GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 42 Menit 35 Detik 

Kenalan Lebih Dalam dengan Machine Learning & Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 24-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0f25e0261835e30fb94123bb74e24d06_x_Thumbnail800.jpg

Halo semuanya, sadarkah kalian bahwa saat ini dalam keseharian kita sudah dikelilingi dengan kecanggihan teknologi, salah satunya adalah penerapan dari machine learning. Istilah machine learning dan contohnya kini sudah sering kita jumpai dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, bisnis, ekonomi, pendistribusian, dan masih banyak lainnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengenali apa itu machine learning dan serba-serbi mengenai machine learning.


Sebelum mengenali apa itu machine learning, sepatutnya kita mengenali dahulu istilah artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Artificial intelligence atau kecerdasan buatan memiliki beberapa cabang antara lain machine learning, natural language processing, expert system, vision, speech, planning dan robotics. Dari beberapa cabang itu, machine learning termasuk salah satu yang mencuri perhatian, terutama bagi para praktisi data. Untuk mengenal lebih dalam mengenai machine learning, yuk, simak artikel berikut ini!


1. Apa Itu Machine Learning?

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan mesin yang dikembangkan supaya bisa belajar dengan sendirinya tanpa bantuan dan arahan dari manusia. Hal ini lah sebagai salah satu bentuk di perkembangan teknologi. Penggunaan machine learning ini tentunya  sangat dibutuhkan dalam era kecanggihan teknologi ini, salah satunya adalah dalam dunia bisnis yang sangat kompetitif.


Berbagai perusahaan saling bersaing untuk mengembangkan software dengan beragam keunggulan untuk menarik nilai jual serta nilai fungsi .

machine learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Jenis Machine Learning

Secara garis besar, machine learning terbagi menjadi tiga bagian yang digunakan sesuai dengan jenis data serta tujuan penelitian. Tiga jenis algoritma machine learning itu antara lain:

  1. supervised learning, algoritma yang bekerja dengan menggunakan dua data yaitu data training dan data testing. Data training digunakan untuk membangun model, lalu data testing digunakan untuk menganalisis masalah serta bisa pula digunakan untuk mengukur tingkat akurasi model

  2. unsupervised learning, algoritma ini bekerja dengan cara mengidentifikasi atau mengelompokkan data yang tidak memiliki label 

  3. reinforcement learning, algoritma yang dapat memperbaiki dirinya sendiri dan belajar dari situasi.

machine learning


3. Langkah-langkah Machine Learning

Penggunaan machine learning memiliki beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu

  1. mengidentifikasi masalah yang akan diselesaikan

  2. menyiapkan data dengan baik untuk memperoleh hasil atau output yang valid

  3. memilih algoritma yang cocok dengan permasalahan serta tujuan penelitian

  4. membagi data untuk memudahkan proses analisis

  5. melatih machine learning

  6. mengevaluasi machine learning

  7. melihat hasil prediksi yang dihasilkan dari model yang dibuat

  8. menerapkan algoritma kepada permasalahan

machine learning


4. Contoh Machine Learning

Setelah mengenali pengertian machine learning, jenis-jenisnya serta langkah yang harus dilakukan, selanjutnya kita akan mengenali apa saja contoh machine learning. Beberapa contoh machine learning yang secara sadar atau tidak sadar sering kita jumpai dalam keseharian antara lain seperti hasil pencarian, rekomendasi produk, penggunaan sosial media, periklanan digital, asisten virtual, diagnosa medis, pengawasan video, mobil yang memiliki kendali secara otomatis, dan masih banyak lainnya. 

machine learning


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Contoh penerapan machine learning ini sudah kita kenali dan jumpai dengans ering pada saat ni. Agar tidak awam dengan machine learning, kita dapat memulai belajar dari dasar di DQLab. DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti materi yang disediakan, modul yang beragam, serta praktek secara live code, sehingga memudahkan kalian yang ingin belajar tapi belum memiliki aplikasinya.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!