DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 41 Menit 54 Detik 

Kenalan dengan Statistika, Salah Satu Ilmu yang Mendasari Data Science!

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b4a6d83b9eea0062e5f4022f8712e727_x_Thumbnail800.jpg

Data Science menjadi ilmu yang banyak diminati akhir-akhir ini, terlebih ketika profesi Data Scientist menjadi the Sexiest Job of the 21 Century. Meskipun banyak orang yang ingin bekerja sebagai Data Scientist, sayangnya kualifikasi yang ditentukan tidak semudah itu untuk dilewati, sehingga tidak semua orang bisa menjadi Data Scientist dengan mudah. Jika berbicara tentang Data Science, maka kita perlu memahami ilmu lain yang mendasari ilmu Data Science. Ternyata, Data Science ini merupakan kombinasi dari tiga ilmu lain, yaitu Statistika, Programming, dan juga Ilmu Bisnis.

Untuk menguasai Data Science, kita harus bisa menguasai ketiga ilmu yang mendasarinya. Ketiga ilmu itu saling berhubungan dan memberikan result yang terbaik untuk berbagai permasalahannya. Sayangnya bagi beberapa orang, mempelajari Statistika sangatlah susah karena statistika sangat erat kaitannya dengan angka. Belajar statistika memang susah-susah-gampang, namun tidak sesusah yang dibayangkan selama ini. Nah, agar proses belajar Statistika menjadi lebih mudah, kita kenalan dengan Statistika dulu, yuk!


1. Apa Itu Statistika?

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data. Secara singkat, statistika adalah ilmu yang bersangkutan dengan suatu data. Fun fact nya, ternyata statistika dan statistik berbeda loh. Jika statistika merupakan nama ilmunya, maka statistik adalah karakteristik dari daya yang berbentuk sampel. Sementara untuk data yang berbentuk populasi, maka karakteristiknya adalah parameter.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. Kapan Statistika Bisa Digunakan?

Nah, setelah mengetahui pengertian Statistika, juga perbedaannya dengan statistik, kapan sih kita bisa menggunakan ilmu statistika ini? Pada dasarnya, ada tiga kondisi utama yang membuat kita membutuhkan Statistika, yaitu:

  • Adanya unsur ketidakpastian. Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan peluang, sehingga kemungkinan yang bisa terjadi tidaklah pasti.

  • Adanya variansi. Perkembangan data saat ini membuat jenis data yang ada semakin beragam dan variansinya akan semakin besar, maka kita akan membutuhkan statistika untuk mengatasi hal tersebut.

  • Membutuhkan generalisasi. Salah satu tujuan penggunaan ilmu statistika adalah untuk mendapatkan kesimpulan dari hasil analisis. Kesimpulan inilah yang nantinya akan dijadikan dasar pengambilan keputusan.


3. Skala Data dalam Statistika

Dalam Statistika, ada empat skala data yang umum untuk digunakan, yaitu:

  • Nominal, merupakan tipe data yang hanya digunakan untuk membedakan, namun urutannya tidak menunjukkan siapa yang lebih unggul, misalnya warna.

  • Ordinal, tipe data yang digunakan untuk membedakan dan mengurutkan, misalnya jenjang pendidikan.

  • Interval, tipe data ini memiliki semua ciri yang ada di dua tipe data sebelumnya, yang membedakannya adalah di tipe data ini memiliki interval.

  • Rasio, data yang memiliki urutan & interval serta memiliki 0 absolut

    .

4. Jenis Metode Statistika

Metode yang ada di Statistika terbagi menjadi dua jenis, yaitu Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensial. Statistika deskriptif bersifat lebih mendeskripsikan data, biasanya akan digunakan ketiga seseorang ingin mengenal keadaan datanya. Sementara Statistika Inferensia merupakan metode statistika yang mencakup proses analisis pada sampel data yang akan digunakan untuk mengestimasi nilai populasi. Statistika inferensial ini kemudian juga terbagi menjadi parametrik dan non parametrik.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Belajar Data Science dan Statistika di DQLab, Yuk!

Ada banyak modul DQLab yang bisa kamu coba jika kamu belum pernah belajar tentang Data Science dan Statistika sama sekali. Selain modul premium nya, kamu juga bisa mencoba free modul, yaitu “Introduction to Data Science with R”. Software R merupakan software yang diciptakan khusus untuk statistikawan, dan banyak digunakan oleh Data Scientist. Tenang saja, bahasa yang digunakan di setiap modul yang ada, sangatlah bersahabat dengan para pemula yang tidak pernah belajar Data Science. Yuk, tunggu apa lagi, buruan sign up dan nikmati semua modulnya!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!