PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 6 Menit 30 Detik 

Kenalan dengan MySQL, Salah Satu DBMS Populer 2022

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/904c65b2edfbcd623886d7ff4399ae67_x_Thumbnail800.jpg

Setiap hal yang berhubungan dengan database, pasti akan memerlukan bahasa SQL untuk mengaksesnya. SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language menjadi bahasa universal yang dapat digunakan meskipun tools atau DBMS (Database Management System) yang digunakan berbeda-beda. SQL pun hingga saat ini menjadi bahasa favorit para praktisi data meskipun telah ada sejak tahun 1986.


MySQL merupakan salah satu database management system yang juga menggunakan bahasa SQL. MySQL ini banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi dan website. MySQL terbagi menjadi dua jenis lisensi, yaitu Free Software (bersifat gratis) dan Shareware (software berpemilik dengan penggunaan yang terbatas.


Meskipun telah ada sejak tahun 1995, MySQL masih kayak dipertimbangkan untuk menjadi pilihan karena penggunaannya yang cukup mudah. Agar bisa mengenal MySQL lebih jauh, kita akan membahasnya dalam artikel ini. Yuk, baca terus!


1. Fungsi MySQL

SQL

Fungsi utama dari MySQL adalah untuk mengelola database dari website maupun aplikasi dengan menggunakan bahasa SQL. Jika kita menjadi administrator, maka kita bisa mengakses, mengubah, bahkan menghapus isi dari database.


Fasilitas untuk MySQL ini tetap disediakan oleh hampir semua penyedia server web atau host. Untuk menghubungkan website yang menggunakan bahasa PHP dengan database dengan MySQL, kita bisa memanfaatkan software PHPMyAdmin sebagai interface nya.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. SQL Command

SQL

MySQL juga menggunakan perintah yang ada di dalam SQL, dimana dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang penting:

  • DDL (Data Definition Language), berhubungan dengan skema dan deskripsi basis data, termasuk tentang bagaimana data harus berada dalam basis data. Beberapa perintah yang dapat digunakan pada DDL adalah CREATE, ALTER, DROP, TRUNCATE, dll.

  • DML (Data Manipulation Language), yang berhubungan dengan proses manipulasi data biasanya mencakup pernyataan SQL yang paling umum seperti SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dll., dan digunakan untuk menyimpan, memodifikasi, mengambil, menghapus, dan memperbarui data dalam database.

3. Kelebihan MySQL

SQL

MySQL menjadi DBMS yang masih diminati banyak orang. Tentu saja karena MySQL memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  • Struktur tabel pada MySQL bersifat fleksibel, misalnya ketika memproses alter table atau perintah lainnya, MySQL terbilang lebih mudah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

  • Tidak membutuhkan RAM besar, bahkan jika server kita hanya memiliki kapasitas 1 GB, kita tetap bisa menggunakan MySQL.

  • Multi user friendly. MySQL bisa digunakan oleh beberapa user secara bersamaan dan tidak menyebabkan crash. Tentu akan sangat memudahkan jika kita sedang mengerjakan project bersamaan dengan orang lain.

  • Tipe data yang tersedia cukup bervariasi, mulai dari float, integer, date, char, varchar, text, timestamp, dan masih banyak lagi.

  • Dapat terintegrasi dengan bahasa pemrograman lainnya.

  • Sistem keamanan yang terjamin


4. Kekurangan MySQL

SQL

Tidak hanya memiliki kelebihan, MySQL tentu saja memiliki kekurangan juga. Beberapa kekurangannya adalah:

  • Kurang mampu untuk mengatasi data yang berukuran besar. Pada dasarnya MySQL ini memang digunakan untuk data yang masih berskala besar. Jika tertarik untuk mengolah data yang berukuran besar, mungkin kamu bisa mencoba untuk menggunakan Big Query.

  • Technical support yang kurang memadai

  • Tidak begitu cocok untuk mengembangkan aplikasi game dan mobile. Para developer aplikasi game dan mobile jarang sekali ada yang melirik MySQL sebagai database pilihannya.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Tertarik untuk belajar SQL lebih lanjut? Kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental.


Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan live code editor yang telah disediakan sehingga kamu tidak repot mengurus proses instalasi software dan bisa fokus pada materi. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab


Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :