kembali. Kamu dapat melakukannya dengan cara observasi dan hindari perasaan asumsi dalam menanggapi atau mengungkapkan permasalahan yang ada dengan cara mengidentifikasi masalah.


Selain itu, sahabat data DQlab juga mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang situasi secara keseluruhan, dengan demikian maka untuk mengambil sebuah keputusan akan menjadi lebih tepat dan sesuai dengan tujuan yang dibutuhkan berdasarkan keterbukaan cara pandang serta dapat memprtimbangkan perspektif yang berbeda untuk menemukan solusi.


2. Benefit Memiliki Critical Thinking

“Semakin banyak ide akan semakin lebih baik”, dengan mengelompokkan dari banyaknya ide atau solusi dan memilih ide-ide tersebut akan membantu pengambilan keputusan sahabat data secara kritis. Setiap pilihan tentunya memiliki konsekuensi bagi diri kita atau memungkinkan dapat melibatkan orang lain dalam permasalahan tersebut. Pentingnya memiliki pengetahuan yang luas agar dapat mempertimbangkan konsekuensi yang akan timbul pada setiap pemilihan.


Cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan secara menyeluruh dan membantu pengambilan keputusan yang tepat kamu bisa menuliskan sebuah list atau catatan daftar pro dan kontra, dengan begitu akan membantu kamu untuk memikirkan hasil yang positif dan hasil yang negatif secara kritis dan membuat keputusan jauh lebih tepat. 


3. Dengan Critical Thinking, Meminimalisir Kesalahan yang Dapat Terjadi

Ketika mendapatkan ide atau menyusun sebuah solusi yang tepat yang dibahas, maka akan membutuhkan skenario lainnya untuk mengurangi risiko terjadi masalah. Dengan menggunakan pengalaman dan fakta sebelumnya dapat membantu sahabat Data DQLab membuat keputusan secara pemikiran kritis, memilah fakta dengan bukti yang dimiliki dari pengalaman sebelumnya juga menjadi solusi yang lebih aplikatif dan efektif untuk dikerjakan.

Fakta dan pengalaman tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya agar dapat terhindar dari masalah yang bisa mengakibatkan kerugian besar. Dalam berpikir kritis sahabat akan melepaskan beberapa keyakinan yang kadang bisa menjadi sebuah masalah kedepannya jika diteruskan, dengan meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan fokus pada pembelajaran dapat membantu kamu untuk berkembang dan beradaptasi mengatasi situasi baru atau kesalahan yang dapat terjadi.


4. Komunikasi Menjadi Terbuka

Dengan memiliki keterbukaan dan sahabat mempertimbangkan perspektif yang berbeda dapat membantu memperlancar komunikasi dengan baik dan menjadi lebih tepat. Komunikasi merupakan hal terpenting dalam mencari solusi dalam permasalahan terutama bekerja secara kolaborasi. Membuat sebuah penilaian yang logis dan memiliki alasan dengan baik menajdi inti dari critical thinking, karena setiap individu tidak akan secara otomatis menerima informasi atau kesimpulan tersebut secara cuma-cuma dibutuhkan validasi, fakta, kebenaran atau sesuatu hal berhasil yang bisa diterapkan.


Dengan demikian, akan terbangunnya sebuah ruang komunikasi berupa diskusi terkait isu atau masalah untuk mencari solusi dengan rekan kerja atau pemangku kepentingan lainnya. Selain itu, sahabat data DQLab juga sembari membangun sebuah hubungan dengan memahami sudut pandang lainnya, mendengarkan secara aktif dan menghormati perbedaan pendapat. Dengan begitu, akan membantu kamu dalam memperdalam skill critical thinking secara rasional tanpa langsung jump to conclusion, lebih mudah berempati dan juga bergaul. 


5. Asah Critical Thinking Kamu dengan Mulai Belajar bersama DQLab!

Tidak ada kata terlambat dalam meningkatkan dan memperdalam skill critical thinking kamu. Critical thinking bukanlah suatu hal yang datang dengan mudah, terkadang diperlukannya beberapa keyakinan dan juga melatihnya dengan bekerja dengan ide-ide yang baru. Dengan demikian, membantu kamu lebih siap menghadapi tantangan di real case industry. Tentunya, kamu bisa lho memulai perdalam cara berpikir kritis bersama dengan DQLab!


Di DQLab tersedia banyak real case industry sehingga sahabat data DQLab bisa membangun skill critical thinking dengan berpartisipasi pada project atau sahabat memimpin sebuah project untuk menyempurnakan skill ini.


Ingin memulainya? Caranya mudah, sahabat data DQLab bisa langsung signup di DQLab.id dan ikuti pembelajaran GRATIS yang tersedia yaitu “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”. Tunggu apalagi? Yuk langsung daftar dan bergabung, selamat mencoba sahabat Data DQLab!


Penulis: Agnes Nurlisa

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!